MoFE Logo

Wajib Ganti Hal ini Setelah Beli Motor Bekas!

Wajib Ganti Hal ini Setelah Beli Motor Bekas!

Salah satu hal bodoh yang pernah penulis alami adalah tidak benar-benar mengecek kondisi motor sebelum berkendara. Mogok di jalan gara-gara busi motor sudah tidak bagus adalah kesalahan penulis kala itu. Harusnya lebih sering dicek dan lekas diganti ketimbang harus dorong motor ke bengkel berkilo-kilo meter.

Tapi jadi kepikiran sih, kalau kejadian tadi adalah motor pribadi penulis, bagaimana dengan motor yang kita beli bekas. Karena kita tidak bisa benar-benar mengetahui detail kondisi sparepart dari pemilik atau penjual sebelumnya. Kita hanya bisa menerka dari tampilan, test drive, dan klaim dari pemilik atau penjual yang belum tentu kebenarannya.

Oleh karena itu, ketimbang mengambil risiko sebaiknya kalian ganti dan periksa bagian berikut setelah memutuskan beli motor bekas!

Oli Mesin

Kami sangat menyarankan untuk segera mengganti oli setelah pembelian, meskipun penjual sebelumnya mengklaim bahwa oli baru saja diganti. Hal ini karena Anda tidak dapat memastikan kualitas oli yang digunakan oleh pemilik sebelumnya atau apakah oli tersebut benar-benar diganti sesuai interval yang direkomendasikan. Pun kalau sudah diganti, pertanyaannya akan berlanjut ke apakah oli yang digunakan berkualitas?

Mengganti oli juga memberi Anda kesempatan untuk melihat oli bekas, yang bisa mengungkapkan berbagai masalah potensial dalam mesin. Misalnya, oli bekas yang berwarna terlalu gelap atau kental bisa menandakan adanya keausan berlebih atau penumpukan kotoran. Adanya serpihan logam dalam oli bisa menjadi tanda adanya kerusakan internal pada komponen mesin. Selain itu, oli yang mengandung air atau cairan pendingin bisa menunjukkan adanya kebocoran gasket kepala, yang dapat menyebabkan kerusakan serius jika tidak segera ditangani. Perawatan ini membantu menjaga mesin tetap dalam kondisi prima, sehingga Anda dapat menikmati perjalanan yang lebih aman dan lancar.

Pendingin Mesin Motor

Perlu dicatat beberapa motor punya sistem pendingin ya guys! Coba cek deh, soalnya beberapa pendingin ada yang tersembunyi sampai-sampai banyak yang gak sadar kalau motornya kehabisan air pendingin dan terjadi overheat. Kejadian nyata yang terjadi pernah penulis lihat saat sedang ganti oli di bengkel dan mendengar salah satu pelanggan lain yang alami mogok. Hal tersebut karena ia kehabisan cairan pendingin untuk radiator dan tidak sadar dimana letak cairan pendingin di motornya.

Yes! Pendingin motor jadi hal yang wajib ganti setelah beli motor bekas. Mulailah dengan memeriksa cairan pendingin di reservoir untuk memastikan tingkat dan kondisinya sesuai standar. Pertimbangkan untuk menguras guna menghilangkan kotoran, kemudian isi kembali dengan cairan pendingin baru untuk menjaga efisiensi operasional. Pastikan komponen lain seperti kipas radiator dan radiator sendiri dalam kondisi baik, bebas dari kerusakan atau penumpukan kotoran.

Selain itu, periksa termostat, yang mengatur aliran cairan pendingin dan memastikan mesin beroperasi pada suhu optimal. Pastikan termostat tidak macet dan berfungsi dengan baik untuk mencegah overheating atau pendinginan berlebih. Dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan ini, Anda dapat memastikan motor tetap dalam kondisi prima dan menghindari masalah serius yang dapat merusak mesin.

Filter Udara

Filter udara adalah salah satu komponen penting yang sering diabaikan dalam perawatan sepeda motor. Fungsinya sangat vital untuk memastikan mesin motor tetap bernafas dengan baik dan mencegah kotoran masuk ke intake, yang bisa merusak mesin. Filter udara yang kotor atau tersumbat dapat menghambat aliran udara ke mesin, menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna dan menurunkan performa motor. Selain itu, hal ini juga meningkatkan konsumsi bahan bakar karena mesin harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan udara yang cukup.

Mengakses filter udara mungkin memerlukan beberapa pembongkaran, seperti melepas tangki bahan bakar atau penutup filter udara. Meskipun terasa merepotkan, membersihkan atau mengganti filter udara sangat penting untuk menjaga performa motor tetap optimal dan memperpanjang umur mesin. Perawatan rutin terhadap filter udara juga dapat menghemat biaya perbaikan yang mungkin timbul akibat kerusakan mesin oleh kotoran dan partikel asing. Pastikan filter udara selalu dalam kondisi bersih dan berfungsi baik agar motor Anda siap digunakan dengan performa terbaiknya.

Busi

Kalau kita dengar cerita di awal artikel, tidak mengecek kondisi busi bisa sangat merugikan. Padahal, busi memiliki peran vital dalam sistem pembakaran mesin. Busi yang sudah tua atau aus bisa menyebabkan mesin mengalami misfire, yaitu kondisi di mana mesin tidak menyala dengan sempurna, atau bahkan tidak menyala sama sekali. Mesin juga mungkin akan berjalan tidak stabil pada putaran rendah dan bisa tersendat saat Anda mencoba meningkatkan kecepatan.

Tidak hanya itu, busi yang sudah tidak optimal dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dari biasanya, karena pembakaran yang tidak efisien. Anda mungkin akan merasakan kurangnya tenaga pada motor ketika Anda memutar akselerator. Mengakses busi bisa menjadi pekerjaan yang menantang, karena sering kali membutuhkan banyak pembongkaran, termasuk melepas beberapa bagian lain dari motor. Meskipun demikian, usaha untuk mengganti busi ini sangat sepadan, karena akan meningkatkan kinerja dan efisiensi motor secara keseluruhan. Dengan busi baru, motor Anda akan berjalan lebih mulus, lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar, dan memberikan respons yang lebih baik saat dikendarai. Jadi ingat ya! Busi jadi salah satu hal yang wajib ganti saat beli motor bekas.

Ban

Ban adalah komponen krusial yang harus diperhatikan setiap kali Anda membeli motor bekas. Jika motor bekas yang Anda beli relatif baru, yaitu berusia kurang dari tiga tahun, Anda dapat memeriksa kondisi ban secara visual dan memeriksa tanggal produksinya. Ban yang masih dalam kondisi baik dan belum terlalu lama diproduksi mungkin masih bisa digunakan dengan aman. Namun, untuk motor yang lebih tua, sangat disarankan untuk mengganti ban segera setelah pembelian. Ban yang sudah tua atau aus dapat meningkatkan risiko kecelakaan, terutama jika Anda sering berkendara dalam kecepatan tinggi atau di jalan yang tidak rata. Mengganti ban dengan yang baru akan memberikan rasa aman dan meningkatkan performa motor Anda di jalan.

Sistem Rem

Sistem rem adalah aspek vital dari keselamatan berkendara Anda. Pastikan untuk memeriksa sistem rem motor Anda secara teratur. Perhatikan apakah bantalan rem masih tebal dan tidak aus, serta apakah rotor memiliki retakan atau permukaan aus yang tidak merata. Selain itu, periksa juga cairan rem dan selang apakah terdapat kebocoran, retakan, atau kerusakan. Pastikan kaliper dan master silinder berfungsi optimal tanpa cacat.

Selain itu, jangan lupakan pentingnya memeriksa sistem rem secara menyeluruh. Rem yang baik adalah kunci utama untuk menjaga keselamatan Anda di jalan. Lakukan pengecekan berkala untuk memastikan kondisi bantalan rem, rotor, cairan rem, dan selang. Pastikan tidak ada tanda-tanda kebocoran, retakan, atau kerusakan lainnya. Selalu perhatikan kaliper dan master silinder, pastikan keduanya berfungsi dengan sempurna dan tanpa masalah. Menjaga sistem rem dalam kondisi optimal akan memberikan Anda kendali yang lebih baik atas kendaraan Anda dan melindungi diri serta orang lain di sekitar Anda.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait