MoFE Logo

Velg Racing vs Velg Jari-Jari: Mana yang Lebih Baik?

Velg Racing vs Velg Jari-Jari: Mana yang Lebih Baik?

Lagi scroll TikTok, tiba-tiba muncul video motor dengan velg racing yang hancur. Entah karena kualitasnya yang kurang baik atau mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Di bawah video itu, terdapat sebuah komentar menarik yang menanyakan, “Mana yang lebih baik, velg racing atau jari-jari?” Setelah dipikir-pikir, jawabannya sebenarnya tidak ada yang lebih baik. Semuanya tergantung pada kebutuhan, kemampuan, dan selera masing-masing. Kedua jenis velg ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan.

Kelebihan dan Kekurangan Velg Racing

Velg racing menawarkan sejumlah keunggulan yang menarik untuk dipertimbangkan. Pertama-tama, keberagaman modelnya memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan velg dengan selera dan gaya motor mereka. Dari desain yang minimalis hingga yang lebih futuristik, pilihan model velg racing sangat beragam, memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan diri mereka melalui penampilan motor. Selain itu, bobot yang lebih ringan adalah salah satu aspek yang sering kali menjadi daya tarik utama dari velg racing. Bobot yang lebih rendah tidak hanya meningkatkan performa motor, tetapi juga memberikan manfaat lain seperti respons yang lebih cepat dan manuver yang lebih lancar. Pengurangan beban yang dihasilkan dari penggunaan velg racing dapat membuat pengendara merasakan perbedaan signifikan dalam kelincahan dan kenyamanan saat berkendara.

Namun, seperti halnya dengan segala hal, velg racing juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan. Salah satu kelemahannya adalah harga yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan velg jari-jari. Biaya yang lebih tinggi ini mungkin menjadi pertimbangan bagi beberapa pengguna yang memiliki anggaran terbatas untuk modifikasi motor mereka. Selain itu, konstruksi yang kaku dari velg racing juga bisa menjadi titik lemah. Meskipun konstruksi yang kokoh membuat kaki-kaki motor lebih rigid dan stabil, namun hal ini juga berarti bahwa velg racing lebih rentan terhadap kerusakan jika terkena tumbukan atau benturan keras. Ini bisa menjadi masalah serius terutama saat berkendara di jalanan yang penuh dengan rintangan atau lubang.

Satu kelemahan lain dari velg racing adalah sulitnya mendapatkan bagian pengganti jika terjadi kerusakan. Jika salah satu bagian dari velg mengalami kerusakan, seringkali pengguna harus membeli seluruh velg baru, karena sulitnya menemukan bagian-bagian yang dijual secara terpisah. Hal ini bisa menjadi beban finansial yang cukup besar bagi pemilik motor. Meskipun demikian, dengan mempertimbangkan baik kelebihan maupun kelemahan dari velg racing, pengguna dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Kelebihan dan Kekurangan Velg Jari-Jari

Velg jari-jari memiliki keunggulan dalam hal harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan velg racing. Harga yang lebih ramah di kantong ini menjadi faktor penting bagi banyak pemilik kendaraan yang ingin melakukan perawatan dengan efisien. Selain itu, konstruksi yang lebih elastis pada velg jari-jari memberikan keamanan tambahan saat melewati jalan berlubang, menjaga kenyamanan berkendara dan mengurangi risiko kerusakan.

Namun, ada beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Proses pembersihan velg jari-jari bisa menjadi lebih rumit karena perlu membersihkan satu per satu jari-jarinya dengan teliti. Selain itu, velg jari-jari tidak dapat menggunakan ban tubeless, sehingga mempersulit proses perbaikan jika terjadi kebocoran ban. Terakhir, meskipun dianggap klasik oleh beberapa orang, banyak yang menganggap velg jari-jari sebagai bagian dari masa lalu dan menganggapnya ketinggalan zaman.

Meskipun demikian, dengan pemeliharaan yang tepat, velg jari-jari tetap dapat menjadi pilihan yang baik, terutama bagi mereka yang mengutamakan efisiensi biaya dan mencari kesan klasik pada kendaraan mereka.

Pilih mana? Velg Racing atau Jari-Jari?

Pengalaman menggunakan motor Supra jadul dengan velg jari-jari telah memberikan pemahaman yang mendalam tentang kelebihan dan kekurangan setiap jenis velg. Meskipun motor tersebut telah memberikan pengalaman berkendara yang nyaman, seringnya mengalami ban bocor menimbulkan tantangan tersendiri. Proses penambalan yang rumit karena tidak menggunakan teknologi tubeless memperpanjang waktu perbaikan, membuat pengguna merasa jengkel dan menginginkan opsi yang lebih praktis.

Namun, keputusan untuk beralih ke teknologi tubeless terhambat oleh kenyataan bahwa motor yang digunakan masih menggunakan velg jari-jari. Pertimbangan untuk memilih velg racing juga didorong oleh kondisi jalanan yang sering dilalui. Di kota jalannya cenderung aman dan gak eksrtrim-ekstrim banget, jadi risiko benturan pada velg racing tidak terlalu berarti.

Selain itu, keberuntungan turut berpihak ketika motor yang digunakan saat ini (NMAX) telah dilengkapi dengan velg racing. Hal ini mengatasi permasalahan yang sebelumnya dialami dan memberikan kenyamanan ekstra dalam perjalanan. Meskipun begitu, terdapat daya tarik tersendiri dari velg jari-jari, yang terlihat lebih vintage dan unik. Meskipun demikian, untuk saat ini, kenyamanan dan kepraktisan velg racing masih menjadi pilihan utama. Dengan demikian, dalam memilih antara velg racing atau jari-jari, pengalaman dan pertimbangan praktis menjadi faktor penentu.

Kesimpulan

Tidak ada yang lebih baik antara velg racing atau jari-jari, semuanya bergantung pada kebutuhan dan kondisi penggunaan. Penting untuk diingat bahwa kebutuhan harus menjadi prioritas utama, bukan hanya nafsu atau keinginan. Seperti yang telah diceritakan sebelumnya, pilihan antara kedua jenis velg ini harus disesuaikan dengan situasi dan preferensi masing-masing.

Dan sebaiknya velg yang digunakan adalah bawaan dari pabrik motornya atau setidaknya memiliki kualitas yang teruji dan terbukti bagus. Menggunakan velg berkualitas rendah dapat meningkatkan risiko kecelakaan karena patah atau hancurnya rangka velg saat dikendarai. Hal ini tentu sangat berbahaya, baik bagi motor maupun keselamatan pengendara.

Selain itu mengganti velg bawaan pabrik dengan velg modifikasi juga pengaruhi harga jual kembali motor kamu lho!

Keselamatan harus menjadi prioritas utama saat memilih velg untuk motor Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan faktor kualitas dan keandalan velg yang Anda pilih, demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Dengan pilihan yang tepat, Anda dapat menikmati pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait