MoFE Logo

Tips Merawat Motor Berkala Agar Tetap Prima

Tips Merawat Motor Berkala Agar Tetap Prima

Keliling kota sangat mudah kalau punya motor, transportasi yang terjangkau serta mudah dioperasikan. Namun agar motor tetap baik dan awet perlu perawatan berkala agar supaya terus jalan-jalan di kota. Ini Tips MoFE Merawat Motor Berkala Agar Tetap Prima

Perawatan Motor yang Umum

Berikut adalah beberapa tips merawat motor secara berkala, seperti:

1. Ganti Oli (Terpenting buat Motor Kamu!)

Oli mengalir di dalam mesin motor kamu sehingga oli adalah bagian penting untuk merawat motor kamu. Terutama berguna sebagai pelumas pada mesin dan hindar dari keausan mesinnya. Ganti oli secara berkala dengan sesuaikan dengan motor kamu.

2. Periksa Tekanan Angin

Tekanan angin yang tidak sesuai bisa membahayakan pengendara juga bisa membuat boros bahan bakar. Juga mengganggu handling dan keamanan kamu di jalan. Cek secara berkala dan rutin tekanan ban angin kamu disesuaikan dengan pengaturan yang tertera pada motor.

3. Rajin Memeriksa Rantai Motor (Untuk Motor Kopling)

Rantai motor kamu adalah satu-satunya penghubung mesin dan roda motor kamu. Pastikan tetap bersih dan dilumas dengan baik. Cara yang mudah untuk periksanya adalah ketegangan rantainya. Rantai motor seharusnya tidak terlalu tegang tetapi tidak terlalu lepas. Caranya cukup dengan menggunakan kunci inggris dan obeng untuk mengencangkannya.

4. Periksa CVT Belt (Untuk Motor Matic).

Umumnya motor matic akan terasa “gredek” atau tarikan tidak seperti dulu. Kemungkinan bagian CVT kamu kotor atau ada komponen yang rusak. Maka bisa dilepas dan dibersihkan secara sendiri atau dapat mengganti beltnya.

5. Periksa Aki

Aki adalah sumber listrik buat motor kamu untuk menyalakan mesin, lampu motor dan pada dasbor. Jika daya listrik aki berkurang maka akan mempersusah kamu mengendarai motor. Sehingga perlu diperiksa secara berkala listrik pada motor kamu.

6. Rajin Membersihkan Motor

Motor yang bersih akan terlihat lebih bagus, lebih bersih dan terawat. Dari pembersihan rutin, mempermudah menemukan masalah pada motor karena lebih terlihat dari debu dan kotoran.

Perawatan yang Baik adalah Perawatan yang Berkala.

Jadwalkan perawatan motor kamu agar menjadi perawatan yang berkala. Anda dapat memesan layanan dari aplikasi atau panggilan telepon untuk AHASS. Dengan berkala jadi lebih mudah untuk membuat motor kamu awet dan terhindar dari biaya servis yang besar. Perawatan berkala bisa mencakup semua yang disebutkan diatas atau hanya beberapa.

Frekuensi perawatan motor kamu sangat tergantung dari jenis motor kamu dan seberapa sering kamu mengendarainya. Namun setidaknya motor kamu di servis 6 bulan sekali agar motor kesayangan kamu lebih awet. Jangan menunggu sampai motor kamu rusak dan terpaksa harus merogoh biaya yang lebih besar

Perawatan motor adalah salah satu poin penting dalam kepemilikan motor. Dengan mengikuti cara-cara yang sudah disebutkan dapat membuat motor kamu dalam kondisi prima buat keliling kota.

Selain itu, perawatan berkala dapat menjaga harga motor kamu tetap tinggi. Jadi kalau kepikiran untuk menjualnya tetap harus sering dirawat. Sebelum melakukan perawatan motor bisa periksa artikel lainnya yang terkait dengan perawatan motor. 

Pemeliharaan memerlukan biaya dan waktu. Untuk menghemat uang, mungkin Anda hanya mengganti oli mesin saja dan tidak pernah mengganti busi dan filter udara. Ini adalah rekomendasi untuk menjaga sepeda motor Anda agar tetap dalam kondisi terbaik. Jika Anda berencana untuk terus menggunakan motor matic Anda yang sekarang, keputusan sepenuhnya ada pada Anda. Namun jika Anda ada rencana untuk menjual sepeda motor dikemudian hari, Anda perlu melakukan pemeliharaan dengan baik.

Silakan cek artikel ini tentang cara menjaga nilai sepeda motor Anda tetap tinggi dan menjual sepeda motor Anda dengan harga yang tinggi:

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait