MoFE Logo

Servis Motor: Sendiri atau Bawa ke Bengkel?

Servis motor: Sendiri Atau ke bengkel?

Pentingnya menjaga keawetan dan performa motor dengan servis motor. Servis motor ialah sebuah pemeriksaan rutin setelah melewati jarak tertentu bisa dengan sendiri atau sama dengan montir. Servis motor penting buat motor bekas juga selain biar awet juga meningkatkan harga jual nanti nya. Bingung? Simak perbedaan servis motor bengkel dan sendiri.

Benkel AHASS

Servis Motor Sendiri

Servis Sendiri

Kelebihan Servis Sendiri

Servis motor sendiri berupa servis yang bisa dilakukan oleh siapapun asalkan memiliki niat untuk servis motornya. Beberapa kelebihan seperti:

  • Hemat Biaya. Dengan melakukannya sendiri menghilangkan biaya seperti biaya jasa, biaya peralatan dan biaya lain untuk bengkel. 
  • Belajar Cara Kerja Motor. Sebagai pemilik motor, jangan sampai kita awam terkait motor dan tidak tahu cara motor berjalan dan bekerja. Dengan mencoba merawatnya kita lebih menghargai dan lebih belajar cara motor itu berfungsi. Pada akhirnya menambah ilmu dan pengalaman pada motor.
  • Menghemat Waktu. Melakukannya sendiri berarti melakukannya saat kamu sedang kosong waktu dan bersedia melakukannya. Tidak perlu menunggu antrian dan tidak diharuskan mengisi formulir, juga bisa dilakukan secepat-cepatnya tergantung dengan kemampuan pemilik.
Servis Sendiri 2

Kekurangan Servis Sendiri

Servis motor sendiri juga banyak resiko dan kekurangan apabila dilakukan tidak benar berikut beberapa alasannya:

  • Membutuhkan Waktu dan Tenaga yang lebih. Apabila tidak berpengalaman, pekerjaan akan sangat susah dan memakan waktu yang lama. Ditambah dengan tidak terbiasa melakukan servis sendiri bisa membuang waktu pada servis motor yang kemungkinan tidak perlu dilakukan.
  • Tidak Memiliki Peralatan yang Dibutuhkan. Servis motor membutuhkan berbagai peralatan untuk berbagai tugas dalam servis motor nya. Peralatan yang tidak tersedia mengancam dengan tidak selesainya atau mempersusah servis motor nya. Contohnya seperti ingin buka tutup oli tanpa alat, bisa tetapi akan susah dilakukan dan berisiko melukai sendiri.
  • Kurang Pengetahuan. Awam pada motor kamu mengancam keberhasilan servis motor. Beragam servis motor yang bisa dilakukan dan beragam cara menyelesaikan, beresiko tidak melakukannya dengan baik dan bisa merusak motornya.

Servis Motor di Bengkel

Servis Motor di Bengkel

Kelebihan Servis di Bengkel

Servis motor di bengkel atau bisa disebut servis motor punya keunggulan tersendiri dibandingkan dilakukan sendiri, simak kelebihannya:

  • Tidak Mengeluarkan Waktu dan Tenaga. Membawa motor ke bengkel hanya menunggu selesai. Tidak perlu mengeluarkan tenaga dan pikiran saat servis sedang berlangsung.
  • Servis di Tangan Profesional. Motor kamu di tangan profesional yang tahu luar dan dalam motor kamu. Servis motor ditangani secara tepat dengan peralatan serta spare part yang sesuai dan mendukung motor kamu. Servis motor lebih baik di bengkel resmi atau service center yang tersedia seperti AHASS dan Yamaha Service
  • Mendapatkan Garansi. Setelah servis motor, kamu bisa mendapatkan garansi apabila selama waktu tertentu motor mengalami kerusakan. Jelas garansi bisa membuat hidup lebih tenang untuk Servis motor dan selanjutnya. 
Servis Motor di Bengkel umum

Kekurangan Servis di Bengkel

Servis motor bagi yang awam akan sangat menakutkan dan tidak berani melakukannya sendiri tetapi Servis di bengkel juga ada resikonya, Berikut adalah beberapa kekurangannya:

  • Biaya Mahal. Pengeluaran yang besar terletak pada biaya jasa, tergantung kerumitan servis motor yang dilakukan pada bengkel bisa lebih mahal. Selain itu, pemakaian barang-barang yang bisa jadi lebih mahal karena spare part pilihan bengkel tersebut.
  • Susah Mencari Bengkel Jujur. Banyak berita yang terindikasi negatif pada bengkel karena tidak jujur saat melakukan servis motor. Antara sengaja memberikan biaya jasa yang sangat mahal, onderdil yang dibuat mahal, dan melakukan servis motor yang tidak perlu membuat biaya yang lebih besar dan risiko tinggi tidak selesai servis motor nya. 
  • Menunggu Giliran. Walau pengerjaan di bengkel lebih cepat tetapi masih banyak pelanggan lain yang juga berpikiran sama untuk melakukan servis di bengkel. Sehingga mengantri bisa cukup panjang dan menunggu di tempat servis yang lama. 

Disebutkan di atas beberapa alasan kekurangan dan kelebihan saat melakukan servis motor kamu baik sendiri dan di servis motor. Penting kalau ingin melakukan servis motor dan servis pada motor kamu pada bengkel yang resmi sehingga lebih banyak mendapatkan kelebihannya. 

Ada beberapa layanan servis motor bisa ke rumah pemilik motor. Sehingga servis motor bisa lebih fleksibel dan tidak usah mengantri. Seperti pelayanan yang dilakukan Yamaha SKY (Service Kunjungan Yamaha) atau GO-Mekanik yang sudah menggunakan aplikasi.

Juga tidak kalah penting, servis motor disesuaikan dengan tipe motor kamu dan mobilitas pengendara motor. Semakin berkala maka akan semakin bagus dalam menjaga performa serta keawetan motor kamu. 

Selain itu, servis motor berkala dapat menjaga harga motor kamu tetap tinggi. Jadi kalau kepikiran untuk menjualnya tetap harus dirawat. Sebelum melakukan servis motor bisa periksa artikel lainnya yang terkait dengan servis motor. 

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait