MoFE Logo

Mending Rem Motor ABS Atau CBS ya? Ini Bedanya!

Mending Rem Motor ABS Atau CBS ya? Ini Bedanya!

Kalau kalian awam sama sepeda motor, kayanya pernah alamin yang namanya melihat motor yang mirip dan hampir sama tapi harganya beda. Setelah dikonfirmasi ternyata bedanya ada di bagian rem yang menggunakan teknologi ABS atau CBS.

Sekilas memang tampilannya gak begitu keliatan, sistem teknologi pengereman ini baru terasa saat dikendarai. Namanya teknologi tambahan, pastinya ada tambahan biaya dong.

Dan memang motor dan teknologinya terus berevolusi, termasuk pada sistem pengereman motor. Misalnya kaya Honda menghadirkan dua fitur canggih pada motornya, yaitu rem motor Anti-lock Brake System ABS atau Combi Brake System CBS.

Bagi pengendara yang ingin meningkatkan keamanan dan performa berkendara, memilih sistem pengereman yang tepat menjadi hal yang krusial. Namun, banyak yang masih bingung dengan perbedaan dan keunggulan masing-masing sistem.

Artikel ini akan menyelami detail ABS dan CBS, membantu Anda memahami cara kerja, fungsi, dan manfaatnya, serta membantu Anda memilih sistem yang tepat untuk kebutuhan dan gaya berkendara Anda.

Apa itu ABS?

Anti-lock Brake System (ABS) adalah sistem pengereman elektronik yang dirancang untuk mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak. Hal ini membantu pengendara menjaga kontrol dan stabilitas motor, sehingga mengurangi risiko tergelincir dan kecelakaan.

Bagaimana Cara Kerja ABS?

Sistem ABS menggunakan sensor untuk mendeteksi kecepatan putaran roda. Ketika roda terancam terkunci, ABS akan secara otomatis mengurangi tekanan rem pada roda tersebut, kemudian meningkatkannya kembali. Proses ini terjadi berulang dalam waktu singkat, memungkinkan roda untuk terus berputar dan menjaga kontrol kendaraan.

Komponen Utama ABS:

  1. Sensor Kecepatan: Mendeteksi putaran roda dan mengirimkan data ke modul kontrol ABS.
  2. Modul Kontrol ABS: Mengolah data sensor dan memerintahkan aktuator untuk mengatur tekanan rem.
  3. Aktuator: Mengatur tekanan rem pada roda sesuai instruksi dari modul kontrol ABS.
  4. Pompa ABS: Mengembalikan tekanan rem setelah dikurangi oleh aktuator.

Manfaat ABS:

  • Mencegah roda terkunci: Hal ini membantu pengendara menjaga kontrol dan stabilitas motor, terutama saat mengerem di jalanan licin atau berpasir.
  • Mengurangi risiko tergelincir dan kecelakaan: Terutama pada pengereman mendadak, ABS dapat membantu mencegah kehilangan kontrol dan potensi kecelakaan.
  • Meningkatkan kepercayaan diri pengendara: Dengan mengetahui bahwa motor dilengkapi ABS, pengendara dapat lebih tenang dan fokus saat berkendara di berbagai kondisi jalan.

Apa itu CBS?

Combi Brake System (CBS) adalah sistem pengereman mekanis yang dirancang untuk mengoptimalkan pengereman dengan menggabungkan rem depan dan belakang secara bersamaan. Hal ini membantu pengendara mencapai jarak berhenti yang lebih pendek, terutama saat mengerem mendadak.

Bagaimana Cara Kerja CBS?

Ketika tuas rem belakang ditarik, CBS akan secara otomatis mengaktifkan rem depan dengan proporsi tertentu. Biasanya, rem belakang menerima 70% tekanan dan rem depan 30%. Distribusi ini dirancang untuk memberikan pengereman yang stabil dan efektif.

Komponen Utama CBS:

  1. Equalizer: Mendistribusikan tekanan rem ke roda depan dan belakang dengan proporsi yang telah ditentukan.
  2. Knocker: Mengaktifkan rem cakram depan saat tuas rem belakang ditarik.
  3. Selang Minyak Rem: Menghubungkan tuas rem belakang ke kaliper rem depan dan belakang.

Manfaat CBS:

  • Jarak berhenti yang lebih pendek: CBS membantu pengendara mencapai jarak berhenti yang lebih pendek, terutama saat mengerem mendadak.
  • Pengereman yang lebih mudah dan efektif: CBS memungkinkan pengendara untuk mengerem dengan satu tuas, membuatnya lebih mudah dan efektif, terutama bagi pengendara baru.
  • Meningkatkan keselamatan berkendara: Dengan pengereman yang lebih optimal, CBS membantu meningkatkan keselamatan pengendara di berbagai kondisi jalan.

Perbandingan ABS dan CBS:

FiturCara KerjaFungsiManfaatKelebihanKekuranganHarga
ABSElektronikMencegah roda terkunci– Mengurangi risiko tergelincir dan kecelakaan – Meningkatkan kepercayaan diri pengendara– Pengereman yang lebih presisi – Cocok untuk jalanan licin dan berpasir– Harga lebih mahal – Perawatan lebih kompleksLebih tinggi
CBSMekanisMengoptimalkan pengereman– Jarak berhenti yang lebih pendek – Pengereman yang lebih mudah dan efektif– Harga lebih murah – Perawatan lebih mudah– Pengereman tidak sepresisi ABS – Kurang optimal di jalanan licinLebih murah

ABS atau CBS?

Baik ABS dan CBS menawarkan peningkatan keamanan saat berkendara dengan cara yang berbeda. ABS ideal untuk pengendara yang sering melakukan perjalanan di jalanan licin atau berisiko tinggi kecelakaan. CBS lebih cocok untuk pengendara yang menginginkan pengereman yang lebih mudah dan efektif untuk motor harian.

Perihal harga juga jadi pertimbangan anda untuk memilih ABS atau CBS, soalnya ABS lebih mahal ketimbang CBS. Pastinya budget juga jadi penentu dalam memilih motor yang kalian butuhkan.

Oh ya, misal kalian tipikal orang yang panikan atau kagetan saat menarik tuas rem, mending pilih ABS aja. Soalnya teknologi ABS kan memang diperuntukkan untuk menghindari pengereman mendadak yang mengunci ban motor. Jadi risiko tergelincir saat mengendarai lebih rendah ya!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait