MoFE Logo

Pilih Bengkel Motor Resmi atau Umum: Cari yang Terpercaya

Bengkel motor selalu ramai dengan pemotor-pemotor yang ingin servis biar motornya terawat. Ada beberapa faktor kenapa ke bengkel tertentu seperti menghemat uang dan waktu.

Mungkin sudah kenal baik dengan bengkel jadi sudah percaya gak akan kena getok harga. Atau butuh bengkel yang resmi karena ada garansi dan profesionalitas. 

Itulah mengapa ada bengkel motor resmi dan umum. Ada beberapa kekurangan dan kelebihan di masing-masing bengkel. Bahkan bengkel motor terdekat juga belum menjamin. 

Misal ketika memilih bengkel umum ada resiko dalam kualitas layanan perbaikan dan terkadang suku cadang tidak resmi yang dapat menjadi penyebab malfungsi.

Atau pilih yang resmi tetapi biaya layanannya yang kemahalan jadi duit tekor dan bikin boros duit. 

Contohnya seperti itu, bisa pertimbangkan kalau mau kekurangan dan kelebihan dari bengkel resmi dan bengkel umum untuk motor kesayangan Kamu. 

Bengkel motor umum

Bengkel Motor Umum

Kelebihan:

  • Biaya Murah

Bengkel umum biasanya harga yang lebih rendah untuk perbaikan dan pemeliharaan dibandingkan dengan bengkel resmi.

Lebih murah karena biaya operasional sewa bangunan untuk bengkel yang lebih rendah, gaji mekanik yang lebih rendah dan menggunakan suku cadang yang tidak asli.

  • Bisa Ditemukan di Mana Saja hingga Pelosok

Indonesia sebagai salah satu pengguna motor terbanyak di Dunia. Bengkel umum juga banyak berjamuran untuk mengikuti banyaknya motor di Indonesia.

Biasanya kalau mengetik “Bengkel Motor Terdekat” pasti bengkel umum seperti ini akan banyak pilihannya. Mau di Depok, Jakarta, Tangerang, Banten dan semua daerah di Indonesia pasti ada bengkel umum. 

Kekurangan

  • Kurangnya keahlian

Bengkel umum biasanya tidak memiliki pelatihan, keahlian, dan peralatan yang memadai yang diperlukan untuk memperbaiki masalah motor.

Beberapa bengkel umum hanya menyediakan ganti oli, ganti ban, dan ganti aki karena tidak terbiasa dengan perawatan yang rumit.

  • Kualitas suku cadang

Bengkel umum mungkin menggunakan suku cadang palsu berkualitas rendah yang dapat mengganggu performa dan keselamatan motor Kamu. 

Bisa jadi mereka menggunakan suku cadang bekas yang diambil dari motor lain bekas begal atau pencurian.

  • Garansi

Bengkel umum tidak menyediakan garansi. Jadi apabila ada kerusakan setelah dari bengkel umum. Harus ke bengkelnya atau bengkel lain dan mengeluarkan biaya tambahan. 

  • Rawan Getok Harga

Bengkel umum menawarkan harga yang lebih rendah tetapi terkadang mereka menyampaikan biaya perbaikan dengan getok harga yang sembarang.

Terkadang harus mencari bengkel motor yang terpercaya agar tidak tertipu dengan getok harga yang tidak masuk akal. 

Sebelum Berangkat ke Bengkel untuk Servis Motor kamu, Ketahui Waktu-Waktu ini untuk Servis Motor.

Bengkel motor resmi

Bengkel Motor Resmi

Kelebihan:

  • Keahlian

Bengkel resmi memiliki mekanik ahli yang terlatih, dan peralatan memadai  yang diperlukan untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah pada motor Kamu.

Contoh seperti AHASS yang menyediakan program pelatihan mekanik terlatih untuk lebih handal dalam servis motor. 

  • Kualitas suku cadang

Bengkel resmi menggunakan suku cadang asli berkualitas tinggi yang dirancang khusus untuk motor Kamu, dan menjamin performa dan keamanan yang optimal.

  • Garansi

Perbaikan yang dilakukan di bengkel resmi biasanya disertai dengan garansi, sehingga tidak perlu khawatir.

Apabila ada kerusakan setelah servis, bisa balik lagi dan memperbaiki masalah motor tanpa khawatir mengeluarkan biaya tambahan. 

Kekurangan:

  • Biaya lebih tinggi

Bengkel resmi biasanya harga lebih tinggi untuk layanan perbaikan dan pemeliharaan dibandingkan dengan bengkel umum.

Sebelum mekanik mulai memperbaiki motor Kamu, akan ada asesmen layanan servis apa saja yang dilakukan. Bisa pilih iya atau tidak pada layanannya. 

  • Waktu Tunggu yang Lama

Bengkel resmi punya waktu tunggu yang lebih lama untuk layananya, terutama pada jam dan hari sibuk. 

Sebagian besar pemotor akan memilih waktu dimana sedang luang seperti jam pulang kantor sore hari atau hari-hari libur.

Saran kalau mau ke bengkel bisa pukul 14:00 – 16:00 atau 07.00 – 08.00 dan pada hari-hari selain Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional. 

Servis motor di bengkel

Pilih Bengkel yang Sesuai Kebutuhan dan Terpercaya

Pada akhirnya, pilihan untuk memperbaiki motor Kamu di bengkel umum atau bengkel resmi tergantung pada preferensi, anggaran, dan kebutuhan pribadi Kamu.

Jika kepikiran mau jual motor, harus periksa motornya dan segera servis apa yang bisa untuk merawat motornya. Karena dengan motor yang terawat harga pasti akan tinggi.

Motor bekas yang berkualitas dari bodi hingga mesin yang terawat karena rajin servis dan perawatan akan membuat harga motor tidak akan jatuh walau bertahun-bertahun.

Bisa jual di mofe.co.id karena menyediakan tempat jual beli motor online yang aman dan nyaman untuk penjual dan pembeli motor bekas. 

Bisa beli motor bekas juga di MoFE beli yang dari Mitra Resmi MoFE. Karena sudah terjamin keamanan dan kenyamanannya. Juga banyak mitra resmi MoFE sudah dilengkapi bengkel sendirinya. 

Beli motor bekas dari mitra resmi MoFE bisa dapatkan bonus gratis servis dan ada garansi di bengkel-bengkel “MoFE Verified Sellers” yang berkualitas dan ada garansi. 

Tunggu apalagi segera jual beli motor bekas Kamu di MoFE!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait