MoFE Logo

Penjualan Motor Setelah THR Lebaran 2024 Loyo?

Penjualan motor setelah THR Lebaran 2024 akan seperti apa ya?

Bulan Ramadhan selalu menjadi momen spesial bagi umat Muslim di Indonesia. Tak hanya dinanti karena atmosfer spiritualnya yang kental, momen ini juga identik dengan tradisi pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para pekerja. Bagi industri motor, momen ini menjadi harapan baru untuk mendongkrak penjualan yang biasanya mengalami peningkatan signifikan setelah Lebaran.

Tradisi pemberian THR memang selalu dinanti-nantikan oleh para pekerja. THR tak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi, tetapi juga menjadi kesempatan untuk membeli barang baru, salah satunya motor. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi industri motor yang biasanya mengalami kenaikan penjualan hingga 50% setelah Lebaran.

Berdasarkan data Katadata, tahun 2023 lalu, penjualan motor mengalami lonjakan signifikan setelah Lebaran, dengan kenaikan mencapai 49.51%

Momen THR dimanfaatkan oleh para perusahaan motor untuk memberikan diskon menarik dan promo spesial bagi para calon pembeli. Berbagai strategi marketing digeber, mulai dari iklan di media massa, pameran otomotif, hingga program cicilan yang memudahkan konsumen.

Tahun 2024, Prediksi Penjualan Motor Diprediksi Loyo

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Penjualan motor setelah THR Lebaran 2024 diprediksi akan mengalami penjualan motor yang lebih loyo. 

Prediksi loyonya penjualan motor di tahun 2024 dilihat dari penurunan penjualan di dua bulan terakhir, bahkan di bulan Februari lalu, penjualan motor merosot hingga 33 ribu unit. Faktor lainnya adalah kenaikan harga pangan, seperti beras, yang membuat masyarakat lebih fokus pada kebutuhan pokok daripada membeli motor baru.

Bahkan pada konferensi pers APBN Kita Periode 15 Maret 2024, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mencatat bahwa penjualan mobil dan motor mengalami kontraksi atau penurunan pada akhir Februari 2024. Data menunjukkan penurunan penjualan mobil selama delapan bulan berturut-turut, yakni -18,8 persen secara tahunan (yoy). Sementara, untuk penjualan kendaraan motor mengalami kontraksi selama enam bulan berturut-turut, yakni -2,9 persen (yoy).

MoFE juga menemukan bahwa harga sepeda motor bekas di pasar turun dari akhir tahun lalu berbeda dari tren biasanya di mana harga sepeda motor bekas meningkat menjelang Lebaran.

Tips Jitu Membeli Motor Setelah THR

Karena penjualan sepeda motor setelah THR lebaran 2024 diprediksi tidak bagus, ini merupakan kesempatan bagus bagi pembeli untuk membeli sepeda motor. Pembeli memungkinkan mendapatkan diskon yang lebih baik, atau mendapatkan manfaat lain dari dealer karena dealer akan memberikan banyak tawaran menarik untuk meningkatkan penjualan yang loyo. Bisa dibilang ini menjadi waktu yang tepat untuk beli motor!

Meskipun prediksi penjualan motor di tahun 2024 kurang cerah, bagi Anda yang ingin memanfaatkan momen THR untuk membeli motor baru, berikut beberapa tips jitu yang bisa diterapkan agar Anda tetap bisa mendapatkan motor yang Anda inginkan dengan pertimbangan yang matang:

1. Menetapkan Target yang Jelas

Langkah pertama yang krusial adalah menentukan jenis dan model motor yang Anda inginkan. Lakukan riset mendalam tentang berbagai pilihan motor di pasaran, pertimbangkan kebutuhan Anda, gaya hidup, dan budget yang tersedia. Hal ini akan membantu Anda dalam melakukan riset harga dan mencari penawaran terbaik sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

2. Melakukan Riset Harga yang Komprehensif

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli, lakukan riset harga pasaran motor yang Anda inginkan secara komprehensif. Bandingkan harga di beberapa dealer resmi, toko online terpercaya, dan marketplace ternama untuk mendapatkan gambaran harga terbaik. Manfaatkan platform pembanding harga online untuk memudahkan proses riset dan temukan potensi penawaran menarik.

Pertimbangkan matang budget yang akan digunakan sehingga cukup tanpa mengganggu keuangan pribadi. Hitung dengan cermat total biaya yang akan dikeluarkan, termasuk harga motor, biaya cicilan (jika diperlukan), biaya aksesoris, dan biaya perawatan. Hindari pembelian impulsif dan pertimbangkan kemampuan finansial Anda secara realistis.

3. Menentukan Tempat Pembelian yang Tepat

Memilih tempat pembelian yang tepat merupakan faktor penting dalam mendapatkan pengalaman terbaik. Pertimbangkan beberapa pilihan seperti dealer resmi, toko online terpercaya, dan marketplace ternama. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti jaminan kualitas, keamanan transaksi, dan kemudahan akses. Lakukan riset reputasi dan kredibilitas tempat pembelian sebelum Anda memutuskan.

Hindari terburu-buru dalam mengambil keputusan. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan semua aspek dengan matang dan jangan mudah tergoda oleh promo atau diskon semata. Pastikan Anda memahami detail promo, syarat dan ketentuan, serta kredibilitas penyelenggaranya. Lakukan riset dan bandingkan berbagai pilihan sebelum memutuskan untuk membeli.

4. Mencari Promo dan Diskon yang Menguntungkan

Manfaatkan momen THR di mana banyak dealer dan toko online menawarkan promo dan diskon menarik untuk menarik pembeli. Cari informasi tentang berbagai promo yang tersedia, bandingkan dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Jangan ragu untuk menegosiasikan harga dengan sopan dan profesional untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Intinya sih jangan ragu buat tanya kalau ada diskon tambahan. Soalnya dealer selalu punya tambahan diskon terutama pas penjualannya tengah lesu dan lebih rendah dari ekspektasi mereka.

5. Mempertimbangkan Opsi Motor Bekas Berkualitas

Jika budget Anda terbatas, pertimbangkan opsi untuk membeli motor bekas berkualitas. Saat ini, banyak dealer motor bekas terpercaya yang menawarkan berbagai pilihan motor dengan kondisi yang masih bagus dan terjamin. Manfaatkan platform online terpercaya untuk mencari motor bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Sisa uang THR Anda bisa dialokasikan untuk keperluan lain atau disimpan sebagai dana cadangan.

Rekomendasi Motor Bekas Berdasarkan Nominal THR

Memilih motor bekas bisa menjadi alternatif cerdas bagi Anda yang ingin memiliki kendaraan pribadi dengan budget terbatas, terutama di tengah prediksi penjualan motor baru yang loyo di tahun 2024. Berikut beberapa rekomendasi motor bekas berdasarkan nominal THR yang Anda terima:

1. THR 5 Jutaan

Untuk anda yang ingin beli motor bekas dengan budget THR sekitar 5 jutaan, berikut beberapa rekomendasinya : 

  • Yamaha Vixion Advance 2015 Rp 5.8 jutaan
  • Honda BeATPOP CW 2015 Rp 5.5 jutaan
  • Yamaha Fino 2014 Rp 5.3 jutaan
  • Yamaha Mio 2011 Rp 4.9 jutaan
  • Honda RevoFit 2014 Rp 4.8 jutaan

2. THR 7 Jutaan

Untuk anda yang ingin beli motor bekas dengan budget THR sekitar 7 jutaan, berikut beberapa rekomendasinya :

  • Yamaha MioM3 2017 Rp 7.8 jutaan
  • Yamaha R15 2014 Rp 7.8 jutaan
  • Honda CB150R 2013 Rp 7.8 jutaan
  • Honda Spacy SW 2011 Rp 7.8 jutaan
  • Honda BeATPOP CBS – ISS 2015 Rp 7.5 jutaan

3. THR 10 Jutaan

Untuk anda yang ingin beli motor bekas dengan budget THR sekitar 10 jutaan, berikut beberapa rekomendasinya :

  • Yamaha Vixion 2017 Rp 10.8 jutaan
  • Honda Vario110 CBS 2016 Rp 10.8 jutaan
  • Honda Vario110 2015 Rp 10.8 jutaan
  • Yamaha X-Ride 2019 Rp 10.8 jutaan
  • Honda RevoFit 2023 Rp 10 jutaan

4. THR 12 Jutaan

  • Yamaha Gear125 2023 Rp 12.5 jutaan
  • Yamaha NMAX155 2015 Rp 12.5 jutaan
  • Honda SupraGTR150 Sporty 2018 Rp 12.5 jutaan
  • Yamaha AEROX125 2016 Rp 12.5 jutaan
  • Yamaha Freego 2020 Rp 12.3 jutaan

5. THR 15 Jutaan

  • Yamaha LEXi125 S 2018 Rp 15.5 jutaan
  • Kawasaki KLX150 2011 Rp 15.6 jutaan
  • Honda Genio CBS ISS 2022 Rp 15.3 jutaan
  • Suzuki GSX-R150 Keyless 2018 Rp 15.8 jutaan
  • Honda BeATStreet 2023 Rp 15 jutaan

Sudah tentukan pilihan anda? Dan bagaimana predikisi anda tentang penjualan motor setelah THR Lebaran 2024 ini?

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait