MoFE Logo

Jangan Sampai Kemahalan Cicilan Motor Kredit di Tahun 2023

Cicilan motor kredit mahal dan membengkak kalau tidak bijak dalam mengambil motor kredit sesuai kemampuan. Periksa penyebab-penyebab cicilan kredit motor kamu mahal.

Bunga Kredit Motor yang Tinggi.

Salah satu alasan kenapa mahal adalah bunga kredit motor yang mahal. Ini ditetapkan oleh lembaga peminjaman atau bank yang bersangkutan. Besarnya bunga kredit beragam berdasarkan beberapa hal seperti:

  1. Profil pembeli motor. Riwayat pinjaman, pekerjaan dan penghasilan
  2. Tenor. Durasi tenor kredit yang diambil
  3. Jumlah DP. Semakin besar DP cicilan akan semakin ringan

Profil kredit yang tidak baik dan lama tenor yang diambil, bunga akan semakin tinggi. Sehingga pembeli harus mempunyai profil kredit yang baik dan bijak dalam memilih kredit motor yang sesuai dengan kemampuannya.

Pembuat Cicilan Motor Kredit Mahal di sita

Resiko Tinggi Kreditnya Jadi Tinggi.

Kredit motor yang mahal disini adalah ketidakmampuan pengaju kredit tidak bayar. Perhatikan pertimbangan resiko ini seperti:

  1. Gagal Bayar. Pengaju kredit yang tidak bisa bayar cicilan, akan mendapatkan penalti yang bisa menyebabkan penyitaan motor yang akan dibelinya. 
  2. Penalti. Telat bayar yang menumpuk, bank akan memberikan denda yang meningkatkan kredit motor kamu.
  3. Asuransi. Pengajuan kredit terkadang sepaket dengan asuransi yaitu sebuah jaminan untuk menjaga motor dari kerugian dan kerusakan selama dibawa oleh pembeli.
Pembuat Cicilan Motor Kredit Mahal Murah

Tips Cara Cicilan Kredit Motor Lebih Murah dan Tidak Bengkak.

Sudah disebutkan diatas beberapa alasan kredit motor bisa mahal, perhatikan berikut cara kredit motor lebih murah:

  1. DP yang Lebih Besar. Semakin besar DP maka bunga dan cicilan akan semakin kecil.
  2. Sesuaikan Tenor. Tenor yang semakin lama bunga kredit akan semakin tinggi, jadi pilih yang sesuai dengan kemampuan kamu.
  3. Cari Bunga Rendah. Banyak lembaga peminjaman juga banyak bunga kredit yang ditawarkan. Bisa cari yang memiliki bunga kredit motor yang rendah
  4. Periksa Biaya Tambahan. Pastikan kisaran biaya administrasi, asuransi, dan biaya lain-lainnya saat pengajuan kredit.
  5. Bayar Tepat Waktu. Jangan telat bayar biar tidak ada resiko gagal bayar dan terkena penalti.

Kredit motor berguna saat kita ingin beli motor baru atau bekas. Lebih baik belajar dan mengetahui sebelum kamu mengajukan kredit karena ini terkait dengan kegiatan finansial kamu untuk masa depannya.

Kredit motor yang mahal juga bisa disebabkan karena mudahnya dalam pengajuannya sehingga resiko kreditnya juga jadi tinggi. Serta bisa baca-baca artikel lainnya yang terkait dengan jual beli motor bekas di bawah ini. 

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait