MoFE Logo

Negosiasi harga motor bekas, bagaimana caranya ?

Cara negosiasi harga motor bekas

Ketika membeli sepeda motor bekas, tentunya kita ingin mendapatkan harga motor bekas yang tepat dan sesuai anggaran. Pada saat membeli, umumnya negosiasi harga dengan penjual adalah hal yang biasa. Sebagai pembeli, biasanya kita sudah punya patokan atau range harga yang kita siapkan. Sudah tentu sebagai pembeli kita ingin membeli dengan harga terendah di pasaran. Namun bagaimana agar kita bisa mendapatkan harga motor bekas yang tepat, dan sesuai anggaran. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda bernegosiasi secara efektif.

Tentukan anggaran dan harga motor bekas yang ingin Anda beli

Jika Anda pergi ke dealer sepeda motor bekas, mereka biasanya akan bertanya “Berapa anggaran yang Anda miliki? dan sepeda motor apa yang Anda inginkan?” Jika Anda tidak memiliki model tertentu yang ingin dibeli dan anggaran yang jelas, penjual akan mencoba mendapatkan keuntungan terbesar dari Anda. Dan untuk melakukan riset pasar, Anda perlu menentukan apa yang ingin Anda beli berdasarkan anggaran yang Anda miliki.

Riset harga motor bekas yang ingin Anda beli

Sebelum bernegosiasi, risetlah pasar untuk menentukan harga rata-rata dari merek dan model sepeda motor yang Anda minati. Jika Anda baru membeli motor untuk pertama kali, Anda mungkin belum memiliki perkiraan tentang perbandingan harga motor bekas sebagai contoh harga antara Honda BeAT dan Yamaha Mio. Mohon cek harga pasar di MoFE sebelum bertemu dengan penjual.

Tetap ramah kepada penjual sepeda motor

Bersikap sopan dan ramah dengan penjual. Pada saat membeli motor bekas kita pasti akan bernegosiasi untuk mendapatkan harga yang pas. Jadi, sikap yang ramah dan hormat dapat membantu membangun kepercayaan dan membuat proses negosiasi lebih menyenangkan. Jika penjual memandang Anda sebagai teman, ia dapat memberikan simpati dan mungkin memberikan diskon karena ikatan emosional tersebut.

Jangan ragu untuk menanyakan harga motor bekas

Tanyakanlah pertanyaan kepada penjual tentang sepeda motor, seperti riwayatnya, catatan perawatan, dan masalah yang mungkin ada. Ada beberapa penjual yang mencoba menyembunyikan kondisi yang menurunkan nilai sepeda motor. Dan Anda perlu mengetahui semua detail yang dapat mempengaruhi sepeda motor Anda di masa depan. Informasi yang diperoleh dari pertanyaan dapat sangat memengaruhi harga.

harga motor bekas

Tawarkan harga awal 

Tawarkan harga awal yang lebih rendah dari harga yang ditawarkan penjual, tetapi masih dalam kisaran yang Anda anggap masih dalam rentang harga yang fair. Anda tidak perlu mempertimbangkan harga yang ditawarkan oleh penjual. Jika Anda sudah melakukan riset pasar dan mengetahui harga pasar, berdasarkan informasi dari pertanyaan, Anda dapat membuat tawaran awal. Namun, jangan membuat tawaran awal terlalu rendah. Ini bisa merusak kepercayaan antara penjual dan pembeli dan membuat penjual enggan melanjutkan negosiasi.

Siap untuk berkompromi 

Di pasaran, ada harga pasar dan jika tawaran awal Anda lebih rendah dari itu, Anda tidak bisa bertahan pada tawaran awal tersebut. Harap bersedia berkompromi dan bertemu setengah jalan dengan penjual soal harga motor. Anda mungkin tidak mendapatkan semua yang Anda inginkan, tetapi kompromi yang adil dapat membantu kedua belah pihak merasa baik dengan kesepakatan yang dibuat.

Jadilah percaya diri dan jangan lupa ada opsi lain 

Ketika bernegosiasi, jadilah percaya diri dan tegas, tetapi juga fleksibel dan terbuka. Penting untuk menemukan keseimbangan antara bersikap tegas dan fleksibel. Pasar sepeda motor bekas sangat luas. Jika negosiasi Anda tidak berjalan dengan baik, Anda dapat mencari sepeda motor lain dari pasar. Jangan terburu-buru dan jangan ragu untuk meninggalkan meja negosiasi.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat bernegosiasi dengan efektif dan mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan dengan penjual. Ingat, tujuannya adalah untuk menemukan harga yang adil yang cocok untuk kedua belah pihak. Untuk mengetahui harga motor yang tepat, cek di MoFE sebelum Anda bertemu dengan penjual.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait