MoFE Logo

Pengalaman Pakai Motor Tangki Kecil! Mau Upgrade?

Pengalaman Pakai Motor Tangki Kecil! Mau Upgrade?

Pengalaman Pribadi: Motor Lexi dan Nmax

Sudah tiga tahun terakhir ini saya mengendarai dua jenis motor yang populer, yakni Yamaha Lexi dan Nmax. Kedua motor ini memiliki karakteristik yang berbeda, meskipun keduanya termasuk dalam kategori skuter matik (skutik) yang nyaman dan praktis untuk penggunaan sehari-hari. Perbedaan paling mencolok antara keduanya adalah ukuran tangki bahan bakarnya. Motor Lexi memiliki tangki yang lebih kecil dibandingkan Nmax, dan tentu saja, ini memberikan pengalaman berkendara yang berbeda.

Menggunakan Lexi Lebih Sering

Dari dua motor tersebut, saya lebih sering menggunakan Lexi. Alasannya sederhana: Lexi lebih ramping dan lincah, sangat cocok untuk manuver di jalanan ibu kota yang padat dan sering kali macet. Namun, ada beberapa suka duka yang saya rasakan selama menggunakan Lexi, terutama karena ukuran tangki bensinnya yang kecil.

Pengalaman Pakai Motor Tangki Kecil

Mengendarai motor dengan tangki kecil seperti Lexi sebenarnya bukan masalah besar, asalkan jarak tempuh harian kita tidak terlalu jauh. Namun, permasalahan mulai terasa ketika saya harus melakukan perjalanan yang cukup panjang setiap hari. Dalam kondisi seperti ini, kebutuhan untuk mengisi bensin menjadi lebih sering, dan hal ini bisa cukup mengganggu.

Suka Duka Tangki Kecil

Kebutuhan Isi Bensin Lebih Sering

Dengan tangki yang kecil, saya harus mengisi bensin hampir setiap hari. Bahkan dalam beberapa perjalanan panjang, saya harus mengisi bensin lebih dari sekali. Ini tentu saja menambah waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan, terutama jika harus mengantri di SPBU. Faktanya saking panjangnya antrian SPBU, hal ini sempat menyebabkan macet jalanan juga lho! Kebayang gak harus ngantri bensin sepanjang apa?

Tangki Cepat Habis

Ketika saya mengisi tangki Lexi hingga penuh, jumlah liter yang masuk tidak banyak, sehingga bahan bakarnya cepat habis. Hal ini membuat saya harus lebih sering memantau indikator bensin dan merencanakan pengisian bahan bakar dengan lebih baik.

Body Ramping

Keuntungan dari tangki kecil adalah membuat body motor menjadi lebih ramping. Motor jadi lebih mudah untuk selap-selip di antara kemacetan, dan ini adalah nilai tambah yang sangat besar bagi pengendara di kota besar seperti Jakarta.

Kenyamanan Berkendara

Meskipun harus sering mengisi bensin, motor dengan tangki kecil seperti Lexi tetap nyaman untuk digunakan. Bobot motor yang ringan dan desain yang ergonomis membuatnya mudah dikendarai, baik oleh pria maupun wanita.

Pengalaman Pakai Motor Tangki Besar

Sebaliknya, mengendarai motor dengan tangki besar seperti Nmax memberikan pengalaman yang berbeda. Salah satu keuntungan utamanya adalah kapasitas tangki bensin yang lebih besar, hampir dua kali lipat dibandingkan Lexi.

Keuntungan Tangki Besar

Pengisian Bensin Lebih Jarang

Dengan tangki yang lebih besar, saya tidak perlu mengisi bensin sesering ketika menggunakan Lexi. Ini sangat menghemat waktu, terutama bagi mereka yang harus mengantri panjang di SPBU pada jam-jam sibuk.

Mengurangi Risiko Keterlambatan

Mengisi bensin lebih jarang juga berarti risiko terlambat ke kantor atau ke tempat tujuan menjadi berkurang. Kita bisa lebih fokus pada perjalanan tanpa harus sering-sering memikirkan kapan harus mengisi bensin lagi.

Beban dan Stabilitas

Motor dengan tangki besar biasanya memiliki bobot yang lebih besar juga. Ini bisa memberikan stabilitas lebih saat berkendara di jalan raya. Namun, konsekuensinya, motor menjadi kurang lincah untuk selap-selip di kemacetan.

Siapa yang Cocok Menggunakan Motor Tangki Kecil?

Motor dengan tangki kecil seperti Lexi cocok untuk pengendara yang mengutamakan kelincahan dan kemudahan manuver. Berikut beberapa tipe pengendara yang cocok:

  • Pengendara dengan Perawakan Sedang: Motor ramping lebih mudah dikendalikan oleh mereka yang memiliki perawakan tubuh sedang.
  • Ibu-ibu dan Pengendara Wanita: Bobot motor yang lebih ringan membuatnya mudah untuk dikendarai dan diatur, sehingga cocok untuk ibu-ibu dan pengendara wanita.
  • Pengguna Harian dengan Jarak Pendek: Jika jarak tempuh harian tidak terlalu jauh, motor dengan tangki kecil adalah pilihan yang tepat. Meski harus lebih sering mengisi bensin, hal ini tidak akan terlalu merepotkan jika hanya digunakan untuk perjalanan pendek.

Siapa yang Cocok Menggunakan Motor Tangki Besar?

Motor dengan tangki besar seperti Nmax cocok untuk pengendara yang sering melakukan perjalanan jauh atau membutuhkan motor dengan kapasitas bahan bakar yang lebih besar. Berikut beberapa tipe pengendara yang cocok:

  • Pengendara dengan Selera Motor Besar: Motor dengan tangki besar biasanya memiliki bodi yang lebih besar. Cocok untuk pengendara yang menyukai motor ber-body besar dan stabil.
  • Pecinta Touring: Bagi mereka yang sering melakukan perjalanan jauh, tangki besar sangat membantu menghemat waktu perjalanan karena tidak perlu sering-sering mengisi bensin.
  • Pekerja dengan Jarak Tempuh Jauh: Pengendara yang menggunakan motor untuk jarak jauh setiap hari akan sangat diuntungkan dengan tangki besar. Mereka bisa menghemat waktu dan mengurangi frekuensi pengisian bensin, terutama saat harus mengantri panjang di SPBU.

Setiap jenis motor, baik dengan tangki kecil maupun besar, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihan terbaik tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengendara. Jika Anda membutuhkan motor yang lincah dan mudah dikendarai di kemacetan, motor dengan tangki kecil seperti Lexi adalah pilihan yang tepat. Namun, jika Anda lebih sering melakukan perjalanan jauh dan menginginkan motor dengan kapasitas bahan bakar yang lebih besar, motor seperti Nmax bisa menjadi solusi ideal. Selalu pertimbangkan kebutuhan dan gaya berkendara Anda sebelum memutuskan untuk upgrade atau tetap dengan motor yang Anda gunakan saat ini.

Setelah kalian sesuaikan kebutuhan anda, coba deh model-model yang sekiranya menjadi selera anda. Nah kalau sudah ketemu mau beli motor apa, buru-buru ke MoFE deh, dan jangan kaget kalau motor-motor di MoFE punya harga yang sangat terjangkau.

Meski murah kualitas motor bekas di MoFE gak murahan kok!

Dan pastinya aman dong.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait