MoFE Logo

Apakah Motor Keyless dan Smartkey Bisa Dibobol ?

Apakah Teknologi Motor Keyless dan Smartkey Bisa Dibobol? Ya Bisa! Tapi sebelum kita bahas lebih lanjut kita tarik mundur dulu pembahasan perkembangan sistem keamanan keyless.

Dunia otomotif terus berkembang pesat, menghadirkan inovasi demi kenyamanan dan keamanan berkendara. Salah satu inovasi yang marak ditemui saat ini adalah teknologi keyless pada sepeda motor. Teknologi ini memungkinkan pengendara untuk menyalakan dan mengunci motor tanpa menggunakan kunci fisik tradisional.

Teknologi keyless pertama kali ditemukan oleh Paul Lipschutz pada tahun 1983 dan diterapkan pada mobil Renault Fuego. Tapi jangan pikir sudah secanggih fungsinya seperti saat ini ya, karena ini awalnya hanya untuk kunci pintunya saja. Seiring berjalannya waktu teknologi ini diadopsi untuk menghidupkan mesin juga hingga pada sepeda motor.

Di dunia sepeda motor sendiri, motor pertama di dunia dengan sistem keyless adalah Honda Forza 250 yang sudah ada sejak tahun 2009 di Jepang. Namun, teknologi ini mulai diadopsi secara luas pada tahun 2016-2017 oleh beberapa pabrikan ternama di negara kita.

Apakah Motor Keyless atau Smartkey Tidak Bisa Dibobol Maling?

Jawabannya adalah tidak! Motor keyless atau smartkey tetap ada kemungkinan bisa dibobol oleh maling. Tapi apakah lebih sulit dibobol? Ya! Kecanggihan teknologi pada sistem smartkey mempersulit pencuri untuk menyalakan sepeda motor yang hendak dicuri.

Memang, kenyamanan yang ditawarkan teknologi keyless seringkali diiringi dengan kekhawatiran tentang keamanannya. Intinya, teknologi keyless bukanlah sesuatu yang tidak bisa dibobol. Bahkan beberapa kasus pencurian sepeda motor keyless terekam dalam video yang beredar di platform YouTube.

Bahkan ada sebuah kasus untuk sistem keyless yang tertanam pada mobil KIA di mana sistem keamanannya dengan mudahnya dijebol oleh seorang anak remaja 14 tahun di tahun 2023. Bayangkan deh! Yang mobil aja bisa dengan gampang dibobol apalagi cuma motor.

Meskipun teknologi ini terbilang canggih, para pelaku kejahatan terus mengembangkan modus operandi mereka. Memang, membobol sistem keyless tergolong sulit, namun bukan tidak mungkin. Para pencuri mungkin bisa membuka kunci stang motor dalam waktu beberapa detik saja.

Memang untuk beberapa tipe, motor tidak bisa dinyalakan meski kelistrikan sudah menyala. Tapi kondisi ini masih mungkin untuk dicuri. Bisa saja para pencuri ini mengambil motor tersebut dengan cara didorong setelah berhasil menyalakan kelistrikannya. Dan ini akan mengurangi kecurigaan orang lain yang melihat maling tersebut mendorong motor. Karena dengan kondisi kelistrikan yang menyala, orang-orang akan berpikir maling tersebut hanyalah seseorang yang sedang mendorong motor mogoknya.

Perbedaan Keyless dan Smartkey

Istilah keyless dan smartkey seringkali digunakan secara bergantian, namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. Teknologi keyless hanya berfokus pada fungsi membuka/mengunci dan menyalakan mesin tanpa kunci fisik. Sedangkan smartkey sendiri merupakan kunci pengganti dari kunci konvensional. Di mana smartkey ini memiliki beberapa fitur tambahan seperti Answer Back system. Answer Back system merupakan fitur yang membantu pengendara menemukan lokasi motor di tempat parkir yang luas.

Tips Mencegah Pencurian Sepeda Motor Keyless

Meskipun teknologi keyless memiliki kerentanan, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir risiko pencurian:

  • Kunci stang motor ke arah kanan: Mengunci stang ke kanan akan menghalangi ruang gerak para pencuri yang ingin menggunakan T-Lock untuk merusak gembok motor.
  • Gunakan gembok tambahan: Penggunaan gembok tambahan pada roda atau cakram akan memberikan lapisan keamanan ekstra.
  • Aktifkan alarm motor: Alarm motor yang berbunyi nyaring dapat menggagalkan aksi pencurian dan menarik perhatian orang sekitar.

Keuntungan Menggunakan Teknologi Keyless

Selain potensinya untuk dibobol, teknologi keyless juga menawarkan beberapa keuntungan:

  • Kenyamanan: Anda tidak perlu repot mencari kunci di tas atau saku, cukup dengan membawa key fob di dekat motor.
  • Anti maling (sampai batas tertentu): Sistem keyless yang terintegrasi dengan alarm akan secara otomatis aktif ketika fob berada di luar jangkauan dan motor dalam keadaan diam.
  • Desain modern: Kehadiran key fob memberikan kesan modern dan elegan pada tampilan motor Anda.

Risiko Menggunakan Teknologi Keyless

Selain risiko pencurian, teknologi keyless juga memiliki beberapa risiko:

  • Baterai key fob habis: Jika baterai fob habis, Anda tidak bisa menyalakan motor. Sebaiknya selalu bawa baterai cadangan.
  • Sinyal terputus: Gangguan sinyal antara key fob dan motor bisa membuat Anda kesulitan menyalakan motor.
  • Kerentanan terhadap hacking: Meskipun jarang terjadi, secara teoritis sistem keyless bisa diretas oleh alat khusus.

Sebagai informasi tambahan , ketika kunci kamu hilang atau baterai mati, beberapa sepeda motor punya fitur menghidupkan secara darurat tanpa kunci dengan Kode yang kamu dapat saat beli sepeda motor. Tiap perusahaan sepeda motor punya cara start tanpa kunci yang berbeda. Jadi, sebaiknya untuk mengingat cara nyalain mesin tanpa kunci dan jangan pernah kasih tau ke orang lain.

Pilihan antara menggunakan motor keyless atau motor dengan kunci tradisional bergantung pada prioritas dan budget Anda. Jika Anda mendambakan kemudahan dan rela mengeluarkan biaya lebih untuk fitur keamanan tambahan, maka motor keyless bisa menjadi pilihan. Namun, jika Anda mengutamakan harga yang lebih terjangkau dan kemudahan perawatan, maka motor dengan kunci tradisional mungkin lebih cocok untuk Anda.

Daftar harga motor keyles bekas di MoFE

Berikut ini beberapa rekomendasi motor keyless bekas dengan budget 20 jutaan!

  • Yamaha Fazzio 125 Rp 21 jutaan
  • Honda Vario 160 mulai dari Rp 21 jutaan
  • Yamaha ADV 150 mulai dari Rp 25 jutaan
  • Yamaha Nmax 155 mulai dari Rp 25 jutaan
  • Honda PCX160 mulai dari Rp 28 jutaan
Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait