MoFE Logo

Modus Test Drive Motor, Motor Dijual Malah dibawa Kabur

Jual motor bekas perlu banyak langkah agar mendapatkan motor bekas berkualitas dan salah satu tahap yang tidak boleh diabaikan adalah mencoba motor sebelum beli. Namun, pasar motor bekas tidak luput dari modus penipuan yang dapat mengancam Kamu sebagai pembeli. Kami akan membahas beberapa penipuan dan kejahatan yang harus diwaspadai saat test jalan motor bekas. Tetapi yang lebih penting, kami akan memberikan langkah-langkah demi langkah tentang bagaimana Kamu dapat melindungi diri dan menghindari penipuan ini agar motor Kamu tidak “dibawa kabur” oleh modus test drive motor yang merugikan.

Modus Test Drive Motor, Hati-hati dibawa Kabur

Ketahui Modus Test Drive Dibawa Kabur

Saat menjual motor bekas , banyak dari pemotor ingin merasakan bagaimana motor tersebut berjalan dan mengujinya secara langsung sebelum memutuskan. Namun, beberapa penipu menggunakan kesempatan ini untuk melakukan berbagai modus operandi yang merugikan. Beberapa praktik penipuan yang umum terkait dengan test drive motor adalah sebagai berikut:

1. Penawaran Test Drive di Tempat Terpencil:

Pelaku bisa sangat kreatif dan pintar menemukan celah penjual dari izin yang baik hingga memintanya secara paksa. Sehingga mendorong kita sebagai penjual untuk memberikan kemauannya untuk test drive motor.

Pembeli mengusulkan untuk uji coba di lokasi terpencil atau jauh dari keramaian. Setelah sampai di sana, pembeli meminta Kamu untuk meminta motor untuk diuji coba. Biasanya pembeli akan memberikan uang atau suatu jaminan agar menyakinkan kamu. Saat diberikan test jalan motor pelaku yang berjanji hanya sebentar dibawa ke jalanan ternyata selamanya menghilang.

2. Uji Coba Pakai Identitas Palsu

Pelaku akan mencoba meyakinkan penjual untuk berikan kesempatan untuk test jalan motornya. Cara meyakinkannya biasanya memberikan suatu jaminan seperti identitas. Tetapi KTP atau KK ternyata palsu dan penjual tidak bisa cepat memerhatikannya.

Perhatikan Surat-Surat Resmi Kendaraan Bermotor Lainnya di Artikel Dibawah Ini.

Modus Test Drive Motor Lapor Polisi

Harus Bagaimana kalau Motor Dibawa Kabur?

1. Jangan Panik: Pertama-tama, tenangkan diri Anda. Kesalahan bisa terjadi pada siapa saja. Jangan biarkan emosi menguasai Anda.

2. Laporkan ke Pihak Berwenang: segera lapor ke polsek atau polda terdekat hubungi call center 110 atau pengaduan online lapor.go.id agar segera tercatat dalam database motor kehilangan yang apabila ditemukan oleh polisi bisa diurus secepatnya.

3. Laporkan ke Platform Online: Jika transaksi dilakukan melalui platform jual-beli online, segera laporkan insiden tersebut kepada admin platform. Mereka dapat mengambil tindakan terhadap penjual penipu dan membantu dalam penyelidikan.

4. Periksa Identitas dan Kontak: Jika Anda memiliki informasi kontak atau identitas penipu, cari tahu sebanyak mungkin tentang mereka. Ini bisa membantu pihak berwenang dalam penyelidikan.

5. Waspadai Tindakan Selanjutnya: Setelah melaporkan insiden tersebut, waspadai tindakan penipu selanjutnya. Mereka mungkin mencoba menghubungi Anda lagi atau melakukan penipuan lainnya.

Ketahui Modus Penipuan Jual Beli Motor Lainnya Bahas Lebih Dalam di Artikel Ini

Modus Test Drive Motor CCTV

Cara Mengurangi Resiko Modus Test Drive Motor

Tidak ada cara yang jitu untuk mengurangi resikonya juga karena pemasaran jual motor akan mengundang perhatian dari berbagai pihak yang tidak tanggung jawab. Tetapi yang pertama adalah harus verifikasi pembeli harus dipastikan asal dan apakah benar-benar ingin membeli motor.

Lakukan di daerah yang umum dan banyak orang dikarenakan semakin banyak orang akan mempersulit jalur keluar apabila motor ingin dibawa kabur. Selain itu akan banyak saksi yang melihatnya.

Saat datang pembeli jangan diwakilkan harus dengan orang yang bersangkutan. Baik pembeli dan penjual harus secara nyata ketemuan agar tidak ada informasi yang tidak diketahui. Beda cerita apabila menjualnya pada dealer showroom.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait