MoFE Logo

Hindari Modus Jualan Motor Bekas Palsu Seperti Ini

Modus jualan motor bekas kerap terdengar dan motor juga tidak luput juga kejadian. Banyak dari kita memilih untuk mencari motor bekas secara online. Pilihan untuk beli motor bekas secara online, juga harus waspada ada modus-modus yang sering terjadi sekarang dan mungkin anda bisa jadi korban berikutnya. Kita akan coba mendalami dan membahas beberapa modus jualan motor yang sering terjadi di kita dan cara melindungi diri dari penipuan ini.

Modus Jualan Online Motor Bekas

Kasus Modus Penipuan Motor Palsu

Sering terjadi penipuan berupa jualannya palsu alias motor fiktif. Sebenarnya penjual tidak mempunyai motornya untuk dijual. Iming-iming harga yang murah jadi umpan bagi korban pembelinya. Tunggu sampai uang di transfer dan penjual akan menghilang dan tidak bisa dihubungi oleh korban.

Juga terjadi pelaku berperan sebagai makelar atau orang ketiga dimana menyiapkan penjual dan pembeli untuk transaksi. Tetapi hanya tipuan dimana motornya tidak ada dan uangnya keburu di transaksi dan dibawa kabur oleh pelaku.

Perhatikan Surat-Surat Jual Beli Motor dengan Baca Artikel Ini!

Cara, Syarat, Biaya Balik Nama STNK Motor Bekas 2023

Modus Jualan Online Motor Lapor

Cara Melindungi Diri: Segera Lapor!

Sudah tersadar bahwa yang jualan palsu, cepat-cepat batalkan seluruh transaksi dan pergi. Jangan tergiur rayuan pelaku berupa harga lebih murah, motor yang bagus, dan lain-lain. 

Cepat juga mengabarkan aparat yang tersedia bisa polres terdekat atau lapor call center 110 hingga lapor secara online pada lapor.go.id. Laporan ini berfungsi agar diproses apabila korban sudah mengalami kerugian. Juga persiapkan dokumen resmi pendukung korban untuk memperkuat laporannya. 

Juga segera lapor atau report akun penjual apabila penjualnya aktif di berbagai sosial media seperti Facebook, Twitter, juga marketplace lainnya. Ini berfungsi untuk peringatan bagi lainnya penjualnya tidak dapat dipercaya dan sebaiknya hindari. 

Bisa dilakukan mediasi kepada semua pihak yang bersangkutan seperti dengan pelaku dan korban agar diselesaikan apabila transaksi ingin dikembalikan. 

Ingat juga jangan terbawa suasana dan ingin segera viral, karena perlu tindakan yang tepat dan cepat agar tidak di balik kondisinya dan yang kena hukum malah pelakunya.

Modus Jualan Online Motor Bekas Verifikasi

Terhindar Modus Jualan Motor Palsu Dengan Cara Ini!

Terpenting adalah benar keberadaannya dan verifikasi identitas penjual. Harus dipastikan bahwa penjual adalah resmi dan barang jualannya juga benar-benar ada.

Paling mudah adalah mencari penjual yang identitasnya tersedia banyak di sosial media atau menggunakan marketplace yang resmi. Bisa juga berdasarkan dari bank atau leasing, karena sudah resmi kaitannya.

Bisa Baca Lebih Lengkapnya untuk Menemukan Dealer Motor Bekas yang Baik di Artikel ini.

Memang kalau membeli motor secara online harus memiliki kewaspadaan tinggi serta harus memberi kepercayaan terbatas. Kalau pun harus sama pribadi harus yang sangat sudah dikenal. 

Diatas dijelaskan bagaimana modus penipuan jualan motor online palsu atau fiktif. Harus lebih waspada dan baca baik-baik artikel ini atau bisa cari artikel lainnya yang terkini terkait jual beli motor bekas sebagai berikut. 

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait