MoFE Logo

Mitos Knalpot Racing Menambah Kecepatan Motor

Mitos Knalpot Racing Menambah Kecepatan Motor

Knalpot merupakan salah satu bagian vital dari sebuah motor yang memiliki peran penting dalam mengatur pembuangan gas hasil pembakaran. Dalam dunia modifikasi, penggantian knalpot standar dengan knalpot racing seringkali menjadi topik hangat.

Tak sampai di situ penggunaan knalpot racing juga dipercaya bisa menambah performa motor hingga kecepatan sepeda motor. Beneran gak sih? Nah sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai mitos dan fakta di seputar penggantian knalpot racing, mendingan kita memahami fungsi umum dari knalpot motor.

Fungsi Umum Knalpot Motor

Sebelum lebih mendalam tentang ketidakpastian mitos fakta knalpot racing, penting untuk memahami fungsi umum knalpot motor. Knalpot memiliki dua fungsi utama, yaitu pertama, mengarahkan gas buang dari silinder mesin ke atmosfer, dan kedua, mengurangi kebisingan yang dihasilkan dari proses pembakaran. Dengan fungsi-fungsi ini, knalpot menjadi bagian integral dari sistem pembuangan pada sebuah motor.

Perbandingan Antara Knalpot Standar dan Racing

Knalpot standar umumnya dirancang untuk mematuhi standar emisi dan kebisingan yang ditetapkan oleh pemerintah. Sementara itu, knalpot racing didesain untuk meningkatkan performa mesin dengan mengoptimalkan aliran gas buang.

Perbedaan fundamental antara knalpot standar dan racing terletak pada struktur dasarnya, khususnya dalam penggunaan tabung sebagai bagian penghubung antara mesin dan header knalpot. Pada knalpot standar, tabung ini berperan sebagai jalur untuk mengalirkan gas sisa pembakaran, yang dikenal sebagai partition. Jumlah partition yang digunakan bervariasi tergantung pada mesin kendaraan dan berfungsi untuk meredam suara. Di sisi lain, knalpot racing tidak menggunakan tabung atau partition seperti knalpot standar. Desainnya lebih sederhana dengan header langsung terhubung ke bagian belakang tanpa tabung. Hasilnya, knalpot racing menghasilkan suara yang lebih nyaring.

Mitos Knalpot Racing Menambah Kecepatan Motor

Ada banyak mitos yang berkembang di masyarakat seputar penggunaan knalpot racing. Salah satu mitos yang paling umum adalah bahwa penggantian knalpot standar dengan knalpot racing secara langsung akan meningkatkan kecepatan motor. Namun, apakah ini benar?

Meskipun banyak yang percaya bahwa knalpot racing secara langsung dapat meningkatkan kecepatan motor, faktanya tidak begitu sederhana. Penggantian knalpot hanya akan memberikan peningkatan performa jika disertai dengan pengaturan yang tepat pada komponen-komponen lain seperti sistem pembakaran dan pengaturan mesin.

Jadi jawaban tepatnya adalah knalpot racing tidak meningkatkan kecepatan atau performa motor dengan bawaan standar. Pada dasarnya knalpot racing memang diciptakan untuk meningkatkan torsi dan tenaga untuk motor balap dengan segala setting dan komponen yang disematkan.

Terus Kenapa Orang Pakai Knalpot Racing?

Banyak orang memilih untuk menggunakan knalpot racing atas beberapa alasan. Pertama-tama, beberapa orang awam meyakini bahwa knalpot racing dapat meningkatkan kecepatan motor secara signifikan meskipun ini tidak sepenuhnya benar ya. Namun, ada pula yang menggunakan knalpot racing hanya karena alasan gaya atau estetika, menyukai suara knalpot yang lebih bising dan menggelegar.

Sebetulnya alasan yang ke-2 lebih banyak bisa kita temui di sekeliling kita, di mana banyak berkeliaran di jalan raya motor matic yang dimodifikasi sedemikian rupa, termasuk knalpotnya. Sayangnya knalpot yang digunakan di beberapa motor standar hanya menghasilkan polusi udara tanpa peningkatan performa motor mereka.

Hal ini didukung pernyataan yang didengar penulis berdasarkan interview singkat dengan salah satu pengguna knalpot racing, ia menggunakan knalpot tersebut karena merasa lebih keren ketika mengendarai motor mereka. Suara yang dianggap lebih gahar ketimbang bawaan standar. Soal kecepatan atau performa? Narasumber mengatakan tidak merasakan itu sama sekali.

Kekurangan Penggunaan Knalpot Racing untuk Motor Standar Harian

1. Kebisingan:

  • Knalpot balap minim peredam suara, menghasilkan suara yang lebih keras dan mengganggu.
  • Pengendara dan orang lain di sekitar terpapar suara bising yang tidak nyaman.
  • Risiko denda tilang akibat kebisingan berlebihan.

2. Konsumsi Bahan Bakar:

  • Aliran gas buang lebih besar pada knalpot balap, membutuhkan lebih banyak bahan bakar.
  • Akselerasi lebih ringan, tapi dorongan piston berkurang, meningkatkan konsumsi bahan bakar.

3. Kompatibilitas dengan Motor Injeksi:

  • Jika dipasang tanpa penyesuaian ECU pada motor injeksi, sensor mengirimkan sinyal berbeda.
  • Hal ini dapat menyebabkan putaran mesin tidak stabil dan berpotensi menimbulkan masalah lain.

Bagaimana Regulasi di Indonesia?

Di Indonesia, penggunaan knalpot racing sering kali melanggar regulasi yang telah ditetapkan. Pemerintah telah menetapkan aturan yang ketat terkait emisi gas buang dan kebisingan yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor, termasuk knalpot.

Penggunaan knalpot bising atau knalpot brong diatur dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 7 Tahun 2009 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru. Peraturan ini menetapkan bahwa tingkat kebisingan knalpot kendaraan bermotor tidak boleh melebihi 83 desibel.

Selain itu, penggunaan knalpot bising atau knalpot brong juga dapat dikenakan sanksi hukum. Berdasarkan Pasal 285 ayat (1) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pengendara yang menggunakan kendaraan dengan knalpot tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan dapat dikenakan sanksi berupa denda paling banyak Rp 250.000,00 atau pidana kurungan paling lama 1 bulan.

Apakah Kita Harus Menggunakan Knalpot Racing?

Keputusan ini tergantung pada preferensi masing-masing individu. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan knalpot racing harus mematuhi regulasi yang berlaku dan diimbangi dengan pengaturan yang tepat pada komponen lainnya.

Beberapa Merek Knalpot Racing  Motor yang Terkenal

Yoshimura

Yoshimura dikenal karena keunggulan riset dan pengembangannya. Sebagai produsen sistem knalpot utama, Yoshimura menonjol berkat komitmen mereka pada riset dan pengembangan yang selaras dengan dedikasi mereka terhadap standar kualitas yang tidak berkompromi. Mereka juga ahli dalam pembuatan pipa yang memenuhi standar tinggi, sehingga knalpot balap motor Yoshimura sangat dapat diandalkan.

Tsukigi

Knalpot Tsukigi adalah salah satu jenis knalpot balap yang diproduksi oleh perusahaan Jepang. Banyak pengendara sepeda motor di Indonesia menggunakan knalpot ini untuk motor matic mereka. Yang unik, knalpot buatan Tsukigi memiliki penampilan seperti knalpot motor biasa, tetapi mampu menghasilkan suara yang mirip dengan knalpot balap. Knalpot ini dapat menjadi opsi modifikasi yang sederhana untuk meningkatkan tampilan sepeda motor agar lebih keren.

Akrapovic 

Knalpot motor merek Akrapovic banyak digunakan untuk mensponsori beberapa acara balap dunia seperti MotoGP dan oleh beberapa pembalap terkenal seperti Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Merek ini menawarkan dua jenis knalpot, yaitu Slip-On dan Full System, cocok untuk meningkatkan kinerja atau menghasilkan suara yang menggelegar.

R9 

Knalpot R9 diproduksi melalui serangkaian proses termasuk pemilihan bahan berkualitas tinggi seperti stainless steel, titanium, dan karbon, serta menggunakan mesin untuk hasil yang presisi. R9 juga telah membuktikan kualitasnya dengan berpartisipasi dalam kompetisi di tingkat nasional dan internasional setiap tahun. Sebagai pelopor knalpot berbahan titanium di Asia Tenggara, R9 telah menjadi pemimpin pasar di kelasnya.

Moriwaki 

Moriwaki adalah salah satu merek knalpot spesialis ternama di Jepang yang telah hadir sejak tahun 70-an, terutama dalam dunia balap. Dimulai dari pendiriannya oleh Mamoru Moriwaki, yang sebelumnya bekerja sebagai insinyur di Yoshimura, salah satu perintis knalpot balap Jepang. Dia belajar langsung dari Pop Yoshimura, yang kemudian menjadi mertuanya. Hubungan keluarga antara kedua merek ini tidak diketahui oleh banyak orang.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait