MoFE Logo

Kredit Motor Bekas ? Berikut strategi dan yang perlu diwaspadai

Kredit motor bekas

MoFE – Di Indonesia, sebagian besar pengendara membeli sepeda motor mereka dengan cara kredit. Berdasarkan penelitian MoFE, 70% menggunakan kredit dari perusahaan pembiayaan yang bermitra dengan dealer, sementara sisanya meminjam uang dari bank, kerabat, atau dari orangtua. Anda juga dapat membeli sepeda motor bekas dengan kredit. Tetapi tidak banyak perusahaan pembiayaan yang menyediakan kredit untuk sepeda motor bekas. Selain itu tingkat bunga biasanya lebih tinggi daripada sepeda motor baru. Berikut kami ringkaskan bagaimana Anda dapat menemukan kredit motor bekas dan apa yang perlu diwaspadai.

Di mana Anda dapat menemukan kredit motor bekas

Melakukan penelitian online terlebih dahulu

Jika Anda mencari di Google “Kredit motor bekas”, Anda dapat dengan mudah menemukan MUF, BCA, OTO, dan ADIRA yang menyediakan kredit motor bekas. Mereka juga menampilkan pilihan sepeda motor bekas di situs web mereka. Sebelum Anda pergi ke dealer, alangkah lebih baik kunjungi web mereka dan lakukan simulasi untuk memeriksa tingkat bunga dan cicilan bulanan.

Dealer sepeda motor bekas juga menyediakan kredit motor bekas

Beberapa dealer sepeda motor bekas memiliki kerjasama dengan perusahaan pembiayaan. Mereka (delaer) dapat mengenalkan Anda pada perusahaan pembiayaan sepeda motor. Namun, Anda perlu berhati-hati bahwa perusahaan pembiayaan ini biasanya mengenakan tingkat bunga lebih tinggi daripada ketika Anda mengunjungi dan bertanya kepada mereka secara langsung. Hal ini dikarenakan pihak pembiayaan harus membayar rebate kepada dealer. Namun, jika status Anda telah ditolak oleh perusahaan pembiayaan, bantuan dari dealer dapat menjadi opsi yang baik untuk mendapatkan persetujuan pembiayaan.

Pertimbangkan opsi pinjaman bank

Lebih mudah untuk mendapatkan kredit motor bekas dari perusahaan pembiayaan sepeda motor, tetapi mereka meminta tingkat bunga yang tinggi. Jika Anda sudah memiliki rekening bank, coba ajukan pinjaman dari bank. Anda dapat memperoleh tingkat bunga yang lebih baik daripada perusahaan pembiayaan sepeda motor. Silakan mencoba terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan perusahaan pembiayaan sepeda motor.

Yang perlu diwaspadai saat kredit motor bekas

Apa yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Kredit Motor Bekas

Kredibilitas Keuangan yang Penting

Untuk mendapatkan DP rendah atau DP nol, hanya pegawai negeri dan karyawan perusahaan besar dengan status fulltime yang bisa mendapatkan persetujuan. Jika Anda bisa menunjukkan slip gaji kepada investigator kredit, Anda bisa lebih mudah mendapatkan persetujuan kredit. Namun, jika Anda seorang ibu rumah tangga, mahasiswa, atau tidak memiliki pekerjaan saat ini, Anda tidak akan mendapatkan persetujuan kredit dari perusahaan pembiayaan.

Menyisihkan DP sebanyak mungkin

Jika DP Anda rendah atau nol, sulit untuk mendapatkan persetujuan dari perusahaan pembiayaan dan sebenarnya akan meningkatkan suku bunga Anda. Suku bunga untuk kredit motor lebih tinggi daripada kredit mobil dan rumah, dan dalam kasus motor bekas, suku bunga bahkan lebih tinggi daripada kredit motor baru. MoFE sangat menyarankan untuk menyisihkan DP sebanyak mungkin untuk mendapatkan suku bunga terbaik dan mendapatkan persetujuan dari perusahaan pembiayaan.

Motor Matic Lebih Mudah Diterima Daripada Motor Sport

Catatan kredit pembeli motor matic biasanya lebih baik daripada pembeli motor sport di perusahaan pembiayaan. Jadi ada kecenderungan bahwa pembeli motor matic lebih mudah mendapatkan persetujuan dan suku bunga yang lebih rendah daripada pembeli motor sport.

Perusahaan Pembiayaan Tidak Memberikan Pembiayaan untuk Motor Bekas yang Sudah Tua

Perusahaan pembiayaan selalu berpikir tentang “Worst Case” atau kasus terburuk. Bagi perusahaan pembiayaan, kasus terburuk adalah ketika pembeli gagal membayar cicilan. Ketika pembeli gagal membayar cicilan 3 kali, mereka akan mengambil motor dan menjualnya kembali kepada dealer atau lelang. Oleh karena itu, mereka biasanya tidak menerima motor bekas yang usianya lebih dari 5 tahun, karena sulit untuk menilai nilai motor bekas.

Kredit Motor merupakan pilihan yang paling mungkin dilakukan saat ingin membeli motor, terutama saat kita belum memiliki cukup uang. Namun, yang lebih penting adalah membeli motor dengan harga yang wajar dan membeli motor dari dealer atau orang yang terpercaya. Sebelum Anda mencari kredit motor bekas, harap periksa harga motor di MoFE dan baca tips ini untuk melindungi diri Anda dari penipuan.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait