MoFE Logo

Kapan Waktu Tepat Beli Motor Bekas? Perhatikan Musimnya!

Kapan waktu yang tepat untuk beli motor bekas? Ternyata waktu juga pengaruhi harga-harga motor. Waktu bukan berarti hanya jam-jam tertentu saja tetapi musim-musim di Indonesia. Musim di Indonesia (bukan kemarau dan hujan) pada saat itu sedang ada kegiatan besar apa saja. Kegiatan atau suatu event besar-besaran memacu kebutuhan  mobilitas buat pemotor di Indonesia. Dimana ada kebutuhan pasti ada permintaan dan tinggi permintaan pasti harga akan naik. Ini terjadi juga di pasar motor bekas. Kita akan bahas lebih dalam tentang kapan waktu yang tepat untuk beli motor bekas agar dapat harga yang lebih murah

Pahami beberapa faktor yang dapat memengaruhi harga dan pasokan dengan baca artikel ini.

Waktu yang Tepat untuk Beli Motor: Kenali Musim-Musim di Indonesia

Waktu tepat beli motor sebelum lebaran

1. Hindari Saat Mendekati Bulan Ramadhan dan Lebaran

Bulan puasa atau bulan Ramadhan adalah momen besar di Indonesia yang bonus gajian hingga THR dibagikan dan memicu mudik. Duit yang banyak memungkinkan orang-orang mampu beli motor yang lebih mahal. Juga permintaan untuk mobilitas naik motor lebih tinggi alias harga sudah pasti naik saat momen ini.

Waktu pas saat bulan Ramadhan dan Lebaran terkadang tidak selalu sama setiap tahunnya. Jadi perlu terus update tentang musim-musim melewati berita-berita dan kabar dari Kemenag (Kementrian Agama) yang selaku pemerintah untuk tetapkan kapan waktu Lebaran.

Waktu balik ke sekolah

2. Waktu Beli Jangan Pas Musim Balik Sekolah

Musim balik sekolah biasanya saat di pertengahan tahun yang siswa dan mahasiswa balik ke sekolah dan kuliah. Balik menghadiri sekolah memicu mobilitas tinggi bagi siswa dan mahasiswa. Baik orangtua beli motor buat antar anaknya ke sekolah atau mahasiswa beli motor untuk pergi ke kuliah. Banyaknya permintaan motor buat harga naik buat motor bekas hingga baru.

Pergantian model Vario 125

3. Akhir Tahun Beli Model Lama Saat Model Baru Dirilis

Ketika model baru dirilis biasanya awal tahun sehingga harga sepeda motor bekas model lama turun dengan cepat karena banyak pengendara menjual model lamanya dan membeli model baru. Honda dan Yamaha biasanya merilis model dengan perubahan minor setiap 2-3 tahun dan perubahan model yang signifikan setiap 5-6 tahun.

Waktu beli saat ekonomi lesu

4. Waktu Beli Saat Ekonomi Lesu, Banyak Motor Bekas yang Dijual Murah

Saat ekonomi buruk banyak terjadi PHK (Putus Hubungan Kerja) dimana banyak yang menjual motornya hingga gagal bayar cicilan bulanan motor. Banyak menjualnya karena lebih memilih untuk menghemat pengeluaran dan lebih pentingkan kebutuhan primer. Jika cukup uang tunai meskipun situasi ekonomi buruk, dan sedang sangat membutuhkan motor, sebenarnya saat yang tepat untuk membeli sepeda motor bekas karena harga turun tajam adalah pada musim ini. (tingkat pengangguran)

Perhatikan Ini Harga Jual Motor Kamu dan Taktik Agar Jual Motor Harga Tinggi

Waktu yang tepat untuk beli motor bekas adalah dengan ketahui musim-musim di Indonesia. Karena musim-musim ini lebih memengaruhi harga dan permintaan motor. Tetapi tidak hanya waktu juga yang memengaruhi dan juga harus ketahui sebelum beli motor. Seperti kondisi, jarak tempuh, merk dan daerah asalnya juga mempengaruhi harga. Penting untuk riset dan banyakin informasi agar dapat motor yang murah.

Atau kamu bisa langsung ke mofe.co.id untuk melihat sistem estimasi harga yang sudah memasukan data-data seperti itu hingga tahu harga yang pas dan adil buat penjual dan pembeli. Tunggu apalagi? langsung coba cek harga di mofe.co.id

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait