MoFE Logo

Kapan Harus Servis Motor? Perhatikan Bulan dan Kilometer Motor

Kapan harus servis motor? Servis bisa dilakukan untuk motor bekas ataupun baru. Karena servis motor penting untuk menjaga keawetan dan menjaga performa motor. Servis rutin bisa dilakukan pada bengkel terdekat dan perhatikan ini:

Kapan Harus Servis Motor

Harus Servis Motor Setiap Dua dan Tiga Bulan Sekali

Kapan harus servis motor jika motor jarang dipakai? Bisa perhatikan bulan penggunaan untuk servis rutin motor bekas atau baru kamu. Sebaiknya mengacu pada bulan dan berjarak 2-3 bulan sekali untuk motor yang jarang dipakai. Ini penting apabila pemakaian tidak sering dan jarak tempuh tidak terlalu jauh dan harus ada servis berkala nya.

Apabila kita mengacu pada bulan terkadang servis dealer motor terdapat jadwal sendiri yang kita bisa cermati. Seperti pada servis motor yang ditawarkan oleh Honda dan Yamaha Service bisa dilakukan dengan jadwal atau servis rutin.

Kapan Harus Servis Motor 2
Speedometer Dasbor Motor

Servis Motor Perhatikan Kilometer Pada Motor

Kapan harus servis motor jika pemakaian motor jarak tempuhnya tinggi? Bisa perhatikan jarak tempuh motor (speedometer) karena pemakaian motor yang lebih sering. Kilometer yang besar menandakan jarak tempuh yang tinggi sehingga kemungkinan komponen yang rusak juga semakin tinggi.

Juga ada beberapa komponen pada motor yang harus diganti pada kilometer tertentu. Dimana setiap kelipatan 8.000 km harus servis CVT baik untuk bersihkan dan mengganti parts nya.

Kapan Harus Servis Motor 3
Rantai Putus pada Motor Kopling

Kapan Harus Servis Motor Apabila Ada Masalah?

Kapan harus servis motor apabila ada masalah? Jawabannya segera karena masalah pada motor bisa hal besar atau hal kecil juga bisa dari kecelakaan pada motor. Maka segera lakukan servis hingga perbaikan pada motor agar bisa jalan dahulu. Masalah pada motor bisa seperti aki bermasalah, ban bocor, rantai lepas, tiba-tiba kehilangan tenaga, dan masalah umum lainnya.

Servis motor bekas atau baru bisa dilakukan secara rutin apabila kita mengacu yang sudah disebutkan diatas. Pemakaian dan motor kamu sangat berperan dalam seberapa sering harus melakukan servis rutin motor bekas atau baru kamu.

Kapan Harus Servis Motor 4

Hal-Hal Penting untuk Diperiksa saat Servis

Pada umumnya mekanik akan memeriksa semua bagian pada motor kamu. Tetapi kamu bisa meminta atau ada yang harus diperhatikan. Berikut adalah bagian dari motor yang penting untuk diperiksa:

  • Oli Mesin (Terpenting). Sebagai pelumas mesin, Ganti oli setiap 2.000 km atau 1 bulan sekali.
  • Filter Oli. Penyaring Oli, Servis setiap kelipatan 4.000 km
  • Filter Udara. Penyaring intake, Servis setiap 10.000 km
  • Kanvas Rem. Performa rem, ganti setiap 16.000 – 32.000 km
  • Rantai dan Kopling (Kopling). Transmisi, Servis setiap 10.000-15.000 km
  • CVT (Matic). Pelumas dan pembersihan, Servis setiap 8.000 km

Dengan servis rutin pada motor kamu akan membuat motor kamu lebih terjaga dan awet. Juga akan menghemat biaya pada servis selanjutnya. 

Selain itu, servis motor berkala dapat menjaga harga motor kamu tetap tinggi. Jadi kalau kepikiran untuk menjualnya tetap harus dirawat. Sebelum melakukan servis motor bisa periksa artikel lainnya yang terkait dengan servis motor. 

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait