MoFE Logo

Beli Motor Bekas? Ini dia tips memilih waktu yang tepat !

Waktu terbaik beli motor bekas

MoFE – Apakah Anda memiliki rencana beli motor bekas ? jika iya, Apakah ada waktu yang kurang tepat untuk membeli motor bekas? Jika Anda memiliki cukup dana tersedia, ruang yang cukup di garasi, dan pasangan yang memahami mengapa Anda membutuhkan motor tambahan, itu adalah waktu yang tepat untuk membeli yang baru! Namun, apakah Anda ingin tahu kapan waktu terbaik untuk membeli motor? Baik Anda membeli yang baru atau bekas, selalu ada waktu terbaiknya! Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi harga dan pasokan, jadi selalu lakukan riset sebelum membeli.

Hindari musim permintaan tinggi untuk Sepeda Motor Bekas

Kapan orang ingin membeli sepeda motor? Musim permintaan tertinggi adalah sebelum Lebaran. Orang membeli sepeda motor untuk mudik Lebaran dan mereka memiliki uang tunai berkat bonus Lebaran. Dan musim kedua tertinggi adalah musim “Back to School” atau kembali ke sekolah, terutama setelah penerimaan siswa baru. Ketika Mahasiswa dan anak-anak sekolah mulai masuk di sekolah bari mereka, biasanya mereka ingin memiliki sepeda motor sendiri dan mereka membutuhkan sepeda motor untuk berangkat dan pulang sekolah. Tetapi karena sepeda motor baru biasanya perlu inden, selain itu harganya yang tinggi, banyak orang mempertimbangkan sepeda motor bekas sebagai pilihan mereka. Secara otomatis permintaan sepeda motor bekas meningkat.

4 bulan setelah Lebaran adalah waktu yang tepat untuk membeli sepeda motor bekas

Banyak orang membeli sepeda motor saat Lebaran, tetapi beberapa di antaranya gagal membayar cicilan bulanan. Jika mereka gagal membayar cicilan bulanan selama 3 bulan berturut-turut, perusahaan pembiayaan sepeda motor akan mengambil kembali sepeda motor. Oleh karena itu, 4 bulan setelah Lebaran, stock sepeda motor bekas meningkat dan harganya menjadi lebih murah. Jika Anda tidak terburu-buru, lebih baik tunggu 4 bulan lagi.

Waktu yang kurang tepat beli motor bekas

Beli model lama saat model baru dirilis

Orang-orang menyukai “Model Baru”. Tetapi harga model baru biasanya tinggi dan dealer tidak memberikan diskon apa pun. Ketika model baru dirilis, biasanya harga sepeda motor bekas model lama turun dengan cepat karena banyak pengendara menjual model lamanya dan membeli model baru. Honda dan Yamaha biasanya merilis model dengan perubahan minor setiap 2-3 tahun dan perubahan model yang signifikan setiap 5-6 tahun. Jika Anda tidak jatuh cinta dengan desain dan teknologi model baru, model lama bisa menjadi pilihan yang baik bagi Anda.

Saat situasi ekonomi memburuk, Anda dapat membeli sepeda motor bekas dengan harga murah

Ini mungkin akan terdengar kontradiktif. Saat situasi ekonomi memburuk, perusahaan mulai melakukan pemutusan hubungan kerja dan orang-orang berhenti mengeluarkan uang. Bahkan pelanggan dengan track record kredit yang sehat bisa – bisa gagal membayar cicilan bulanan dan beberapa pemilik sepeda motor harus menjual sepeda motor mereka untuk membayar biaya sekolah anak dan membeli makanan. Jika Anda memiliki cukup uang tunai meskipun situasi ekonomi buruk, dan sedang sangat membutuhkan kendaraan, sebenarnya saat yang tepat untuk membeli sepeda motor bekas karena harga turun tajam adalah pada musim ini. (tingkat pengangguran)

Jika Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang sepeda motor bekas, Anda dapat menghindari penipuan oleh dealer dan penjual. Sebelum Anda mencari sepeda motor bekas, silakan cek harga motor bekas yang tepat dan wajar di MoFE dan baca artikel ini untuk persiapan!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait