MoFE Logo

Jangan Beli Motor Sport! Risiko Harga Jual Anjlok!

Jangan Beli Motor Sport Risiko Harga Jual Anjlok!

Banyak dari kita yang terpesona dengan kegagahan motor sport. Daya tariknya tidak hanya terletak pada kecepatan dan ketangguhan yang ditampilkan dalam ajang balap MotoGP, tetapi juga pada beragam faktor lain yang membuatnya begitu menarik.

Beberapa orang merasa terinspirasi oleh adrenalin dan ketegangan yang dirasakan saat melihat pembalap melewati lintasan dengan kecepatan mengagumkan, sementara yang lainnya tertarik karena kesan keren dan gagah yang melekat pada setiap desain motor sport.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran motor sport dalam dunia otomotif memberikan warna tersendiri dan menjadi sumber inspirasi bagi banyak individu. Namun, sebelum terburu-buru memutuskan untuk memiliki satu, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa faktor yang mungkin membuat Anda berpikir ulang. Kenapa? Ini lah yang akan kita bahas!

1. Harga Jual yang Merosot

Salah satu alasan utama untuk tidak beli motor sport adalah potensi penurunan harga jual di masa mendatang. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa minat terhadap motor sport tidak sebesar minat terhadap motor sehari-hari seperti Honda Beat, Yamaha Mio, dan lainnya. Akibatnya, permintaan untuk motor sport di pasar motor bekas tidak begitu tinggi, sehingga akan sulit untuk menjualnya kembali dengan harga yang menguntungkan.

Perhitungan Penyusutan Harga Motor Bekas

Ya memang sih rata-rata penurunan atau penyusutan harga motor baru adalah 10-15% tiap tahunnya. Misal kamu beli motor Rp 20 juta maka tahun depan harga motor kamu kemungkinan nilainya berkurang menjadi Rp 18 juta. Perhitungan tadi dengan catatan kalau penurunannya 10% ya!

Terus apa bedanya dengan motor yang lain, kan persentase penyusutannya sama?

Tunggu dulu, hal pertama yang perlu kalian ingat adalah harga rata-rata motor sport itu gak murah. Dengan penyusutan yang sama 10-15% otomatis jumlah penyusutan rupiahnya akan lebih besar juga. Tapi bukan hanya itu masalah utamanya!

Menurut salah satu interview di artikel kepada seorang pedagang sepeda motor, angka penyusutan 10-15% itu untuk motor-motor biasa yang gampang terjual. Untuk beberapa motor yang sulit untuk dijual penyusutannya bisa lebih dari 15% bahkan sampai 30%. Dan ingat di awal pembahasan tadi? Motor sport terbilang tipe motor yang permintaannya cukup kurang.

Yak ini penyebab dealer biasanya akan menawarkan harga jual kembali yang rendah untuk motor sport, karena sulitnya menemukan pembeli potensial. Jadi, jika Anda membeli motor sport hanya karena keinginan sesaat atau sekadar mengikuti tren, mungkin lebih baik untuk mempertimbangkan ulang pilihan Anda. Selain itu, dari segi pengeluaran, biaya perawatan motor sport juga cenderung lebih tinggi, yang dapat menambah kerugian finansial Anda saat menjualnya kembali.

2. Ada Alternatif yang Lebih Bijaksana Buat Punya Motor Sport

Namun, tentu saja, jika membeli motor sport adalah impian Anda dan Anda benar-benar menyukai dunia otomotif dan motor sport, maka hal itu adalah keputusan yang sah. Tapi bagi mereka yang hanya tertarik karena tren atau desakan sesaat, ada alternatif yang lebih bijaksana.

Salah satu solusinya adalah dengan membeli motor sport bekas.

Di pasar motor bekas, masih banyak tersedia motor sport yang dalam kondisi baik dan harganya lebih terjangkau. Bahkan ada beberapa motor sport di bawah 10 juta untuk tipe lama lho! Dengan membeli motor sport bekas, Anda dapat mengurangi potensi kerugian finansial jika suatu saat Anda memutuskan untuk menjualnya kembali. Tapi ingat! Pastikan untuk memeriksa kondisi mesin secara menyeluruh sebelum membeli, untuk memastikan bahwa motor tersebut layak untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

3. Tips Penting saat Membeli Motor Sport Bekas

Jika Anda memutuskan untuk membeli motor sport bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Jangan terjebak oleh penampilan saja

Ya memang sih, kalau beli motor apalagi bekas maunya dapet yang mulus biar terasa naik motor baru. Meskipun penampilan motor sport yang akan kalian temui mungkin menarik, pastikan untuk memeriksa kondisi mesinnya. Mesin yang baik adalah kunci dari performa motor yang baik.

Periksa kelistrikan motor

Kelistrikan yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah, Pokoknya ribet banget deh bisa harus bolak-balik bengkel. Dan perlu catatan masalah kelistrikan tak hanya jadi masalah yang menjengkelkan karena rumit tapi juga cukup merogoh kocek kamu lho! Jadi cek betul-betul semua sistem kelistrikan berfungsi dengan baik dan aman, terutama jika motor telah dimodifikasi dengan lampu-lampu variasi. Ini cukup berisiko lho!

Perhatikan kerangka motor

Ini gak kalah penting, ada beberapa pedagang sepeda motor nakal yang tidak jujur dengan kondisi motor sebenarnya. Mereka menutupi kondisi motor pernah terjatuh atau bekas kecelakaan. Melihat hal tersebut pastikan tidak ada tanda-tanda kerusakan atau bekas kecelakaan pada rangka motor. Patahan atau bekas las dapat menjadi indikasi bahwa motor pernah mengalami kerusakan serius. Jadi benar-benar periksa rangkanya ya.

Lakukan test drive

Selain untuk memeriksa kondisi motor, test drive juga memberi Anda kesempatan untuk merasakan langsung bagaimana motor tersebut dikendarai. Ini benar-benar penting, karena beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman saat mengendarai motor sport, dan Anda tidak ingin menyesal setelah membelinya. Sedih dong kalau udah beli motor sport mahal-mahal tapi gak kendarain, bukannya jadi raja jalanan malah jadi raja pajangan. Hehehehe!

Memiliki motor sport mungkin menjadi impian bagi sebagian orang, tetapi penting untuk memikirkan keputusan tersebut dengan matang. Jika Anda hanya tertarik pada motor sport karena desakan sesaat atau tren belaka, maka lebih baik untuk mempertimbangkan opsi lain atau bahkan menunda pembelian hingga Anda benar-benar yakin. Namun, jika Anda benar-benar passionate tentang dunia otomotif dan motor sport, membeli motor sport bekas bisa menjadi pilihan yang baik, dengan catatan Anda memeriksa kondisinya secara menyeluruh sebelum memutuskan untuk membeli. Ingatlah bahwa keputusan pembelian adalah hal yang serius, dan perlu dipertimbangkan dengan cermat.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait