MoFE Logo

Tips Agar Jual Motor Bekas Dapat Harga Tinggi ! lakukan ini!

Menjaga kondisi motor Anda agar bisa dijual dengan harga tingg

MoFE – Apakah Anda berencana untuk menjual motor Anda di kemudian hari ? Ingin harga jual kembali motor Anda tetap tinggi ? Ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips yang akan diulas diartikel ini. Untuk menjual motor Anda dengan harga tinggi di pasar motor bekas, Anda perlu menjaga kondisi motor Anda tetap baik. Perawatan kecil dan rutin dapat membuat selisih yang besar di harga motor bekas. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kondisi motor Anda tetap baik:

Lakukan perawatan secara rutin adalah kunci untuk harga jual motor yang baik

Saat Anda membeli motor merek Honda dan Yamaha, mereka memberikan oli gratis dan diskon untuk perawatan awal. Anda juga akan mendapatkan layanan gratis selama periode garansi jika ada masalah pada mesin, bodi, dan sistem injeksi.

Garansi dari Astra Honda Motor :

  1. GARANSI KELISTRIKAN DAN RANGKA BODY (1 TAHUN / 10.000 KM*)
  2. GARANSI MESIN (3 TAHUN / 30.000 KM)
  3. GARANSI SISTEM PGM-FI (5 TAHUN / 50.000 KM)

Meskipun telah lewat periode garansi, jika Anda mengganti oli secara teratur dan memeriksa rem dan ban sesuai dengan jadwal perawatan yang direkomendasikan oleh produsen, Anda dapat menjaga kondisi motor Anda dengan sempurna.

Simpan motor Anda di bawah atap

Menyimpan motor di tempat yang kering dan aman, terutama di dalam ruangan adalah cara terbaik untuk menjaga kondisi motor Anda tetap baik. Kelembaban, debu, dan sinar matahari dapat merusak kondisi motor. Jika Anda tidak dapat menyimpan motor di bawah atap atau di dalam ruangan, silakan tutupi dengan penutup untuk melindunginya dari debu dan elemen lainnya.

Bersihkan motor Anda secara teratur

Untuk menghilangkan debu dan kotoran, Anda perlu mencuci motor secara teratur. Jangan menggunakan mesin pencuci bertekanan tinggi yang dapat menghilangkan minyak penting pada mesin dan rantai, dan dapat membuat air masuk ke mesin dan bagian listrik.

Tips merawat motor agar memiliki harga jual kembali yang tinggi

Hindari banjir dan paparan Sinar Matahari dalam waktu yang lama

Lindungi motor dari hujan dan panas ekstrem yang dapat menyebabkan korosi dan kerusakan. Meskipun motor dirancang untuk digunakan di hujan, bukan berarti Anda bisa melintasi air yang dalam. Jika Anda melihat ada banjir, hindari rute tersebut. Panas juga dapat mempengaruhi bagian-bagian plastik dan kursi motor. Jika Anda meletakkan motor Anda di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama, warna bagian plastik akan berubah lebih cepat dari biasanya, dan kursi akan kehilangan bantalan dan kulitnya mudah rusak.

Hindari kelebihan beban

Jangan membebani motor atau membawa banyak beban melebihi kapasitas beban motor Anda. Kadang-kadang terlihat lebih dari 2 orang yang naik motor dan membawa barang yang sangat berat dengan motor. Hal ini mempengaruhi rangka motor. Dalam kasus terburuk, rangka bisa patah.

Gunakan BBM dan oli berkualitas

Motor yang dijual di Indonesia dirancang untuk menggunakan BBM premium (oktan 88). Jika Anda menggunakan BBM yang lebih rendah dari oktan 88, mesin bisa menunjukkan gangguan dan dapat merusak mesin Anda. Oli mesin juga penting untuk menjaga mesin tetap berperforma dan dalam kondisi baik. Oli asli bagus. Namun, jika Anda menganggap oli asli terlalu mahal, Anda bisa menggunakan merek lain, tapi kami merekomendasikan untuk mengganti oli mesin lebih sering.

Hindari mengendarai secara agresif jika ingin harga jual motor Anda tinggi

Ini kembali kepada gaya berkendara masing – masing. Tetapi sebaiknya hindari mengendarai secara agresif dan sering mengerem mendadak, yang dapat menimbulkan tekanan pada mesin dan rangka. Terutama akselerasi yang cepat memberikan tekanan pada mesin yang mempercepat keausan mesin. Dan ini juga buruk untuk konsumsi bahan bakar. Pengereman mendadak memberikan tekanan pada rangka dan suspensi. Dan ini memperpendek umur rangka dan suspensi.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menjaga kondisi motor Anda dalam keadaan baik dan memperpanjang umurnya. Perawatan rutin dan perawatan yang tepat juga akan membantu mempertahankan harga jual kembali motor Anda.

Jika Anda berpikir untuk menjual atau membeli motor, silakan periksa artikel-artikel ini dan periksa harga pasar di MoFE untuk membeli dan menjual motor bekas dengan harga yang adil!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait