MoFE Logo

Modus Penipuan Jual Beli Motor Bekas 2023

Hati-hati pada modus penipuan jual beli motor bekas marak terjadi baik pembeli tertipu dengan kondisi motor atau penjual tidak dapat harga yang adil. Tetapi jangan sampai tergiur karena harga yang terlalu murah, harus waspada dari penipuan. Simak tips dan langkah-langkah terhindar dari penipuan jual beli motor bekas:

Hati-Hati Penipuan Jual Beli Motor Bekas 2

Penipuan Harga yang Tidak Sesuai dengan Kenyataan

Modus penipuan jual beli motor ini ketika hanya satu yang dominan saat negosiasi antara hanya pembeli atau penjualnya saja. Terjadi ketika salah satu pihak tidak berpengalaman dan tidak percaya diri saat melakukan tawar menawar. Bisa jadi pembeli terhipnotis sehingga hanya mengikuti arahan penjual dan tidak sadar harga motor yang terlalu mahal dan tidak sesuai dengan harga pasarannya.

Penjual pun juga bisa menjadi korban dengan tidak percaya diri dan tidak mengetahui harga pasaran motornya. Ingat agar adil, penjual dan pembeli harus transparan dengan negosiasi harga motor dan keadaan masing-masing. Lebih lengkapnya bisa baca artikel terkait negosiasi harga motor bekas.

Hati-Hati Penipuan Jual Beli Motor Bekas 3

Penipuan Jual Beli Dealer Showroom yang Tidak Jujur

Terkadang ada dealer yang sudah membujuk pembeli bahwa motornya harga terjangkau dengan kondisi yang baik. Tetapi ada saja yang dealer tidak jujur dengan tidak menunjukan semuanya pada pembeli. Sehingga pembeli merasa kecewa dengan harga yang tidak sesuai juga kondisi yang tidak sempurna.

Ketidakjujuran dari dealer bisa beragam dari menyamarkan kecacatan motor, dokumen yang dipalsukan, hingga promosi yang sangat memaksa. Bagi pembeli pemula yang tidak berpengalaman, hal ini sangat menakutkan dan akan jadi pengalaman buruk untuk jual beli motor bekas. Kunci untuk mengatasinya adalah sabar dan terus mencari dealer yang memiliki reputasi yang baik dan terus menambah wawasan terkait motor bekas. Selengkapnya terkait ciri-ciri dealer yang curang bisa baca artikel berikut ini:

Hati-Hati Penipuan Jual Beli Motor Bekas 4

Penipuan Membawa Kabur Motor Untuk Test Drive

Modus ini kerap dilakukan dan dikategorikan sebagai mencuri, dimana pembeli izin ke penjual untuk test drive motor alih-alih balik ke penjual tetapi malah kabur. Memang penting dalam mencari motor bekas harus mengetahui kondisi motor. Tetapi sebagai penjual harus memiliki kesadaran tinggi agar terhindar dari ini.

Tidak ada cara jitu yang bisa terhindar dari musibah ini, hanya harus lebih pintar daripada pelakunya. Bisa saat mau test drive penjual menentukan tempat pertemuan dan tempat test drive yang mudah pengawasannya. Cara lainnya bisa saat test drive, penjual dan pembeli mengendarainya bersama untuk menjamin tidak dibawa kabur oleh pelaku.

Test drive juga harus sopan, saat dibawa untuk test drive membawa motornya jangan sampai merusak motornya cukup dengan melihat performa gas dan rem, kemampuan menanjak, dan handling saat jalanan berkelok. Sehingga mendapatkan kesimpulan kondisi motornya, juga diakhiri dengan terima kasih setelah membawa motornya ke jalanan.

Hati-Hati Penipuan Jual Beli Motor Bekas 5

Modus Penipuan Surat-Surat Kendaraan Tidak Lengkap

Surat kendaraan seperti BPKB, dan STNK harus dipastikan lengkap. Selain lengkap harus verifikasi data, apakah sesuai dengan kenyataan. Dari nama pemilik BPKB bisa diketahui apakah motor itu baru di tangan pertama atau sudah pernah diperjualbelikan. Pemalsuan surat-surat kendaraan juga kerap terjadi agar motor segera terjual dan cepat cairkan duit.

Bisa juga periksa nomor rangka dan mesin untuk konfirmasi isi-isi surat kendaraan. Hal ini penting, buat terhindar dari masalah hukum kepemilikan, juga keaslian jual beli motor bekas bahwa motor tersebut bukan hasil pencurian atau penipuan. Juga apabila dibawa oleh kamu wajib membawa STNK selama di jalan, karena sudah diatur di UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) bisa terkena sanksi dan denda lainnya.

Penipuan Jual Beli Motor Bekas 6

Modus Penipuan Pembayaran Fiktif

Modus Penipuan ini saat pembeli dan penjual sudah setuju untuk motornya tetapi saat pembayaran dipalsukan. Kerap terjadi apabila tidak memeriksanya dengan seksama sehingga saat bayar pelaku sudah pergi dan tidak bisa di kontak. Selain itu, identitas pelaku juga kemungkinan palsu sehingga tidak bisa diketahui siapa pelaku tersebut.

Perlu perhatian yang lebih ketika mau jual beli motor, jangan sampai tergiur dengan harga yang tinggi. Pembayaran bisa dilakukan di semacam rekening bersama atau dengan pihak ketiga bisa berupa orang, instansi, dan marketplace yang terverifikasi.

Cara Terhindar Modus Penipuan Jual Beli Motor

Kunci terhindar dari modus penipuan jual beli motor bekas adalah harus selalu update dengan berita kini. Lebih lengkapnya apabila terjadi modus penipuan jual beli motor bekas bisa lapor berbagai macam tindakan pidana ke polisi dengan Call Center 110 dan juga perlindungan konsumen Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN RI).

Selagi perlu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan terkait jual beli motor bekas. Bisa simak artikel lainnya terkait cara yang baik dan benar dalam jual beli motor bekas.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait