MoFE Logo

Hati hati membeli motor bekas, Ini taktik dealer curang

Kenali taktik curang dealer motor bekas

MoFE – Membeli motor bekas tidaklah mudah. Apalagi jika kita sangat awam terutama tentang mesin motor. Sayangnya, ada beberapa dealer motor bekas curang yang memberikan pelayanan kurang baik, yang mencoba untuk menipu pembeli. Meskipun mungkin saat ini sudah jarang dealer yang bermain curang, tetapi alangkah lebih baiknya jika kita tetap waspada. Jika Anda mengetahui trik mereka, Anda dapat menghindari penipuan dan menemukan motor bekas yang baik di pasaran. Berikut adalah 4 taktik utama yang sering digunakan oleh dealer motor bekas yang memiliki pelayanan kurang baik, untuk menarik pembeli:

Menyembunyikan atau menyamarkan cacat

Beberapa dealer mungkin mencoba untuk menyembunyikan atau menyamarkan cacat atau masalah pada motor, seperti masalah mekanik, kerusakan akibat kecelakaan, atau masalah lainnya. Mereka tidak menyampaikan kondisi motor apa adanya. Kalau kita tidak aktif bertanya, mereka tidak akan memberikan keterangan lebih. Bagaimana mereka melakukannya?

Menutupi cacat pada bagian eksterior

Dealer dapat mencoba untuk menutupi cacat dengan lapisan cat baru, stiker, atau decal. Mereka juga dapat menggunakan lilin atau dempul untuk menyembunyikan goresan atau lecet.

Menghilangkan bukti kerusakan

Dealer dapat menghapus atau mengganti bagian yang menunjukkan tanda-tanda kerusakan atau keausan, seperti ujung handlebar atau pijakan kaki, untuk menyembunyikan tingkat kerusakan.

Menyembunyikan cacat saat test ride

Terkadang dealer dapat membatasi pembeli untuk mencoba motor untuk test ride secara memadai, mereka membatasi durasi test ride untuk mencegah pembeli melihat cacat yang mungkin hanya muncul setelah penggunaan yang lama.

Taktik dealer curang

Menyajikan kondisi motor yang tidak sesuai 

Beberapa dealer mungkin menyajikan kondisi motor yang tidak sesuai, misalnya mengklaim bahwa motor memiliki jarak tempuh rendah padahal sebenarnya sudah memiliki jarak tempuh tinggi, atau mengklaim bahwa motor dalam kondisi sangat baik padahal sebenarnya memiliki kerusakan yang signifikan.

Dokumen palsu

Beberapa dealer mungkin mengubah dokumen untuk membuat motor terlihat memiliki riwayat yang lebih baik daripada kenyataannya. Misalnya, mereka dapat mengubah angka jarak tempuh atau menyembunyikan kecelakaan atau perbaikan sebelumnya.

Deskripsi kondisi yang tidak sesuai

Dealer dapat menggunakan istilah seperti “kondisi sangat baik” atau “seperti baru” untuk menggambarkan motor yang sebenarnya dalam kondisi buruk. Mereka juga bisa mengatakan bahwa suatu masalah bukan masalah besar, padahal sebenarnya ada cacat yang ditemukan.

Menggunakan taktik penjualan yang terlalu menekan

Beberapa dealer motor bekas yang buruk menggunakan taktik penjualan terlalu menekan untuk mempengaruhi pembeli dengan menciptakan rasa mendesak atau kelangkaan, seperti mengatakan bahwa:

  • Ada pembeli lain yang tertarik pada motor yang sama.
  • Promosi atau diskon dengan batasan waktu tertentu.
  • Ini adalah yang terakhir atau sulit menemukan motor dalam kondisi baik seperti ini di toko lain.

Memalsukan kilometer

Memalsukan kilometer, juga dikenal sebagai “clocking,” adalah praktik ilegal yang mungkin digunakan oleh beberapa dealer motor bekas untuk menipu pembeli. Berikut adalah beberapa cara yang mereka mungkin lakukan:

  • Mengurangi angka kilometer di odometer: Ini adalah ketika dealer secara fisik mengubah angka kilometer yang terlihat di odometer untuk membuat motor terlihat memiliki jarak tempuh lebih sedikit daripada sebenarnya.
  • Memutuskan sambungan odometer: Dalam beberapa kasus, pemilik sebelumnya mungkin hanya memutuskan hubungan odometer secara keseluruhan. Hal ini bisa terjadi dari pemilik sebelumnya dan bukan dari dealer.
  • Menggunakan odometer pengganti: Jika odometer asli rusak atau mengalami kerusakan, dealer dapat menggantinya dengan yang baru yang menunjukkan jumlah kilometer yang lebih sedikit daripada yang sebenarnya telah ditempuh oleh motor.
  • Melambatkan kinerja odometer: Ada perangkat yang dapat digunakan untuk melambatkan kinerja odometer. Misalnya, dengan perangkat ini, dealer atau pemilik sebelumnya dapat memotong jumlah kilometer menjadi kurang dari separuh dari sebenarnya.
Beli motor bekas, Kenali taktik curang dealer motor

Penting untuk menyadari taktik-taktik ini dan mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri Anda saat membeli motor bekas. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memeriksa buku servis yang disediakan oleh Honda atau Yamaha. Dan Anda harus melakukan uji coba berkendara untuk mengetahui adanya cacat pada rangka dan mesin. Jangan ragu untuk bertanya jika ada hal yang belum jelas. Membeli motor adalah salah satu pembelian yang paling penting yang juga merupakan aset Anda.

Untuk informasi tambahan tentang membeli motor bekas, Anda bisa membaca artikel-artikel ini.

Dan untuk menghindari tertipu oleh dealer motor bekas, Anda juga perlu tahu harga pasar. Anda dapat memeriksa harga pasar di sini, MoFE.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait