MoFE Logo

Harus Nego Jual Beli Motor Bekas Agar Harga Bersahabat

Nego jual beli motor bekas bukanlah tugas yang mudah. Harga yang salah bisa berarti rugi atau kemahalan, bagi penjual maupun pembeli.

Harus pastikan bahwa motor yang akan dijual kepada seseorang yang akan merawatnya dengan baik, dan tentu saja, dengan harga yang adil. 

Kalau beli motor bekas juga jangan sampai bayar motor harganya yang lebih mahal dari pasarannya. Karena sudah pasti rugi dan lebih baik dipakai sisa duitnya untuk hal lainnya.

Makanya kita harus bisa Nego jual beli motor bekas biar harga masih turun dan sisa duitnya bisa dipakai untuk hal lain. 

Tetapi sebelum nego harus tahu dan siapkan data agar tidak salah nego dan penjual malah tidak mau jual. Nego motor bekas harus berdasarkan harga pasaran motor bekas yah.

Oleh karena itu, harus memulai menjalani proses penting ini dengan seksama: cek harga motor bekas.

Nego harga cek motor

Sebelum Nego Jual Beli Harus Cek Harga Motor Bekas Karena Ini:

  1. Kesepakatan yang Adil: Penjual ingin mendapatkan harga yang wajar dan pantas, sementara pembeli menginginkan nilai yang sesuai dengan uang yang mereka keluarkan. Melakukan penilaian yang teliti akan membantu mewujudkan kedua keinginan tersebut.
  2. Transparansi: Dengan mengetahui harga pasar motor bekas, Anda akan dapat bertransaksi dengan lebih percaya diri. Ini juga membantu mencegah konflik atau perasaan tidak puas di antara kedua pihak.
  3. Menghindari Penipuan: Dunia jual-beli motor bekas, ada beberapa orang yang tidak jujur. Dengan pengetahuan tentang harga, Anda dapat menghindari penipuan dan menjaga keamanan transaksi Anda.
  4. Menentukan Harga Jual yang Kompetitif: Jika Anda seorang penjual, mengetahui harga motor bekas saat ini akan membantu Anda menentukan harga jual yang kompetitif dan menarik pembeli yang lebih banyak.
  5. Menghemat Waktu: Mengecek harga motor bekas sebelumnya dapat menghemat waktu Anda. Anda tidak akan menghabiskan waktu berunding dengan pembeli yang tidak berpotensi.

Cek Artikel Kami yang Membahas Daftar Harga-Harga Motor Bekas 2023

Siapkan Mental dan Ikuti Kiat-Kiat Nego Jual Beli Motor Bekas

Mengetahui harga pasaran motor bekas membuat kamu lebih untung karena sudah mengetahui pasaran.

Nego jual beli ramah

Tetap Ramah Kepada Penjualnya

Sikap saat nego jual beli motor harus sopan dan ramah dengan penjual. Pembeli motor bekas pasti juga akan bernegosiasi untuk mendapatkan harga yang pas.
Jadi, sikap yang ramah dan hormat dapat membantu membangun kepercayaan dan membuat proses negosiasi lebih menyenangkan. Jika penjual memandang Kamu sebagai teman, ia dapat memberikan simpati dan mungkin memberikan diskon karena ikatan emosional tersebut.

Nego motor tanya-tanya

Jangan Ragu untuk Menanyakan Harga Motor Bekas

Saat nego jual beli motor bisa tanyakanlah pertanyaan kepada penjual tentang sepeda motor, seperti riwayatnya, catatan perawatan, dan masalah yang mungkin ada.
Ada beberapa penjual yang mencoba menyembunyikan kondisi yang menurunkan nilai sepeda motor. Kamu perlu mengetahui semua detail yang dapat mempengaruhi motor Kamu dan harganya juga.

Nego jual beli motor

Tawarkan Harga Awal “Bisa Nego Tipis?”

Nego jual beli bisa langsung dengan harga awal yang lebih rendah dari harga yang ditawarkan penjual, tetapi masih dalam kisaran yang Anda anggap masih dalam rentang harga yang fair. 

Bisa kamu terapkan tanya ke penjual “Bisa nego tipis?” apabila penjual menjawab iya maka harga motor bisa nego dengan harga yang tidak jauh dari harga awal. 

Jika Kamu sudah melakukan riset pasar dan mengetahui harga pasar, berdasarkan informasi dari pertanyaan, Kamu dapat membuat tawaran awal. 

Namun, jangan membuat tawaran awal terlalu rendah. Ini bisa merusak kepercayaan antara penjual dan pembeli dan membuat penjual enggan melanjutkan negosiasi.

Percaya diri dan kompromi

Jual Beli Motor Harus Percaya Diri dan Siap Berkompromi

Ketika bernegosiasi, jadilah percaya diri dan tegas, tetapi juga fleksibel dan terbuka. Penting untuk menemukan keseimbangan antara bersikap tegas dan fleksibel. 

Pasar sepeda motor bekas sangat luas. Jika nego harga tidak berjalan dengan baik, masih banyak motor bekas lainnya. Jangan terburu-buru dan jangan ragu ke penjual lainnya.

Berkompromi dan bertemu di harga yang pas dengan penjual. Kamu mungkin tidak mendapatkan semua yang Kamu inginkan, tetapi harus legowo dan dapat adil dalam pembuatan kesepakatan. 

Dengan ikuti tips ini maka kamu sudah bisa nego harga motor bekas kamu sampai pas dan adil. Biar pembeli tidak rugi belinya juga penjual tidak merasa dicurangi juga. 

Cara gampang lainnya untuk tahu harga motor yang tepat adalah dengan cek di MoFE saja! Karena di MoFE memiliki sistem estimasi harga yang akurat berdasarkan data transaksi jual beli motor bekas.

Tidak hanya itu, di MoFE bisa menebak akurat harga pasaran motor bekasnya berdasarkan kondisi, tahun, merk motor dan daerahnya. Tunggu apalagi langsung saja ke mofe.co.id 

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait