MoFE Logo

Contoh Surat Jual Beli Motor Terbaru 2023: Download Disini!

Surat jual beli motor harus dibiasakan surat jual beli motor. Bukan hanya sekadar dokumen formal, tetapi juga menjadi bukti sah tentang kepemilikan dan transaksi jual beli motor. Dibuat karena ada kesepakatan dari pembeli dan penjual. Tujuannya adalah mengikat dua pihak agar terikat dalam perjanjian, juga ada hak dan kewajiban yang didapatkan dari hasil jual beli nya.

Surat jual beli motor

Perlu diperhatikan surat jual beli motor berfungsi juga sebagai tanda hak pemilik yang sah di mata hukum. Sehingga ada perlindungan hukum, karena ada syarat sah perjanjian yang harus dipenuhi berdasarkan Pasal 1320 KUH Perdata sampai dengan pasal 1337 KUH Perdata. Sehingga syarat terpenuhi bisa pindah nama di Samsat terdekat berdasarkan pasal 65 UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Jalan Raya

Surat jual beli tanda tangan

Bisa Perhatikan Cara dan Syarat Balik Nama STNK 2023 di Artikel Kami (H3)

Cara, Syarat, Biaya Balik Nama STNK Motor Bekas 2023

Singkatnya, ketika beli motor bekas harus mengganti kepemilikannya. Ini berguna saat pengajuan balik nama dimana membutuhkan identitas pemilik baru dan surat jual beli motornya. Dengan ini, dapat mengajukan STNK baru dan juga BPKB baru. Tempat pengurusannya untuk STNK bisa di Samsat sedangkan BPKB di Polda terdekat. 

Surat harus di lakukan seperti dokumen resmi. Juga karena di tanda tangan diatas materai, juga membentuk kesepakatan antara dua pihak. Jadi diharapkan surat ini disimpan dengan baik dan tidak sembarangan dibawa. Dalam kesepakatan ini bisa juga sertakan saksi jual beli masing-masing 1 dari pihak pembeli dan penjual. 

Di dalam surat jual beli ada banyak hal yang harus disertakan dalam kesepakatan antara pembeli dan penjual. Berikut adalah beberapa poin penting isi surat.

Hal yang Penting di Surat Jual Beli Motor

Cek Identitas Penjual dan Pembeli

Pastikan Anda melakukan verifikasi identitas penjual dan pembeli dengan cermat. Periksa KTP dan dokumen identitas lainnya untuk memastikan keabsahan dan keamanan transaksi.

Periksa Kondisi Motor

Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi motor sebelum memutuskan untuk membeli. Periksa mesin, cat, bodi, dan komponen lainnya untuk memastikan bahwa motor berada dalam kondisi yang baik.

Dokumen Kendaraan

 Pastikan motor memiliki dokumen lengkap seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor). Periksa tanggal dan nama di dokumen untuk memastikan kesesuaian dengan identitas penjual.

Buat Surat Perjanjian

Selalu buat surat perjanjian yang mencantumkan rincian transaksi, harga, kondisi motor, serta identitas penjual dan pembeli. Surat ini akan menjadi referensi jika terjadi perselisihan di masa depan.

Bukti Pembayaran

Simpan bukti pembayaran yang jelas dan sah sebagai konfirmasi bahwa transaksi telah dilakukan.

Contoh Surat Jual Beli Motor Terbaru 2023

Berikut adalah contoh surat jual beli dari MoFE, dimana terdapat contoh yang panjang dan pendek. Tapi dua contoh adalah surat yang resmi dan dilindungi hukum apabila sudah diisi. Semoga transaksi tetap selalu aman dan nyaman buat penjual dan pembeli motor bekas selanjutnya!

Contoh-Surat-Jual-Beli-Motor

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait