MoFE Logo

Cek List Beli Motor Bekas Seperti Baru di 2023

Beli motor bekas adalah pilihan kalau ingin hemat. Beli motor bekas bisa menghemat lebih dari lebih dari 40%, karena harga motor baru pasti harganya turun setelah ada di beli. Lagipula motor baru bayarnya pakai kredit motor yang banyak pemotor rela hutang untuk bayar cicilannya. 

Beli motor bekas murah tantangannya adalah pilih yang berkualitas. Tetapi sebenarnya banyak motor bekas seperti baru. Jual motor bekas sudah banyak tersedia di internet sudah serba online. Anda mengambil keputusan, penting untuk memiliki panduan cek list yang tepat agar Anda mendapatkan motor bekas seperti baru. Kami akan memberikan panduan cek list lengkap untuk membeli motor matik bekas yang berkualitas.

Cek List Beli Motor

Cek List Beli Motor Bekas Seperti Baru

Singkatnya bisa pakai ceklis untuk beli motor bekas seperti baru. Gunanya ada ceklis ini mempermudah pilih motor bekas yang berkualitas. Ceklis adalah pendekatan yang baik untuk mulai pilih motor bekas tanpa takut salah dan rugi nanti pas kalau jadi beli motor bekasnya.

Seperti ceklis, biasanya harus melengkapi semua kebutuhan dari poin 1 dan seterusnya. Apabila pada suatu poin dan kondisi motor sesuai, maka dapat poin plus pada motor bekasnya dan berlaku sebaliknya. Sebaiknya semakin banyak poin atau yang sesuai maka motor bekas itu adalah motor bekas berkualitas. Dibawah ini terbagi 2 ceklis motor bekas untuk motor matic dan motor manual berupa PDF. 

https://bit.ly/CeklistMotorMatic

https://bit.ly/CeklistMotorKopling

Cek List Pilih Motor

Cek List Sebelum Beli Motor Bekas

Pemeriksaan motor bekas ini bisa dilakukan sebelum ketemu dengan penjual atau tidak langsung. Awal adalah hal yang terpenting agar cepat mendapatkan motor bekas seperti baru atau cepat tidak melanjuti motor yang tadinya kita inginkan. 

1. Pilih Model Motor dan Mereknya

Langkah pertama, pilih merek model motor yang sesuai dengan Kamu. Perhatikan beberapa hal untuk beli motor bekas seperti ukuran, performa, dan gaya berkendara Kamu. 

2. Riwayat Servis Motor

Periksa riwayat servis motor bekasnya. Mintalah catatan servis yang telah dilakukan pada motor tersebut. Riwayat servis yang baik menunjukkan motor tersebut telah dirawat dengan baik dan dapat memberikan performa yang lebih baik dalam jangka panjang.

Baca lebih lengkapnya tentang perawatan dan servis motor Kamu di artikel ini.

3. Pastikan Surat-Surat Lengkap

Periksa surat-surat pada penjual dan pastikan sesuai dengan yang motor bekasnya. Apabila tidak lengkap harus waspada dan hati-hati kalau ingin beli motor bekas. Juga pastikan dan verifikasi nomor rangka dan mesin pada motor. Cukup hati-hati bisa jadi indikasi curian atau motor kredit macet kalau tidak terpenuhi. Bisa periksa lebih lengkapnya tentang surat-surat motor pada artikel dibawah ini. 

Cek List Cek Fisik

Cek List Pemeriksaan Langsung Motor Bekas

Pemeriksaan langsung dilakukan saat sedang bersama dengan motor. Pemeriksaan ini berupa fisik menggunakan ceklis pemeriksaan. 

1. Cek Fisik Motor

Lakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Periksa apakah ada kerusakan atau tanda-tanda perbaikan yang mencurigakan. Juga, pastikan bodi motor tidak mengalami kerusakan serius.

Baca lebih dalamnya apa yang harus diperhatikan saat mencari motor bekas berkualitas di artikel ini.

2. Periksa Kondisi Mesin dan Oli

Periksa kondisi mesin dan oli. Pastikan tidak ada kebocoran oli atau tanda-tanda kerusakan pada bagian mesin. Bisa coba jalankan mesin dan seharusnya tidak ada asap yang keluar apabila mesin masih bagus. 

3. Kondisi Ban dan Suspensi

Periksa kondisi ban dan suspensi. Periksa alur ban apabila aus hingga kondisi suspensinya. Pastikan juga tidak ada retakan atau kerusakan pada ban. Penting apabila ada kerusakan kemungkinan harus di servis setelah transaksi.

4. Sistem Rem dan Kopling

Pastikan tuas rem dan kopling berfungsi dengan baik. Cek rem dan kopling (motor manual) pada berbagai kondisi. Penting tuas-tuas harus responsif dan tidak ada yang aneh agar tidak ada masalah yang muncul di masa depannya.

Cek List Test Drive

Cek List Pemeriksaan Test Drive Motor Bekas

Selalu lakukan tes jalan sebelum membeli motor bekas. Cobalah motor dalam berbagai kondisi jalan untuk menguji performa, kenyamanan, dan responnya.

1. Pastikan Semua Bekerja

Ceklist yang perlu diperhatikan adalah respon rem depan dan belakang, tarikan, kopling, dan suara saat di jalan. Hal ini agar mengetahui responnya saat di jalanan karena harus merasakan apakah semua itu bekerja dengan baik atau tidak. 

Kalau Kamu penjual motor harus waspada dari modus pencurian test drive motor. Lebih lengkapnya di artikel ini. 

2. Dengar dan Rasakan Motornya

Selain pastikan semua bekerja, harus tahu kondisi motor saat di jalanan. Bagaimana tarikannya dan keseimbangan saat kecepatan tinggi, rendah dan saat di tikungan. 

Beli motor bekas seperti baru perlu perhatian yang ekstra. Dengan menggunakan ceklis ini, Kamu dapat menghindari motor bekas yang tidak layak atau motor bekas yang Kamu tidak inginkan. Kamu berhak mendapatkan motor bekas seperti baru yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan Kamu!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait