MoFE Logo

Cara Cuci Motor Biar Harga Jual Motor Bekas Tinggi

Siap-siap masuk musim hujan di Indonesia 2023 ini, harus banyak persiapan untuk merawat motor kamu. Salah satu cara dengan cuci motor kamu dengan baik dan benar.

Cuci motor kamu adalah cara untuk terus memperhatikan tampilan motor kamu. Fungsinya juga untuk memeriksa lebih dekat detail pada motor yang tidak terlihat sekilas.

Perpindahan musim kering ke musim hujan ini, membuat di jalanan berdebu sekaligus basah. Membuat bodi motor cepat kotor dan kotorannya juga akan menempel di mesin dan dalam motor. 

Maka kamu harus rajin cuci motor kamu, selain menjaga tampilan motor kamu. Juga bisa jaga harga motor kamu tidak jatuh, karena motor yang bersih lebih dipandang saat jual beli motor bekas. 

Pentingnya Rajin Cuci Motor untuk Jaga Harga Motor Tidak Jatuh

Menurut Ade Rohman dari PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, di musim hujan ini, motor sering kali lebih kotor karena cipratan air hujan. Sehingga, kotoran juga dapat menempel pada bagian-bagian tertentu.

Apabila ada niat jual motor bekas maka harus rajin merawat motor kamu terutama cuci motor. Karena jadi kunci untuk menjaga harga bekasnya hingga tidak jatuh. 

Rajin cuci selain menjaga tampilannya, juga merawat mesin hingga suspensi dan membuatnya anti karatan. Karena kotoran yang menumpuk akan merusak dan bisa nimbulin karat. 

Juga rajin membersihkan bodi akan membuat cat pada motor akan terus mengkilap dan tidak akan kusam.

Perhatikan langkah-langkah ini agar kamu tahu cara cuci motor kamu dengan baik dan benar agar selalu terawat pula juga menjaga nilai jual motor tetap tinggi!

Cuci motor siapkan alat

1. Cuci Motor Dengan Alat dan Bahan yang Benar

Penting gunakan sabun cuci motor yang benar bukan sabun lainnya. Dikarenakan sabunnya sudah sesuai dengan bodi motor agar tidak merusak motor bagian dalamnya juga.

Cara cuci motor yang baik ialah siapkan 2 ember satu untuk sabun cuci motor dan satu lagi untuk air bersih untuk memeras bekas sabun. 

Lap yang digunakan harus yang chamois atau microfiber. Pakai ini agar tidak membuat lecet pada cat bodi dan mesin motor. 

Siapkan ini sebelum cuci motor:

  1. Busa/lap
  2. Lap kering dan bersih
  3. Sabun cuci motor
  4. Ember
  5. Air Bersih
Cuci motor di tempat teduh

2. Cuci Motor di Tempat yang Teduh atau Pagi dan Sore Hari

Fungsinya saat membilas dan mencuci motor tidak cepat kering. Apabila terkena terik matahari langsung membuat sabun mengering ke bodi motor dan debu sekitar cepat menempel.

Bisa lakukan juga pada pagi atau sore hari karena sinar matahari tidak terlalu terik dan tidak cepat membuat air dan sabun kering.

Cuci motor bilas

3. Bilas dengan Air Seluruh Bodi Motor

Awali cara cuci motor dengan bilas dengan air fungsinya untuk melonggarkan dan mencuci kotoran yang besar. Juga mempermudah penggunaan sabun cuci motor nantinya.

Pastikan tekanan air yang digunakan rendah dikarenakan tekanan tinggi bisa merusak cat dan mesin motor.

Cara cuci motor

4. Perhatikan Bagian Dalam Motor Juga

Cara cuci motor menggunakan sabun cuci motor harus juga perhatikan bagian dalam motor. Selain luar nya juga bagian dalam.

Apabila kotoran membandel harus sesuaikan tenaga agar tidak membuat lecet dan baret motornya.

Cuci motor dari atas ke bawah

5. Biasakan Cuci dari Atas ke Bawah Motor

Cara cuci motor utamakan bagian atas dahulu agar kotoran dan sabun jatuh dan kita bisa bersihkannya ke bagian bawah motor.

Apabila cuci dari bawah, saat cuci bagian atas kotoran dan sabun jatuh lagi kebawah dan bisa buat kotor lagi bagian kita yang sudah di cuci dan bilas.

Cara cuci motor

6. Jangan Sembarangan Taruh Lap

Taruh lap jangan sembarangan karena kalau taruh di tanah akan menyerap kotoran tanah. Membuat lap menjadi kotor dan mencuci motor malah tidak sukses.

Bisa ditaruh di tempat yang bersih atau di cantolkan di bagian ember agar tidak langsung kena tanah dan terendam air cuci motor kelamaan.

Lap motor setelah cuci

7. Bilas dan Lap Sisa Air pada Motor dengan Lap Bersih

Pakai kain chamois atau microfiber kering dan usap bagian motor yang masih ada air. Bertujuan membuat motor kering dan tidak ada bekas air saat motor kering. 

Kelamaan ada air dan menjadi kering tidak di lap bisa membuatkan bercak air pada motor.

Starter motor setelah cuci

8. Nyalakan Motor Kamu Setelah Selesai Cuci Motor

Starter motor kamu, fungsinya untuk mengeluarkan air dari knalpot atau bagian dalam motor yang tidak sengaja masuk saat cuci dan bilas motor.

Pastikan starter motor tidak perlu di gas berlebihan karena hanya cukup dinyalakan saja air sudah bisa keluar dari motor. 

Pentingnya Cuci Motor buat Kamu dan Motor Kamu

Rajin cuci motor akan membuat motor kamu awet secara tampilan juga performa. Dikarenakan juga membersihkan kotoran pada bagian mesin bagian penting lainnya. 

Karena awet dan bersih justru membuat harga motor tetap tinggi. Ini penting sekali kalau ada minatan untuk jual motor bekas dan akan cepat dilirik.

Cara Lain untuk Menjaga Harga Motor kamu adalah Rajin Servis, Baca Artikel ini terkait Cara dan Kapan Harus Servis Motor. 

Hal lainnya adalah kamu bisa lebih mengenal dan mengetahui seluk beluk motor kamu lebih baik. Dengan sambil mencuci bisa lihat lebih dekat bagian-bagian motor mana yang perlu diganti atau aus. 

Motor bekas berkualitas mulai dari bersih dan terawat dari motornya. Apabila kamu sedang mencari motor bekas berkualitas bisa langsung ke MoFE saja!

Dengan mofe.co.id, bisa cari berbagai pilihan motor bekas berkualitas dengan kondisi yang baik dari mitra resmi kami yaitu “MoFE Verified Seller” yaitu sudah dijamin kondisi motor pasti baik tidak bodong. 

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait