MoFE Logo

15 Benda ini Tidak Boleh Disimpan di Bagasi Motor

15 Benda ini Tidak Boleh Disimpan di Bagasi Motor! Apa saja?

Bagasi motor adalah bagian penting dari kendaraan bermotor, memberikan ruang tambahan untuk menyimpan barang-barang penting. Namun, ada beberapa benda yang sebaiknya tidak disimpan di bagasi motor karena alasan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan. Dalam artikel ini, kita akan membahas 15 benda yang tidak boleh disimpan di bagasi motor, dan alasannya.

1. Gasolin atau Bahan Bakar Tambahan

Menyimpan gasolin atau bahan bakar tambahan di bagasi motor dapat menjadi risiko kebakaran yang serius. Panas yang dihasilkan oleh mesin dapat mengakibatkan penguapan atau tumpahan bahan bakar, meningkatkan potensi bahaya api.

2. Baterai Cadangan atau Power Bank

Benda-benda elektronik seperti baterai cadangan atau power bank sebaiknya tidak disimpan di bagasi motor. Suhu ekstrem, terutama panas berlebih, dapat merusak baterai dan menyebabkan kebakaran atau kerusakan yang serius.

3. Botol atau Kaleng Bersoda

Benda-benda yang dapat meledak, seperti botol atau kaleng bersoda, sebaiknya tidak disimpan di bagasi motor. Suhu tinggi dapat meningkatkan tekanan di dalam kemasan tersebut, meningkatkan risiko kebocoran atau bahkan ledakan.

4. Barang Berharga

Barang berharga seperti perhiasan, uang tunai, atau dokumen penting sebaiknya tidak ditinggalkan di bagasi motor. Risiko pencurian meningkat, terutama jika bagasi motor tidak terkunci dengan baik.

5. Makanan Mudah Rusak

Makanan yang mudah rusak atau cepat basi sebaiknya tidak disimpan di bagasi motor. Suhu ekstrem, baik panas maupun dingin, dapat merusak kualitas makanan dan meningkatkan risiko keracunan makanan.

6. Obat-obatan

Obat-obatan yang perlu disimpan pada suhu tertentu sebaiknya tidak diletakkan di bagasi motor. Suhu yang fluktuatif dapat mengurangi efektivitas obat atau bahkan membuatnya menjadi tidak aman untuk dikonsumsi.

7. Barang Berbau Tajam atau Beracun

Barang dengan bau tajam atau beracun, sebaiknya tidak disimpan di bawah jok karena terkadang aroma yang ditinggalkan akan sulit untuk dihilangkan. Mungkin sebagian barang berbau tajam tidak berbahaya, namun bisa berakibat membawa bau tak sedap pada barang yang disimpan selanjutnya di bawah jok. Intinya bahan-bahan ini dapat merusak barang-barang lain atau bahkan membahayakan kesehatan pengendara.

8. Barang Pecah Belah

Barang pecah belah, seperti kaca atau keramik, sebaiknya dihindari di bagasi motor. Getaran dan goncangan selama perjalanan dapat merusak barang-barang tersebut dan meningkatkan risiko kecelakaan.

9. Barang Elektronik Tanpa Pelindung

Barang elektronik tanpa pelindung, seperti laptop atau kamera, sebaiknya tidak disimpan di bagasi motor tanpa penahan kejutan atau pelindung. Goncangan selama perjalanan dapat merusak komponen internal dan menyebabkan kerusakan permanen.

10. Pakaian atau Kain

Pakaian yang disimpan di bawah jok berisiko terkena jamur yang bisa merusak tampilan kain. Biasanya pakaian yang terkena jamur memiliki semacam bintik-bintik coklat kehitaman yang bisa dikarenakan kelembaban. Jok motor yang jarang dibersihkan apalagi sehabis menyimpan benda yang basah berisiko membuat bagasi jadi lembab. Inilah yang menyebabkan risiko jamur pada kain.

11. Senjata atau Alat Tumpul Berbahaya

Senjata atau alat tumpul berbahaya, seperti golok, parang, atau alat pemukul, sebaiknya tidak disimpan di bagasi motor. Selain bisa digunakan untuk tindakan kriminal, benda-benda ini dapat menjadi potensi risiko kecelakaan serius jika terlepas atau terjatuh.

12. Hewan Peliharaan

Menyimpan hewan peliharaan di bagasi motor bukanlah pilihan yang aman atau nyaman. Suhu ekstrem di dalam bagasi dapat merugikan kesejahteraan hewan, sementara getaran dan kebisingan mesin dapat menciptakan lingkungan yang stres bagi mereka.

13. Peralatan Memasak

Peralatan memasak, seperti tabung gas atau kompor portabel, sebaiknya tidak disimpan di bagasi motor. Potensi kebocoran gas dapat menciptakan risiko kebakaran yang serius dan membahayakan pengendara serta penumpang lainnya.

14. Barang Larangan atau Ilegal

Barang-barang yang dilarang atau ilegal, seperti narkotika, senjata ilegal, atau barang kontraband lainnya, harus dihindari sepenuhnya. Menyimpan barang-barang ini di bagasi motor dapat mengakibatkan konsekuensi hukum serius.

15. Benda yang Mudah Teroksidasi

Benda-benda yang mudah teroksidasi, seperti logam besi atau baja yang tidak dilapisi anti-karat, sebaiknya tidak disimpan di bagasi motor tanpa perlindungan tambahan. Kelembaban dan cuaca ekstrem dapat mempercepat proses oksidasi dan merusak barang-barang tersebut.

Menjaga bagasi motor tetap bersih dari benda-benda yang tidak sesuai dapat meningkatkan keselamatan berkendara dan mencegah potensi bahaya. Selalu periksa dan pastikan bahwa barang-barang yang Anda bawa aman dan sesuai untuk disimpan di bagasi motor sebelum memulai perjalanan.

Baca juga artikel lainnya!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait