MoFE Logo

Beli Motor Listrik Bekas Sekarang daripada Motor Bensin 2023

Motor listrik di Indonesia semakin mendapat perhatian besar dari masyarakat dan pemerintah. Statusnya terbantu karena didorong oleh insentif pemerintah dan kepedulian terhadap polusi udara di kota-kota besar salah satunya polusi di Jakarta akibat kendaraan bensin. 

Dalam artikel ini, potensi pasar motor listrik bekas di Indonesia kita gali keberlangsungan dan masa depannya. Dari subsidi pemerintah sampai isu tekan polusi di Jakarta juga masalah dan keterbatasannya, dari sini kita dapat melihat perkembangan dan integrasi motor listrik pada pemotor dan budaya berkendara di Indonesia terpengaruhi.

Motor Listrik

Keterbatasan dan Kelemahan Motor Listrik

Seperti semua teknologi baru, motor listrik masih memiliki keterbatasan dan kelemahan di Indonesia saat ini. Salah satunya adalah infrastruktur pengisian daya yang tidak merata di seluruh wilayah. Keterbatasan jangkauan juga masih menjadi kendala, terutama bagi pengendara motor komuter yang jarak jauh.

Biaya awal yang tinggi dari beli motor listrik saja juga cenderung lebih tinggi dibandingkan motor bensin biasa. Bensin kendaraan bermotor di Indonesia juga ada subsidi, jadi biaya operasionalnya pemotor Indonesia lebih murah daripada negara-negara lain. Meski mendapat subsidi PPN motor listrik, selisih harga masih menjadi faktor yang membuat banyak orang belum mempunyai motor listrik. 

Banjir dapat merusak semua motor tidak menutup kemungkinan motor listrik rusak karenanya. Ibukota Indonesia sangat terkenal dengan banjir dari meluapnya sungai hingga irigasi yang mampet. Dipadukan dengan motor listrik, kerusakan yang bisa terjadi masih tidak diketahui pula penanggulangan dan perbaikannya. Hingga adopsi motor listrik masih belum dapat diterima penuh oleh masyarakat luas.

Pentingnya Mencari Nilai Motor Listrik Bekas

Ketidakpastian nilai motor listrik bekas menjadi tantangan bagi mereka yang ingin beli atau jual sepeda motor listriknya. Pasar motor bekas di Indonesia didominasi oleh sepeda motor bensin karena permintaan dan supply yang tinggi. Dalam kasus ini pasar motor listrik bekas masih baru berkembang, karena minimnya data transaksi yang menentukan permintaan dan supply-nya. 

Penyusutan harga pada motor listrik sangat tergantung pada kondisi baterai motor listriknya. Seperti baterai pada umumnya, baterai pada motor listrik akan mengalami penurunan daya setelah penggunaan yang panjang. Sampai saat ini belum ada fasilitas baik pemerintah dan swasta yang bisa periksa kondisi baterai motor listrik.

Tantangan ini memerlukan kerja sama antara pemerintah, produsen, dan pemotor. Pemerintah bisa memperkuat pendidikan tentang kendaraan listrik, memperluas infrastruktur pengisian baterai, dan menawarkan subsidi yang lebih menguntungkan. Baru-baru ini ada skema subsidi motor listrik 1 KTP dapat subsidi motor listrik.

Motor Listrik Alva One

Produsen motor listrik bisa berinovasi dan produksi motor listrik serta mengkaji nilai motor listrik bekas. Salah satu produsen motor listrik asli Indonesia adalah Alva yang merupakan motor listrik startup yang telah rilis 2 model motor listrik. Dari motor listrik Honda EM1 e dan Motor listrik Yamaha E01 (masih dalam tahap konsep) dan beberapa pabrikan motor lainnya.

Bisa periksa artikel lainnya bahas lebih dalam Motor Listrik Honda dan yang terkait di bawah ini.

Bagi pemotor, proaktif pada seluruh informasi dan terbuka pada penilaian ahli atau media digital khusus dapat membantu menentukan harga yang wajar. Pemotor di Indonesia harus dalam pikiran terbuka, untuk penerimaan motor listrik di jalanan Indonesia. Baik untuk tekan isu polusi di Jakarta, meningkatkan mobilitas pemotor, dan juga hemat biaya.

Motor Listrik SPKLU

Segera Beli Motor Listrik Bekas ataupun Baru!

Motor listrik memiliki potensi besar di Indonesia juga motor listrik bekasnya. Ini harus terus dengan dukungan pemerintah dan kepedulian terhadap lingkungan isu polusi di Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

Masih ada kendala dan tantangan yang harus diatasi, namun perkembangan teknologi dan kesadaran pada isu tekan polusi di kota akan terus mendorong pertumbuhan pasar motor listrik di masa depan. Pemotor Indonesia harus terima dan cepat beralih ke motor listrik. 

Selain upaya untuk menekan polusi di kota-kota, dengan dukungan yang tepat berbagai industri seputar kendaraan listrik dapat bermunculan. Industri dalam negeri baik start-up seperti Tesla atau Alva hingga ekspansi perusahaan besar untuk menjual kendaraan listrik di produknya seperti Honda dengan motor listrik Honda EM1 e. Memungkinkan banyak kesempatan lapangan kerja di Indonesia sehingga membuat masa depan Indonesia cerah. 

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait