MoFE Logo

Beli Motor Bekas ? Ini Poin Penting Yang Harus Diperhatikan

Yang perlu diperhatikan saat membeli motor bekas

MoFE – Banyak orang yang mempertimbangkan untuk beli motor bekas demi mengurangi biaya awal atau untuk menemukan model yang sudah dihentikan produksinya, dan yang mereka sukai sebelumnya. Meskipun tergantung pada tahun dan modelnya, harga yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan membeli yang baru adalah poin paling menarik dari sepeda motor bekas.

Namun, Anda harus memahami bahwa setiap sepeda motor bekas memiliki kondisi yang berbeda. Oleh karena itu, tidak peduli seberapa banyak Anda jatuh cinta pada pandangan pertama, Anda tetap memerlukan pemeriksaan menyeluruh sebelum membeli. Selain itu, perlu dipahami bahwa setelah membeli, perawatan lebih penting daripada sepeda motor baru yang memiliki kondisi sempurna.

Di sini, MoFE akan menjelaskan hal-hal umum terutama untuk pemula, seperti bagaimana memilih sepeda motor dan di mana harus memperhatikan di mana Anda dapat membelinya dengan percaya diri. Kami berharap Anda memilih sepeda motor yang tidak akan mengecewakan.

Pengetahuan yang Berguna untuk Diingat Saat Memilih Sepeda Motor

Memilih sepeda motor adalah proses yang menyenangkan bagi para pengendara. Jika Anda menginginkan model tertentu, baik sepeda motor baru atau bekas, mencari informasi tentang sepeda motor tersebut dan menonton ulasan di YouTube adalah saat-saat yang paling bahagia bagi pengendara. Oleh karena itu, kami merekomendasikan untuk mengingat lima pengetahuan berikut sebelumnya.

Tips membeli motor bekas

Keputusan pada Impresi Pertama, Terkadang Lebih Baik

Saat mencari untuk sepeda motor di dealer atau melalui marketplace, terkadang Anda menemukan sepeda motor yang membuat Anda merasa “Ini adalah sepeda motor saya”. Dengan kata lain, Anda jatuh cinta pada sepeda motor tersebut pada pandangan pertama. Beberapa orang mengatakan bahwa membeli sepeda motor bekas pada pandangan pertama berbahaya. Namun, poin pentingnya adalah bahwa sepeda motor bekas adalah barang unik (tidak ada sepeda motor yang sama di pasaran), dan beberapa di antaranya mungkin berkualitas baik. Namun tentu saja, Anda perlu memeriksa kondisi sepeda motor bahkan jika Anda merasa “Ini dia motor saya!”

Motor bekas tidak memiliki kondisi yang sama meskipun mereka memiliki model yang sama. Selain jarak tempuh, kondisi perawatan sepeda motor dan keadaan modifikasi juga berbeda.

Perlu diingat bahwa sepeda motor yang Anda jatuh cinta pada pandangan pertama haruslah sepeda motor yang sesuai dengan citra Anda. Meskipun mereka dibuat oleh produsen yang sama dan memiliki tahun model yang hampir sama, ada sesuatu yang berbeda dari sepeda motor yang Anda jatuh cinta pada pandangan pertama.

Hati-hati jika jarak tempuh terlalu pendek atau terlalu panjang

Salah satu faktor terpenting saat memilih sepeda motor bekas adalah jarak tempuh. Banyak orang menghindarinya jika jarak tempuh terlalu panjang, tetapi beberapa orang merasa beruntung saat menemukan jarak tempuh yang pendek. Namun, berbahaya untuk memilih sepeda motor dengan jarak tempuh yang terlalu panjang atau terlalu pendek berdasarkan tahun model.

Jarak tempuh rata-rata sepeda motor diperkirakan 3.000 km hingga 9.000 km per tahun. Jadi, untuk sepeda motor yang berusia 5 tahun, jarak tempuh antara 15.000 km hingga 45.000 km adalah wajar.

Jarak tempuh sepeda motor bekas

Jika kilometer motor terlalu banyak, secara alami setiap bagian akan mengalami kerusakan, sehingga ada kemungkinan tinggi bahwa kondisinya buruk. Dan jika kilometer terlalu pendek, ada risiko kecurangan odometer. Hal ini bisa terjadi baik pada penjual dealer maupun individu.

Selalu ada alasan mengapa motor bekas yang sama lebih murah

Saat mencari motor, ada beberapa jenis motor yang harganya jauh lebih murah dari yang seharusnya. Namun, sebaiknya dipahami bahwa harga murah tersebut memiliki beberapa masalah.

Motor tersebut mungkin adalah “Motor Bekas Kecelakaan”

Dealer dan penjual individu berusaha menyembunyikan catatan kecelakaan karena dapat menurunkan harga secara signifikan. Jika pemilik mengganti bagian luar di bengkel, motor tersebut mungkin terlihat bersih dan baru. Harap berhati-hati jika eksterior terlihat terlalu jelas, ada risiko perubahan eksterior karena kecelakaan.

Anda juga dapat memeriksa apakah motor itu pernah mengalami kecelakaan atau tidak, dengan memeriksa rangka dengan hati-hati apakah sudah ditekuk atau tidak, serta apakah rangka tersebut telah retak atau tidak.

Setang sepda motor
Kondisi minus pada motor bekas

Jangan lupa bahwa harga motor bekas tergantung pada dealer. Tentu saja, karena harga pasar motor belum terlalu mapan, harga dapat berbeda di setiap dealer. Dealer menjual motor bekas dengan menambahkan keuntungan penjualan ke harga pembelian dan biaya perawatan. Namun sayangnya tidak semua dealer melakukan perawatan, dan motor yang lebih murah di dealer kecil cenderung tidak melakukan perawatan.

Layanan dan garansi adalah yang paling penting, tetapi sebagian besar dealer tidak menyediakan layanan ini

Namun, layanan dan garansi sesudah pembelian lebih penting untuk motor bekas, karena memiliki risiko kerusakan yang lebih tinggi. Namun sayangnya, sebagian besar dealer tidak memberikan garansi dan layanan purna jual. Jika membeli dari penjual individu, hampir tidak mungkin untuk mengharapkan layanan tersebut. Untuk menghindari masalah kualitas setelah transaksi selesai, MoFE merekomendasikan Anda untuk memeriksa kondisi motor di dealer resmi sebelum menandatangani kontrak, bahkan jika Anda harus membayar biaya tertentu.

Atau, beberapa dealer memiliki bengkel sendiri dan menginformasikan bahwa mereka melakukan “perawatan pra-pengiriman.” MoFE merekomendasikan untuk tidak hanya percaya pada ucapan dealer. Anda dapat ikut saat dilakukan pemeriksaan ulang kondisi motor yang akan Anda ambil. Dan dalam beberapa kasus, Anda dapat meminta garansi selama 2 minggu atau 1 bulan.

Layanan dan garansi dealer motor bekas

Bahkan untuk sepeda motor bekas yang murah, Anda harus membayar sekitar 5 juta rupiah dan jika kondisinya bagus, minimal 15-20 juta rupiah untuk membeli model yang populer. Ini bukanlah investasi yang kecil dan jika Anda membeli sepeda motor dalam kondisi buruk tanpa mengetahuinya, Anda pasti akan merasa frustasi dan tidak bisa tidur.

Perhatikan poin-poin di atas dan MoFE juga merekomendasikan Anda untuk membaca tips-tips untuk membeli sepeda motor bekas. Silakan periksa artikel tersebut.

Dan untuk menghindari penipuan dari dealer, Anda juga perlu mengetahui harga pasar. Anda dapat memeriksa harga pasar di sini, MoFE.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait