MoFE Logo

Siapa yang Menentukan Harga Motor Bekas dan Bagaimana Harganya Berubah

harga motor bekas

Sebelum membeli motor bekas, biasanya kita mencari info harga motor bekas, model sepeda motor, tempat dimana kita akan membeli dan sebagainya. Tetapi mungkin sebagian besar jarang ada yang mencari tahu “siapa yang menentukan harga sepeda motor bekas” dan “bagaimana harganya berubah”.

Penawaran dan Permintaan

Hukum penawaran dan permintaan (supply and demand) juga berlaku untuk sepeda motor. Jika ada permintaan tinggi untuk jenis sepeda motor tertentu, harga kemungkinan akan lebih tinggi, dan jika ada kelebihan pasokan untuk jenis sepeda motor tersebut, harga kemungkinan akan lebih rendah. Misalnya, harga Honda BeAT selalu stabil dan tinggi karena banyak orang yang memilih Honda BeAT sebagai sepeda motor pertama mereka. Namun, dalam kasus sepeda motor sport seperti Yamaha R25, harga mudah turun karena tidak banyak pembeli di pasar.

harga sepeda motor bekas

Usia dan Kondisi Sepeda Motor

Usia dan kondisi sepeda motor juga akan mempengaruhi harga pasarnya. Sepeda motor yang lebih baru dan terawat dengan baik umumnya akan memiliki harga yang lebih tinggi daripada sepeda motor yang lebih tua yang tidak terawat dengan baik. Dan pembaruan model yang hampir tiap tahun dilakukan,  juga berdampak besar pada harga sepeda motor bekas. Misalnya, Vario 125 dan Vario 150 mengalami perubahan model penuh pada tahun 2018. Melihat Vario 125 Tahun 2018 dan 2019, harga pasar hampir sama, tetapi melihat tahun 2017, harga tiba-tiba turun lebih dari 1 juta.

Populeritas dan Reputasi Merek

Merek-merek yang dapat diandalkan dan dikenal karena kualitas dan keandalannya umumnya akan memiliki harga yang lebih tinggi. Di pasar Indonesia, Honda, Yamaha, dan Kawasaki menjaga populeritas dan reputasi mereka dengan baik. Dan popularitas model tertentu meningkatkan permintaan dan harga.

Fitur dan Spesifikasi

Fitur dan spesifikasi sepeda motor juga dapat mempengaruhi harga pasarannya. Sepeda motor dengan fitur-fitur high-end, seperti ABS, Smart Key System, sistem suspensi canggih, atau teknologi canggih seperti kontrol traksi umumnya akan memiliki harga yang lebih tinggi.

harga honda beat bekas

Persaingan Menentukan Harga Sepeda Motor Bekas Juga

Tingkat persaingan di pasar juga dapat mempengaruhi harga sepeda motor. Misalnya, pada awal 2010an, Yamaha Mio dianggap sebagai salah satu sepeda motor matic terbaik dan harga sepeda motor bekasnya juga relatif tinggi. Tetapi setelah Honda BeAT menjadi lebih populer, harga sepeda motor bekas Yamaha Mio turun. Dan model-model lain yang unik juga menjaga harga yang tinggi. Misalnya, seri Kawasaki KLX150 telah menjaga posisi uniknya dan harganya selalu stabil.

Kondisi Ekonomi Menentukan Harga Sepeda Motor Bekas Juga

Kondisi ekonomi, seperti inflasi dan kepercayaan konsumen, juga dapat memengaruhi harga pasar sepeda motor. Pada awal pandemi COVID-19, karena banyak orang kehilangan pekerjaan, harga sepeda motor bekas turun. Namun mulai dari akhir tahun 2021, ekonomi Indonesia mulai pulih dan harga sepeda motor bekas meningkat secara signifikan.

Ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga pasar sepeda motor. Penting untuk melakukan riset dan membandingkan harga di pasar. Di MoFE Anda dapat memeriksa harga pasar!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait