MoFE Logo

Awas! Modus Motor Palsu dari Jual Beli Motor Bekas

Beli motor bekas sekarang sudah mudah dengan cara online dengan memperbanyak peluang dan pilihan. Tetapi dari semua itu ada kegelapan yang bisa mengintai kita yaitu risiko penipuan.

Harus diwaspadai, kejahatan dan penipuan terus berkembang mengikuti zaman jadinya beragam ada modus yang biasa dilakukan oleh oknum atau maling.

Kita akan memaparkan singkat dan padat tentang jual beli motor bekas yang nakal dan tipu-tipu. Juga akan kami jelaskan cara terhindar menjadi korban pada modus motor ini.

Jenis-Jenis Modus Motor Palsu

Ada beberapa modus motor palsu yang umum terjadi dan akan berkembang terus mengikuti kemajuan teknologi.

Modus-modus ini akan berkutat dari jenis-jenis ini harap perhatikan dengan baik.

Modus motor harga terlalu murah

1. Modus Jual Motor Harganya Terlalu Rendah

Iklan motor bekas murah menjadi lirikan orang tetapi harganya terlalu murah dari pasarannya. Penjual memberikan banyak alasan mendesak ingin segera jual motornya.

Pembeli tidak lihai situasi dan segera transfer aja duitnya. Hasilnya motor tidak pernah datang dan penjual menghilang tidak bisa dikontak.

Pastikan Harga Pasaran Motor Bekas dengan Cek Artikel Kami tentang Daftar Harga Motor Bekas.

Modus identitas palsu

2. Modus Identitas Palsu Penjual

Penjual pakai identitas palsu buat menjual motor bekas atau pakai foto motor dari postingan motor lainnya.

Ini untuk menarik perhatian pembeli, setelah transaksi motor tidak sesuai dengan iklan pada motor bekas atau lebih parahnya tidak pernah datang.

Modus test drive motor

3. Modus Penipuan Test Drive Motor

Sebelum ketemuan dengan penjual dan melihat motornya, diberikan kesempatan ke pembeli untuk test drive motor.

Jelas pembeli belum sempat melihat apakah motornya ada tetapi sudah dipaksa kalau mau harus bayar sekian sebagai jaminan.

Saat mau ketemuan dan test drive motor, penjual tidak ada dan duitnya sudah terambil oleh penjual yang menghilang. 

Modus begal

4. Begal Dari Postingan Motor

Harus lebih hati-hati buat para pembeli motor bekas karena iklan motor bikin menarik.

Akhirnya penjual dan pembeli setuju untuk ketemuan antara untuk test drive motor atau pembayaran langsung.

Bukannya menemukan motor bekas untuk dibawa pulang, tetapi dikejutkan dengan di begal pembelinya dengan komplotan penjualnya. Kemungkinan juga dirampas hingga babak belur pembelinya. 

Harus Lakukan Ini Setelah Kena Modus Motor Palsu

  1. Simpan Bukti-Bukti: Pertama-tama, simpan semua bukti yang terkait dengan transaksi, seperti percakapan, bukti pembayaran, dan informasi kontak penjual.
  2. Laporkan ke Pihak Berwenang: Segera laporkan penipuan ini kepada polisi setempat dan berikan bukti-bukti yang dimiliki. Bisa hubungi polisi via call center 110
  3. Laporkan ke Platform Online: Jika transaksi dilakukan melalui platform jual beli online, laporkan insiden ini kepada customer service platform. Agar segera diambil tindakan dan pencarian pada penjual yang menipu
  4. Beri Tahu Orang Lain: Berbagi pengalaman Anda dengan teman dan keluarga agar mereka juga dapat berhati-hati saat berurusan dengan penjualan motor online.
  5. Pertimbangkan Hukum dan Advokasi: Jika kerugian finansial Anda besar, pertimbangkan untuk mencari bantuan hukum atau melibatkan lembaga advokasi konsumen.
  6. Menjadi Pelajaran: Lepas dari kerugian finansial, dijadikan pelajaran agar lebih hati-hati berurusan dengan orang asing. Bisa selalu mengabarkan teman atau keluarga agar mendapatkan sudut pandang lain nya atau sekedar sebagai saksi.

Melindungi diri dari penipuan jual beli motor online adalah tugas penting. Harus hati-hati, periksa identitas penjual, dan jangan segera transaksi pada orang asing.

Jangan lupa verifikasi informasi dan pastikan dilakukan di platform jual beli motor bekas yang sudah terpercaya untuk meminimalkan risiko penipuan. 

Penasaran dengan jual beli motor bekas yang aman dan terpercaya? Bisa dilakukan di MoFE sebagai tempat untuk jual beli motor bekas andalan kamu.

Karena MoFE menerapkan “MoFE Verified Seller” artinya penjual sudah terverifikasi langsung oleh kami dan terjamin keamanan dan surat-surat asli serta lengkap.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait