MoFE Logo

5 Tips Mudik Naik Motor agar Aman sampai tujuan

5 tips mudik naik motor agar aman sampai tujuan

MoFE – Perayaan Lebaran akan dimulai pada 22 April dan dipastikan akan banyak pemudik yang telah merencanakan perjalanan pulang ke kampung halaman dengan sepeda motor mereka sendiri. Untuk perjalanan mudik ke kampung halaman, beberapa pemudik harus menempuh ratusan kilometer. Untuk perjalanan jarak jauh, Anda memerlukan tips untuk berkendara dengan aman sehingga meminimalisir masalah yang timbul saat perjalanan. Berikut 5 tips mudik naik motor agar aman dan nyaman menggunakan motor :

Perawatan sepeda motor Anda

Pastikan sepeda motor Anda dalam kondisi baik dan baru saja dilakukan tune-up. Pertama, periksa ban, rem, dan ganti oli mesin. Kedua, untuk Anda telah memiliki motor matic dan telah menempuh jarak lebih dari 8000km, pertimbangkan untuk mengganti belt-nya. Periksa semua komponen penting lainnya, seperti penyaring udara, busi, kampas rem, dan lampu.

Menyiapkan Perlengkapan Keselamatan

Gunakan perlengkapan pelindung yang tepat seperti helm, jaket berkendara, sarung tangan, dan sepatu bot untuk menyelamatkan nyawa Anda dan keluarga. Dalam kasus kecelakaan sepeda motor, 35% meninggal karena cedera dada dan 33% meninggal karena cedera kepala. Untuk helm, silakan beli helm dengan sertifikasi SNI. Jika memungkinkan, silakan persiapkan jaket dengan pelindung, terutama pada bagian siku – siku, seperti lengan.

Pasang Topbox dan sidebox untuk bagasi

Anda mungkin membawa oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman Anda. Anda juga perlu membawa pakaian, makanan, dan minuman untuk perjalanan. Membawa barang bawaan tanpa memastikan posisi dan kekuatannya pada saat dibawa di motor akan berbahaya  karena dapat jatuh tiba-tiba dan Anda bisa kehilangan keseimbangan. Topbox dan sidebox tidak murah, tetapi Anda dapat menggunakannya untuk keperluan sehari-hari juga. Pertimbangkan untuk membeli ini untuk keselamatan dalam berkendara.

Periksa Bengkel dan Rumah Sakit di sepanjang jalan menuju kampung halaman sebelum memulai perjalanan

Anda tidak ingin mengalami kecelakaan dan masalah dengan sepeda motor Anda. Tetapi Anda perlu mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk dan bereaksi dengan cepat untuk meminimalkan kerusakan cedera dan sepeda motor Anda.

Istirahat dan minum air yang cukup

Mengendarai sepeda motor memerlukan stamina, terutama di bawah sinar matahari yang terik dan cuaca yang lembab. Pastikan tubuh Anda terhidrasi dengan cukup. Jika Anda merasa haus, kehiangan banyak cairan di tubuh dan merasa lelah, Anda akan kehilangan konsentrasi, dan ini bisa menyebabkan kecelakaan. Silakan beristirahat 1 kali dalam 1-2 jam dan minum air setiap kali berhenti.

Jika membawa anak kecil, persiapkan kebutuhannya dengan baik

Daya tahan tubuh anak kecil berbeda dengan daya tahan tubuh orang dewasa. Tubuh anak-anak belum sepenuhnya berkembang, dan mereka mungkin tidak dapat menahan benturan atau gerakan tiba-tiba yang dapat terjadi selama perjalanan sepeda motor. Anak-anak mungkin tidak dapat memegang erat sepeda motor. Guncangan dari kecelakaan dapat menyebabkan cedera serius atau bahkan kematian pada anak. Selain itu, ukuran helm sepeda motor tidak selalu sesuai dan pas pada anak kecil, usahakan cari helm yang ukurannya pas dan sesuai untuk anak Anda. 

Perjalanan aman lebih penting daripada perjalanan yang cepat! Untuk bertemu keluarga dan teman dengan aman, silakan periksa tips di atas! Dan jangan lupa untuk memeriksa harga sebelum membeli sepeda motor bekas di MoFE dan beritahu keluarga dan teman Anda tentang tips berharga ini! Semoga perjalanan Anda aman!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait