MoFE Logo

5 Motor Tahan Lama Cocok Untuk Penggunaan Jangka Panjang

5 Motor Tahan Lama cocok untuk penggunaan jangka panjang

MoFE – Saat ini hampir semua sepeda motor baru dibandrol mulai dari 15 jutaan, bahkan untuk sepeda motor bekas, dalam hal ini sepeda motor bekas yang masih dalam kondisi baik harganya lebih dari 10 Juta. Jika Anda merupakan pembeli yang cerdas, Anda harus memikirkan nilai jual kembali atau seberapa lama Anda dapat menggunakannya. Dalam artikel ini, MoFE akan menjelaskan beberapa kategori sepeda motor yang memiliki daya tahan yang lebih baik dan merekomendasikan 5 sepeda motor terbaik yang dapat Anda gunakan dalam jangka waktu lama.

3 Hal yang Perlu Dikaji Sebelum Membeli Sepeda Motor Baru dan Bekas dengan Umur Panjang

  • Kualitas Manufaktur

Kualitas sepeda motor menentukan seberapa serius pabrikan dalam mendefinisikan kualitas. Dan sebagian besar merek Jepang seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki sangat serius dalam hal kualitas. Namun, sayangnya, merek Tiongkok dan negara-negara lain tidak se-serius merek Jepang.

  • Mesin

Setiap mesin memiliki umur yang berbeda. Biasanya, mesin transmisi manual memiliki umur yang lebih lama dibandingkan mesin matic. Terutama mesin bebek. Pilih sepeda motor dengan mesin yang handal dan kokoh, yang dapat bertahan dalam penggunaan jangka panjang dan membutuhkan perawatan minimal. Dan dalam mesin manual, mesin bebek memiliki umur yang lebih lama dibandingkan sepeda motor sport.

  • Ketersediaan Suku Cadang

Pertimbangkan ketersediaan suku cadang untuk sepeda motor di daerah Anda. Penting untuk memilih sepeda motor dengan suku cadang yang mudah ditemui untuk memastikan Anda dapat menjaganya dalam kondisi baik.

5 Rekomendasi Sepeda Motor Tahan Lama

Honda Revo – Sepeda Motor Tahan Lama yang Tak Terbantahkan

Honda Revo mewarisi mesin dari Honda Cub, sepeda motor yang paling terkenal dan telah terjual lebih dari 100 juta unit di seluruh dunia. Revo juga dirancang untuk digunakan di jalan dengan kondisi yang kurang baik dan dapat mengangkut beban berat. Mesin asli Honda Cub dirancang oleh pendiri Honda Motor, Soichiro Honda. Mesin Cub tradisionalnya tahan lama dan irit bahan bakar. Apakah Anda suka desain Revo atau tidak, Honda Revo merupakan sepeda motor yang sangat tahan lama.

Silakan cek harga Revo di sini.

Honda Revo - 5 Motor Tahan Lama

Honda Supra – Motor Bebek Bertenaga dan Berdaya Tahan

Honda Supra juga mewarisi mesin dari Honda Cub, dan mengembangkan mesin aslinya dari 110cc menjadi 125cc. Sama seperti Revo, Honda Supra juga dirancang untuk digunakan di jalan dengan kondisi kurang baik dan dapat mengangkut beban berat. Supra memiliki sedikit lebih banyak daya dibandingkan Revo, yaitu 10,1 PS, dan konsumsi bahan bakar mencapai 70 kilometer per liter.

Silakan cek harga Supra di sini.

Honda Supra - 5 Motor Tahan Lama

Honda CB150 Verza – Dari Pengendara Sport hingga Pengguna Mobilitas Tinggi

Honda CB150 Verza diperkenalkan pada bulan Januari 2013 untuk para pengendara sepeda motor sport. Namun, CB150 Verza juga diterima dengan baik oleh pengguna dengan mobilitas yang tinggi seperti karyawan perusahaan untuk keperluan bisnis. Mesin tunggal silinder 4-tak 2-klep SOHC Verza digunakan secara global dari China hingga Afrika. Dan mesin dan rangkanya terbukti tahan lama, mampu mengangkut beban berat dan melakukan perjalanan jarak jauh.

Honda CB150 Verza - 5 Motor Tahan Lama

Yamaha Vixion – Keseimbangan yang baik antara Sport dan Daya Tahan

Yamaha Vixion diluncurkan pada tahun 2007 dan telah menarik minat pengendara sepeda motor sport. Dan berkat daya tahannya, Anda masih dapat menemukan motor bekas generasi pertama di pasaran. Vixion menggunakan mesin tunggal silinder 4-tak 4-klep SOHC yang digunakan di India dan wilayah Asia Tenggara lainnya. Rangkanya juga kokoh sehingga banyak pecinta sepeda motor yang memodifikasi Vixion dengan gaya mereka sendiri.

Silakan cek harga Yamaha Vixion di sini.

Yamaha Vixion - 5 Motor Tahan Lama

Honda BeAT – Motor Matic Hemat, Irit, dan Tahan Lama

Biasanya, mesin dan rangka sepeda motor matic memiliki umur pakai yang lebih pendek dibandingkan motor bebek dan sepeda motor sport. Namun, di antara motor matic, Honda BeAT memiliki umur pakai yang lebih panjang berkat mesin yang telah teruji. Mesin BeAT yang berkapasitas 110cc diperkenalkan pada tahun 2008 dan menggunakan konsep mesin Spacy untuk mencapai konsumsi bahan bakar yang baik dan tenaga yang optimal. Mulai dari generasi 2020, Honda mulai menggunakan Beat eSAF yang menggunakan pipa besi datar sebagai rangka, sehingga menghasilkan rangka yang lebih ringan namun lebih kokoh.

Silakan cek harga Honda BeAT di sini.

Honda BeAT - 5 Motor Tahan Lama

Sayangnya, model Suzuki dan Kawasaki tidak termasuk karena dalam hal penggunaan jangka panjang, Honda dan Yamaha lebih unggul daripada merek lain di industri sepeda motor.

Jika Anda ingin membeli sepeda motor bekas, Anda juga perlu memeriksa lebih banyak hal secara detail. Silakan lihat artikel di bawah ini:

Dan untuk menghindari penipuan oleh dealer sepeda motor bekas, Anda juga perlu melakukan sedikit survei untuk mengetahui harga pasar. Anda dapat memeriksa harga pasar di sini, MoFE.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait