MoFE Logo

15 Kesalahan Fatal Bikers Saat Touring Motor

15 Kesalahan Fatal Bikers Saat Touring Motor

Touring motor adalah kegiatan yang menyenangkan dan penuh petualangan. Namun, jika tidak dipersiapkan dengan matang, touring bisa menjadi pengalaman yang berbahaya dan tidak menyenangkan.

Yah gak hanya untuk si pengendara atau bikersnya aja sih, bisa jadi malah membahayakan atau menyusahkan teman-teman saat touring.

Oh ya sebelum kita lanjut ke pembahasan tentang kesalahan pada saat touring motor. MoFE mau rekomendasikan juga beberapa motor bekas yang cocok untuk Anda yang hobi touring di video berikut ini:

@mofe_indonesia

Cari motor buat touring budget 20 jutaan? Di Songsi ada kok! Gaskeun!!!!! Oh ya kalau mau cari tipe lain boleh ke www.mofe.co.id #motorbekas #motortouring #aerox #aeroxbekas #aeroxtrondol

♬ original sound – MoFE_Indonesia – MoFE_Indonesia

Oke, kita lanjut ke pembahasan tentang kesalahan apa saja yang bisa merugikan pada saat touring, mulai dari yang sepele hingga yang berakibat fatal. Berikut adalah 15 Kesalahan Fatal Bikers Saat Touring Motor dan cara menghindarinya:

1. Persiapan yang Kurang Matang

Kesalahan yang paling umum adalah kurangnya persiapan. Pastikan Anda melakukan riset tentang rute yang akan dilalui, kondisi cuaca, dan tempat wisata yang ingin dikunjungi. Dan ini yang tidak kalah penting, periksa juga kondisi motor Anda dan pastikan semua dalam keadaan prima. Periksa bagaimana kondisi mesin motor hingga kondisi ban wajib untuk dipastikan dalam keadaan aman untuk berkendara jauh.

2. Membawa Barang Berlebihan

Bersiap-siap untuk hal yang tidak pasti itu benar, oleh karenanya kita memang wajib untuk membawa barang-barang kita perlukan selama touring. Namun, kesalahan yang tak sedikit orang terjadi adalah mereka membawa barang berlebihan yang membuat motor akan berat dan sulit dikendalikan.

Tidak hanya itu, membawa barang berlebihan bisa menyebabkan kesulitan saat berkendara dan bisa berakibat fatal lho! Oleh karena itu, disarankan untuk Anda membawa barang secukupnya dan pilihlah barang yang benar-benar dibutuhkan.

3. Tidak Memakai Perlengkapan Safety yang Lengkap

Perlengkapan safety seperti helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu bot sangat penting untuk melindungi diri Anda saat terjadi kecelakaan. Pastikan Anda memakai perlengkapan safety yang lengkap dan berkualitas.

Ingat! Menggunakan perlengkapan keselamatan saat berkendara bukan hanya sekadar lolos dari pemeriksaan polisi, tapi pikirkan juga keselamatan dan kenyamanan anda saat berkendara.

4. Tidak Menjaga Kebugaran Fisik

Motor dalam keadaan prima bisa jadi sia-sia lho, kalau bikersnya loyo alias tidak prima. Hal ini dikarenakan touring motor membutuhkan stamina yang kuat. Pastikan Anda menjaga kebugaran fisik dengan berolahraga secara teratur sebelum dan sesudah touring.

5. Mengendarai Motor dengan Ugal-ugalan

Hanya karena Anda berkelompok dan punya grup pada saat touring di jalanan bukan berarti Anda bisa seenaknya saat berkendara. Mengendarai motor dengan ugal-ugalan merupakan kesalahan yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan. Patuhi peraturan lalu lintas dan kendarai motor dengan kecepatan yang wajar ya!

6. Tidak Beristirahat dengan Cukup

Istirahat sangat penting untuk menjaga stamina dan fokus saat berkendara. Pastikan Anda beristirahat dengan cukup di tempat yang aman dan nyaman. Euforia saat bersama teman memang menyenangkan dan sayang jika dilewatkan. Tetapi, apabila sedang waktunya beristirahat sebaiknya manfaatkanlah waktu tersebut sebaik-baiknya. Tentu agar Anda dapat melanjutkan perjalanan touring dengan fit.

7. Tidak Mengkonsumsi Makanan dan Minuman yang Sehat

Konsumsi makanan dan minuman yang sehat untuk menjaga energi dan stamina selama touring. Hindari makanan dan minuman yang tidak sehat seperti junk food dan minuman bersoda.

8. Tidak Membawa Peralatan Bengkel

Ini nih hal yang gak boleh dilewatkan bikers ketika mau touring atau melewati perjalanan yang cukup panjang. Bawalah peralatan bengkel dan simpan di bagasi motor. Peralatan bengkel sangat penting untuk mengatasi kerusakan kecil pada motor. Bawalah peralatan bengkel secukupnya untuk berjaga-jaga.

9. Tidak Membawa Obat-obatan

Obat-obatan sangat penting untuk mengatasi sakit kepala, demam, atau luka kecil. Terlebih untuk Anda yang punya penyakit khusus, astma misalnya. Pastikan tidak melewatkan hal ini ya guys!

10. Tidak Menjaga Komunikasi dengan Teman Touring

Selalu jaga komunikasi dengan teman touring Anda agar tidak terpisah. Gunakan alat komunikasi seperti HT atau smartphone yang biasa terhubung di helm. Bukan berarti kalian bisa sembari main hape pas perjalanan touring ya!

Jika memungkinkan Anda bisa janjian pada titik-titik tertentu agar bisa kembali berkumpul untuk menunggu bikers lain yang tertinggal.

11. Tidak Mengikuti Aturan Touring

Setiap komunitas touring biasanya memiliki aturan sendiri. Pastinya peraturan yang dibuat demi keselamatan dan keamanan bersama. Maka patuhi aturan touring untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

12. Tidak Menghargai Alam dan Budaya Setempat

Jagalah kelestarian alam dan hormati budaya setempat saat touring. Jangan buang sampah sembarangan dan hormati adat istiadat setempat.

13. Tidak Membantu Teman Touring yang Kesulitan

Semangat kebersamaan adalah kunci utama dalam touring. Bantulah teman touring Anda yang mengalami kesulitan. Pastikan untuk tidak mementingkan ego masing-masing dan memikirkan kepentingan bersama

14. Terlalu Tergesa-Gesa

Touring akan memakan waktu dan perjalanan yang begitu panjang. Sebaiknya para bikers tidak mengendarai motor dengan kecepatan yang sangat tinggi atau tergesa-gesa. Ini bisa membahayakan untuk diri sendiri bahkan bikers lain di sekitarnya.

15. Tidak Berbagi Pengalaman Touring

Mungkin ini bukan masalah yang fatal, namun perjalanan yang berharga berhak untuk Anda bagikan. Jadi, bagikan pengalaman touring Anda dengan orang lain. Ceritakan tentang petualangan Anda dan berikan tips kepada orang lain yang ingin melakukan touring.

Touring motor bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan penuh petualangan jika dilakukan dengan persiapan yang matang dan menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi. Pastikan Anda selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan selama touring.

Tips Tambahan

  • Gunakan GPS atau peta untuk membantu navigasi.
  • Pastikan Anda memiliki asuransi perjalanan.
  • Beri tahu keluarga atau teman tentang rencana touring Anda.
  • Bawalah uang tunai secukupnya.
  • Selalu waspada dan hati-hati saat berkendara.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda untuk melakukan touring motor yang aman dan menyenangkan.

Baca juga artikel yang lainnya yuk!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait