MoFE Logo

15 Jenis Helm Motor dengan Ragam Fungsi dan Kelebihan

15 Jenis Helm Motor dengan Ragam Fungsi dan Kelebihan

Penggunaan helm motor merupakan langkah yang tak terelakkan untuk keselamatan berkendara. Tidak hanya sebagai kewajiban hukum, tetapi juga sebagai langkah bijak untuk melindungi diri dari cedera serius dalam kecelakaan. Namun, dalam dunia yang semakin berkembang, helm tidak lagi hanya sekadar alat pelindung, tetapi juga mencakup berbagai jenis dengan fitur dan desain yang beragam, sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengendara. Mari kita telusuri lebih jauh tentang 15 jenis helm motor yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan gaya berkendara Anda.

1. Full Face Helm

Full face helm adalah pilihan yang paling umum di kalangan pengendara motor. Helm ini memberikan perlindungan maksimal karena menutupi seluruh kepala dan memiliki visor (pelindung wajah) yang dapat dibuka dan ditutup. Visor ini tidak hanya melindungi mata dari angin dan debu, tetapi juga meminimalkan risiko cedera pada wajah dalam kecelakaan. Dengan desain yang ergonomis dan aerodinamis, full face helm cocok untuk penggunaan sehari-hari maupun perjalanan jarak jauh.

2. Half Face Helm

Half face helm, seperti namanya, hanya menutupi bagian atas kepala dan telinga. Bagian wajahnya terbuka, meninggalkan wajah pengendara terbuka untuk angin dan pandangan yang lebih bebas. Meskipun memberikan perlindungan yang lebih rendah dibandingkan dengan full face helm, half face helm tetap menjadi pilihan populer terutama bagi mereka yang ingin merasakan kebebasan berkendara tanpa merasa terlalu terbatasi oleh helm.

3. Modular Helm

Modular helm merupakan solusi tengah antara full face helm dan half face helm. Helm ini memiliki bagian wajah yang dapat dibuka seperti helm half face, tetapi juga dapat dikunci untuk memberikan perlindungan penuh seperti full face helm. Kelebihan utama dari modular helm adalah fleksibilitasnya, di mana pengendara dapat dengan mudah mengubahnya sesuai dengan kondisi berkendara yang berbeda.

4. Off-road Helm

Bagi pengendara motor yang gemar menjelajahi trek off-road atau melakukan petualangan di medan berat, off-road helm adalah pilihan yang ideal. Helm ini dirancang khusus dengan kaca yang lebih besar dan peningkatan ventilasi untuk mengakomodasi kondisi penggunaan yang berbeda. Desainnya yang ringan dan tahan lama membuatnya cocok untuk digunakan dalam situasi ekstrem.

5. Dual Sport Helm

Dual sport helm menggabungkan fitur-fitur helm off-road dan helm jalan raya dalam satu desain yang serbaguna. Dirancang untuk penggunaan campuran di jalan raya dan off-road, dual sport helm biasanya dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan penggunaan kaca atau kaca visor untuk melindungi mata dan wajah, sehingga sangat cocok untuk pengendara yang suka berpetualang di berbagai medan.

6. Adventure Helm

Sama seperti dual sport helm, adventure helm dirancang untuk petualangan di jalan raya maupun off-road. Namun, adventure helm cenderung lebih ringan dan memiliki fitur yang lebih baik untuk perjalanan jarak jauh atau petualangan. Desainnya yang ergonomis dan ventilasi yang baik membuatnya nyaman digunakan selama perjalanan yang panjang.

7. Open Face Helm

Open face helm adalah pilihan populer di kalangan pengendara yang mencari keseimbangan antara perlindungan dan kenyamanan. Helm ini mirip dengan half face helm, tetapi memiliki tutup yang lebih besar untuk melindungi bagian atas kepala. Biasanya dilengkapi dengan kaca visor atau kacamata terpisah untuk melindungi mata dari debu dan serangga.

8. Retro Helm

Bagi para pengendara yang mengutamakan gaya dan estetika, retro helm adalah pilihan yang tepat. Helm ini memiliki desain yang klasik atau retro, seringkali terinspirasi oleh helm-helm yang populer pada era tertentu. Meskipun memiliki penampilan yang klasik, retro helm tetap memberikan perlindungan yang memadai untuk kepala pengendara.

9. Bluetooth Helm

Dalam era teknologi yang terus berkembang, helm motor juga ikut merasakan dampaknya. Bluetooth helm dilengkapi dengan teknologi Bluetooth yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan perangkat seluler atau sistem komunikasi lainnya. Fitur ini memungkinkan pengendara untuk menjawab panggilan telepon, mendengarkan musik, atau menggunakan sistem navigasi tanpa harus melepas helm.

10. Racing Helm

Bagi para pengendara yang gemar berpartisipasi dalam balap motor, racing helm adalah kebutuhan yang tak terhindarkan. Dirancang khusus untuk balap motor, racing helm memiliki fitur-fitur yang mengoptimalkan aerodinamika, ventilasi, dan perlindungan dalam kecepatan tinggi. Helm ini menjadi penentu dalam keselamatan pengendara di lintasan balap yang berbahaya.

11. Touring Helm

Touring helm adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang gemar menjelajahi tempat-tempat baru dengan motor. Helm ini dirancang khusus untuk perjalanan jarak jauh, dengan fitur yang mengoptimalkan kenyamanan, aerodinamika, dan ventilasi untuk penggunaan yang berkepanjangan. Desainnya yang ergonomis dan bantalan yang tebal membuatnya nyaman digunakan selama berjam-jam berkendara.

12. Street Helm

Bagi pengendara motor yang lebih sering berkendara di lingkungan perkotaan atau di jalan raya, street helm adalah pilihan yang ideal. Dirancang khusus dengan gaya dan fitur yang sesuai untuk kondisi tersebut, street helm menawarkan keseimbangan antara kenyamanan dan fungsionalitas. Desainnya yang aerodinamis juga membantu mengurangi kebisingan selama berkendara di kecepatan tinggi.

13. Youth Helm

Keselamatan anak-anak dan remaja saat berkendara motor sangatlah penting. Oleh karena itu, youth helm dirancang khusus untuk mereka dengan ukuran yang lebih kecil dan desain yang menarik. Dengan fitur-fitur keselamatan yang sama seperti helm dewasa, youth helm memberikan perlindungan yang memadai sambil memperhatikan kebutuhan dan preferensi pengendara muda.

14. Flip-Up Helm

Mirip dengan modular helm, flip-up helm memiliki desain yang fleksibel di mana bagian depan helm dapat dibuka sepenuhnya dengan mekanisme engsel. Ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengangkat bagian depan helm untuk mendapatkan akses yang lebih mudah tanpa harus melepas helm sepenuhnya. Fitur ini sangat berguna ketika pengendara ingin berinteraksi dengan lingkungan sekitar tanpa melepas helm.

15. Vintage Helm

Terakhir, bagi pecinta gaya klasik atau retro, vintage helm adalah pilihan yang sempurna. Helm ini memiliki desain yang terinspirasi oleh gaya retro atau vintage dari era sebelumnya. Meskipun menawarkan penampilan yang klasik, pengendara harus memperhatikan bahwa vintage helm mungkin tidak memiliki fitur keamanan atau kenyamanan modern seperti helm-helm lainnya.

Dengan berbagai jenis helm motor yang tersedia, penting untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan, gaya berkendara, dan tentunya tingkat kenyamanan Anda. Apapun pilihannya, jangan pernah mengorbankan keselamatan saat berkendara. Ingatlah bahwa helm adalah investasi dalam keamanan diri Anda di jalan raya.

Itulah 10 Kesalahan Fatal Penyebab Tangki Motor Karatan! Yuk baca artikel lainnya ya!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait