MoFE Logo

10 Rekomendasi Motor Trail Harian ! Ketahui Jenisnya!

10 Rekomendasi Motor Trail Harian ! Ketahui Jenisnya!

Para penggemar sepeda motor mengatakan, “Jika kamu benar-benar penggemar sepeda motor, kamu akan mengendarai sepeda motor trail.” Karena sepeda motor trail memberikan kesenangan saat dikendarai, seru untuk dikendalikan, dan tantangan untuk dikuasai.

Motor trail adalah jenis motor yang dirancang untuk penggunaan di berbagai jenis medan, mulai dari jalan aspal hingga jalur off-road yang menantang. Yang membedakan dari motor biasanya adalah motor ini memiliki suspensi yang lebih tinggi, ban yang lebih besar, dan bodi yang lebih kokoh dibandingkan dengan motor biasa. Motor trail sering digunakan untuk kegiatan off-road, tetapi belakangan ini, banyak orang mulai menggunakannya sebagai kendaraan harian.

Ada beberapa alasan mengapa orang suka menggunakan motor trail. Pertama, motor trail memiliki performa yang luar biasa di berbagai jenis medan, menjadikannya pilihan yang ideal untuk mereka yang sering melakukan perjalanan di daerah dengan infrastruktur jalan yang buruk. Kedua, motor trail memberikan sensasi berkendara yang berbeda dan lebih menantang dibandingkan dengan motor biasa. Ketiga, desainnya yang gagah dan sporty membuat motor trail menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin tampil beda.

Secara umum, ada beberapa jenis motor trail yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis motor trail yang populer:

Jenis-jenis Motor Trail

Motor Trail Dual-sport

Sesuai judul namanya “dual” adalah jenis motor yang dirancang untuk digunakan di dua jenis medan: jalan raya dan off-road. Motor ini menawarkan kenyamanan dan performa yang baik di jalan raya, serta kemampuan untuk melibas medan off-road dengan mudah. Cocok lah ya buat motor trail harian kalian. Dual-sport biasanya dilengkapi dengan lampu, spion, dan pelat nomor, sehingga legal digunakan di jalan raya.

Motor ini cocok untuk pengendara yang membutuhkan motor serba guna untuk aktivitas sehari-hari dan sesekali ingin menjelajah jalur off-road. Suspensi yang empuk dan ban yang serba guna membuat dual-sport nyaman digunakan di berbagai kondisi jalan. Beberapa contoh motor trail dual-sport yang populer adalah Honda CRF250L dan Yamaha WR250R.

Motor Trail Motard

Trail motard, atau supermoto, adalah jenis motor trail yang dimodifikasi untuk digunakan di jalan aspal. Motor ini biasanya menggunakan ban yang lebih kecil dan lebih halus dibandingkan dengan motor trail biasa, serta suspensi yang disesuaikan untuk penggunaan di jalan raya. Motard menawarkan handling yang sangat baik dan performa yang luar biasa di jalan aspal, menjadikannya pilihan yang populer untuk penggunaan harian di kota.

Keunggulan motor trail motard adalah kemampuannya untuk bermanuver dengan lincah di jalanan perkotaan yang padat. Desainnya yang sporty dan agresif juga menambah daya tarik tersendiri. Beberapa contoh motor trail motard yang populer adalah KTM 690 SMC R , Ducati Hypermotard 698 dan Suzuki DR-Z400SM.

Motor Trail Enduro

Sesuai namanya nih, ini adalah jenis motor trail yang dirancang khusus untuk kompetisi enduro, yaitu balapan di medan off-road yang menantang dan bervariasi seperti Rally Dakar. Motor ini biasanya memiliki mesin yang kuat, suspensi yang kokoh, dan bodi yang ringan untuk mengatasi berbagai rintangan di jalur balap. Enduro juga dilengkapi dengan tangki bahan bakar yang lebih besar untuk menempuh jarak yang lebih jauh.

Sepeda motor trail Enduro kebanyakan adalah sepeda motor balap yang tidak memiliki kaca spion dan lampu, tetapi ada beberapa sepeda motor yang bisa dikendarai di jalan raya. Di Indonesia, sulit menemukan jenis sepeda motor trail Enduro ini.

Motor trail enduro cocok untuk pengendara yang serius dalam kegiatan off-road dan kompetisi. Meskipun dirancang untuk balapan, motor ini juga bisa digunakan untuk kegiatan off-road sehari-hari. Beberapa contoh motor trail enduro yang populer adalah KTM 350 EXC-F dan Husqvarna TE 300i.

Motor Trail Motocross

Motor trail motocross adalah jenis motor yang dirancang khusus untuk balapan motocross, yaitu balapan di lintasan yang penuh dengan rintangan seperti tanjakan, turunan, dan lompatan. Gampangnya Motor trail motocross adalah sepeda motor balap murni untuk offroad seperti MXGP Motor ini memiliki performa mesin yang sangat tinggi, suspensi yang sangat responsif, dan bodi yang sangat ringan untuk memberikan akselerasi dan manuver yang maksimal.

Motor trail motocross biasanya tidak dilengkapi dengan perlengkapan yang diperlukan untuk digunakan di jalan raya, seperti lampu dan spion, sehingga penggunaannya terbatas pada lintasan balap dan jalur off-road. Motor ini cocok untuk pengendara yang fokus pada kompetisi motocross. Beberapa contoh motor trail motocross yang populer adalah Yamaha YZ450F dan Kawasaki KX450.

Motor Trail Adventure-tourer

Kemudian ada Motor trail adventure-tourer adalah jenis motor yang dirancang untuk perjalanan jarak jauh di berbagai jenis medan. Motor ini menggabungkan kenyamanan dan fitur-fitur yang diperlukan untuk touring dengan kemampuan off-road yang mumpuni. Adventure-tourer biasanya dilengkapi dengan mesin yang bertenaga, tangki bahan bakar yang besar, suspensi yang nyaman, dan berbagai fitur tambahan seperti GPS dan tempat penyimpanan.

Motor trail adventure-tourer cocok untuk pengendara yang suka berpetualang dan melakukan perjalanan jarak jauh, baik di jalan raya maupun off-road. Desainnya yang ergonomis dan fitur-fitur yang lengkap membuat motor ini ideal untuk perjalanan panjang. Beberapa contoh motor trail adventure-tourer yang populer adalah BMW R 1250 GS dan Honda Africa Twin. 

Sebagian besar motor trail adventure-tourer adalah motor besar, tetapi CRF250Rally adalah satu-satunya pilihan realistis bagi pengendara Indonesia yang ingin membeli motor trail adventure-tourer.

Rekomendasi Motor Trail Harian atau Medan Offroad Ringan

1. Kawasaki KLX150

Kawasaki KLX150, motor trail legendaris di Indonesia. Ditenagai mesin berkapasitas 144 cc satu silinder SOHC 4-Tak dengan sistem pengapian DC-CDI, motor ini memiliki tenaga besar. Dengan tenaga 11,8 dk pada 8.000 rpm dan torsi 11,3 Nm, motor ini siap melibas medan offroad.

Tersedia dalam tiga varian: KLX150S, KLX150, dan KLX150SE, yang berbeda pada inverted dan telescopic front fork serta ukuran ban depan dan belakang.

Kamu bisa menemukan pilihan motor bekas Kawasaki KLX di MoFE, sesuai dengan preferensimu!

2. Honda CRF150L

Honda CRF150 juga memiliki keistimewaan tersendiri. Ditenagai mesin 149 cc satu silinder SOHC dengan sistem bahan bakar PGM-FI, motor ini menghasilkan daya 12,91 dk pada 6.500 rpm dan torsi 12,43 Nm, menjadikan pengalaman offroad lebih menyenangkan.

Keunggulan dari Honda CRF adalah bahan bakar injeksi yang memudahkan penggunaan di dataran tinggi dan suhu dingin tanpa khawatir mesin tidak menyala.

Motor ini juga dilengkapi dengan fitur modern seperti speedometer digital dan lampu terang yang cocok untuk berkendara di jalanan berkabut.

Jelajahi pilihan motor bekas Honda CRF150 di MoFE untuk menemukan yang paling sesuai untukmu.

3. Yamaha WR155R

Yamaha WR155 R cocok untuk kamu yang menyukai tampilan sporty. Dengan mesin berkapasitas 155 cc satu silinder SOHC liquid-cooled dan teknologi VVA, motor ini dapat menghasilkan daya 16,7 dk pada 10.000 rpm dan torsi 14,3 Nm pada 6.500 rpm.

Desainnya yang agresif tersedia dalam dua pilihan warna: hitam dan cyan, menjadikan tampilannya semakin keren. Dilengkapi dengan ban dual purpose, motor ini lincah di berbagai medan offroad.

Meskipun harganya cukup mahal, Yamaha WR 155 R merupakan motor yang sangat terbatas penjualannya.

4. Kawasaki D-Tracker

Kawasaki D-Tracker adalah motor hybrid yang serbaguna. Dapat diandalkan untuk petualangan di jalan terjal maupun untuk keperluan sehari-hari seperti pergi ke kantor.

Ditenagai mesin 144 cc air-cooled, 4-stroke single dengan daya 8,6 dk pada 8.000 rpm dan torsi 11,3 Nm pada 6.500 rpm, motor ini siap menghadapi berbagai medan.

Fitur unggulan dari Kawasaki D-Tracker termasuk panel instrumen full digital, starter elektrik, dan sistem bahan bakar injeksi yang andal di kondisi cuaca ekstrem. Desainnya kokoh dengan spakbor gaya supermoto dan berbagai pilihan warna.

Kamu bisa mendapatkan motor bekas Kawasaki D-Tracker di MoFE.

5. Viar Cross X150

Jika mencari motor trail buatan Indonesia yang terjangkau, Viar Cross X150 bisa jadi pilihan. Dengan bobot ringan 120 kg berkat rangka aluminium, motor ini cocok untuk jalanan offroad dan perkotaan.

Mesin berkapasitas 150 cc dengan daya 10 TK pada 7.500 rpm dan torsi 9,6 Nm pada 7.000 rpm, siap mendukung eksplorasi berbagai tempat.

Meskipun buatan lokal, spesifikasi dan fitur-fiturnya cukup memadai untuk pemotor offroad dan penggunaan harian di kota.

Viar Cross X150 bisa menjadi alternatif yang menarik selain Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150.

6. Kawasaki KLX300R

Kawasaki KLX300R adalah pilihan tepat bagi penggemar offroad yang menginginkan performa lebih tinggi. Dilengkapi mesin 292 cc liquid-cooled, 4-stroke DOHC, motor ini menghasilkan tenaga 33 dk yang tangguh untuk medan berat.

Desainnya yang ergonomis dan suspensi depan serta belakang yang adjustable memastikan kenyamanan dan kontrol optimal di berbagai kondisi jalan. Motor ini sangat cocok untuk mereka yang mencari performa maksimal di medan offroad.

7. Kawasaki KSR110

Kawasaki KSR 110 adalah motor mini yang gesit dan praktis. Dengan mesin 111 cc single-cylinder air-cooled, motor ini menghasilkan tenaga 8,6 dk pada 8.000 rpm dan torsi 8,6 Nm pada 6.000 rpm.

Meskipun kecil, motor ini memiliki desain agresif dan cocok untuk pemakaian di dalam kota maupun jalanan terjal. Dengan ukuran yang kompak, KSR 110 sangat mudah dikendarai dan dikendalikan.

8. Kawasaki KLX250

Kawasaki KLX 250 menawarkan performa tinggi dengan mesin 249 cc liquid-cooled, 4-stroke DOHC yang mampu menghasilkan tenaga hingga 24,6 dk pada 9.000 rpm dan torsi 21 Nm pada 7.000 rpm.

Suspensi depan upside-down dan suspensi belakang Uni-Trak membuat motor ini sangat stabil di medan offroad. Fitur-fitur modern seperti panel instrumen digital dan sistem bahan bakar injeksi menjadikan motor ini pilihan ideal untuk pengendara yang menginginkan kenyamanan dan performa.

9. CRF250L

CRF250L adalah motor trail dari Honda yang dirancang untuk menawarkan keseimbangan antara performa off-road yang tangguh dan kenyamanan berkendara di jalan raya. Cocok buat kalian yang cari motor trail buat harian nih! Ditenagai oleh mesin 250cc berpendingin cairan, motor ini memiliki tenaga yang cukup untuk menaklukkan medan berat sekaligus tetap nyaman digunakan untuk perjalanan sehari-hari.

Desainnya yang ramping dan ringan, serta suspensi depan teleskopik dan belakang Pro-Link, memberikan stabilitas dan kemampuan manuver yang baik, menjadikannya pilihan ideal bagi pengendara yang menginginkan fleksibilitas dalam berbagai kondisi jalan.

10. CRF250 Rally

CRF250Rally adalah varian dari CRF250L yang dirancang dengan fokus lebih pada petualangan dan perjalanan jarak jauh. Motor ini dilengkapi dengan fairing depan yang lebih besar dan windshield tinggi untuk perlindungan ekstra dari angin dan elemen cuaca saat berkendara di jalan raya atau medan terbuka. Menurut kalian cocok gak buat motor trail harian ?

Dengan mesin 250cc berpendingin cairan yang sama, CRF250Rally menawarkan performa yang andal dan efisien, sementara tangki bahan bakar yang lebih besar memungkinkan perjalanan lebih jauh tanpa perlu sering mengisi bahan bakar. Suspensi depan dan belakang yang kuat serta sistem rem cakram memberikan kontrol yang lebih baik di berbagai jenis medan.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait