MoFE Logo

Detail Spesifikasi SMI Expressa : Motor Nasional di Era Soeharto

Detail Spesifikasi SMI Expressa : Motor Nasional di Era Soeharto

Di era Orde Baru, Presiden Soeharto memiliki mimpi untuk menghadirkan motor nasional yang mampu bersaing dengan produk luar negeri. Mimpi ini diwujudkan melalui proyek “SMI Expressa”, sebuah sepeda motor karya anak bangsa yang diluncurkan pada tahun 1997.

Source : https://www.instagram.com/uyung_aria/

Banyak sumber menyebutkan kalau SMI Expressa merupakan kependekkan dari Ekspresi Bangsa atau Ekspresi Anak Bangsa. Namun, fakta lain dari foto potongan tabloid oleh akun instagram @uyung_aria tertulis bahwa Expressa merupakan kependekkan dari Extra Prestasi Bangsa.

Acara peluncuran Sepeda Motor Indonesia (SMI) dihelat di bagian belakang Istana Negara, meskipun banyak sumber di internet menyebutkan hal sebaliknya, yakni di depan Istana Negara.

Bapak Presiden Soeharto turut mencoba langsung kendaraan tersebut. Kepala Negara saat itu dengan tegas menyuarakan keinginan untuk menggalakkan produksi sepeda motor yang berasal dari karya anak bangsa.

Proses Pengembangan dan Desain selama 2 tahun

Tim SMI Expressa menghabiskan waktu dua tahun untuk merancang dan mengembangkan motor ini dimulai sekitar tahun 1995.

Source : https://www.instagram.com/uyung_aria/

Expressa dengan tampilan yang banyak tersebar di internet di mana sudah di kendarai Pak Soeharto kala itu sudah mengalami perjalanan panjang dan perubahan-perubahan prototype.

Sampai terbentuk desain yang dipamerkan di mana orang banyak menyebutnya seperti “Ayam Jago”.

Detail Spesifikasi Motor SMI Expressa

Source : https://www.instagram.com/uyung_aria/

Melansir foto unggahan akun instagram @uyung_aria terdapat detail spesifikasi dari motor SMI Expressa, sebagai berikut:

  1. Mesin : 4 Langkah, SOHC, horisontal, pendingin udara
  2. Kapasitas : 100 cc
  3. Kopling : Manual
  4. Transmisi : 4 tingkat percepatan, constant mesh
  5. Starter : Kick starter
  6. Alternator : 90 W/5.000 RPM
  7. Baterai : 6V – 4 Ah
  8. Sistem Pengapian : CDI
  9. Panjang x Lebar x Tinggi : 2.010 x 692 x 1.095 mm
  10. Jarak Sumbu Roda : 1.250 mm
  11. Panjang Tempat Duduk : 608 mm
  12. Tinggi Tempat Duduk : 780 mm
  13. Ground Clearance : 240 mm
  14. Berat : 94 kg
  15. Sudut Kaster : 64 derajat
  16. Berat Kotor : depan 70 kg ; belakang 155 kg
  17. Sasis : Besi pipa, model bebek
  18. Suspensi Depan : Teleskopik
  19. Suspensi Belakang : Lengan ayun
  20. Ban Depan : 2.50 – 17 – 4PR
  21. Ban Belakang : 2.75 – 17 – 4PR
  22. Rem : Teromol, diameter 110mm
  23. Kapasitas Tangki : 5,2 liter

Fakta Komponen SMI Expressa Dibuat di Dalam Negeri

Source : https://www.instagram.com/uyung_aria/

Dalam sebuah kutipan majalah, dijelaskan bahwa motor karya anak bangsa ini bisa dibilang sangat membanggakan. Bagaimana tidak? Pada era tersebut komponen motor Expressa tersebut sudah bisa dibuat sendiri di negara kita Indonesia. Lebih detailnya 22% komponen dibuat di dalam negeri oleh pengusaha kecil, menengah dan koperasi.

Keren kan!

Peluncuran dan Harapan Besar

Pada tanggal 24 September 1997, SMI Expressa diluncurkan secara resmi. Acara peluncuran Sepeda Motor Indonesia (SMI) dihelat di bagian belakang Istana Negara, meskipun banyak sumber di internet menyebutkan hal sebaliknya, yakni di depan Istana Negara.

Peluncuran SMI Expressa mengundang harapan besar dari masyarakat Indonesia. Motor ini diharapkan dapat menjadi sebuah kebanggan di mana bangsa kita mampu bersaing dengan bangsa lain di mana kita sudah mampu untuk menciptakan sepeda motor sendiri.

Kendala dan Akhir Proyek

Namun, proyek SMI Expressa harus terhenti di tengah jalan akibat krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1998. Krisis ini menyebabkan kesulitan pendanaan dan memaksa pemerintah untuk menghentikan proyek tersebut.

Peninggalan dan Warisan SMI Expressa

Meskipun proyek SMI Expressa gagal, proyek ini meninggalkan beberapa warisan penting. Pertama, proyek ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kemampuan untuk merancang dan memproduksi motor sendiri. Kedua, proyek ini menginspirasi generasi muda untuk terus berinovasi dan berkarya di bidang teknologi.

SMI Expressa: Sebuah Catatan Sejarah

SMI Expressa merupakan bagian dari sejarah otomotif Indonesia. Meskipun gagal mencapai tujuannya, proyek ini menjadi simbol ambisi dan semangat bangsa untuk membangun industri otomotif yang mandiri.

Kemudian, SMI Expressa adalah simbol ambisi dan semangat bangsa untuk membangun industri otomotif yang mandiri. Meskipun gagal mencapai tujuannya, proyek ini meninggalkan warisan penting dan menjadi catatan sejarah yang patut dikenang.

Itulah Detail Spesifikasi SMI Expressa dan sedikit gambaran perjalanannya, semoga artikel berikut bermanfaat buat kalian semua!

Yuk baca artikel lainnya ya!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait