MoFE Logo

5 Model Seri Kawasaki Z Teratas

5 Model Seri Kawasaki 'Z' Teratas

Honda memiliki ‘CBR’, Suzuki memiliki ‘GSX’, Yamaha memiliki ‘YZF’ tetapi apakah ada di antara mereka yang ikonik dan dapat dikenali seperti awalan Z Kawasaki yang sederhana dalam nama modelnya? Seri Z pertama – Z1 – muncul pada tahun 1972 sebagai tanggapan terhadap CB750 mani Honda dan berlanjut hingga hari ini dengan model-model seperti Z900, baik dalam bentuk modern maupun ‘klasik modern’. Di antaranya, ada banyak model Kawasaki ‘Z’, beberapa pengubah permainan, beberapa lebih baik dari yang lain, beberapa terlupakan tetapi semuanya merupakan desain khas Kawasaki. Di sini, kami memilih lima model Kawasaki Z terbaik kami.

5. Kawasaki Z1-R (1978)

Z1 900 1972 adalah platform yang sangat bagus sehingga mampu dikembangkan untuk menangani lebih banyak tenaga saat perpindahan naik menjadi 1015cc, dengan peningkatan tenaga dari 83 menjadi 90 tenaga kuda. Pada Z1-R, Kawasaki memulai debutnya dengan gaya sudut baru yang akan hidup sepanjang tahun 1980-an dan yang memberi Z1-R tampilan baru yang berbeda di antara para pesaingnya. Itu juga memperoleh fairing stang pertama yang pernah dipasang pada sepeda olahraga Jepang dan roda cast tujuh-spoke dengan cakram kembar yang dibor di bagian depan. Meskipun lebih lambat dan tidak menangani sebaik Suzuki GS1000 terbaru, Kawasaki Z1-R masih menjadi sepeda motor yang diinginkan pada saat itu dan merupakan salah satu model Z yang paling banyak dikoleksi.

Kawasaki Z1-R (1978), Seri Z

4. Kawasaki Z1000 (2004)

Nama Z1000 diistirahatkan selama satu atau dua dekade sebelum muncul kembali pada tahun 2004 Z1000, motor sport telanjang dalam bentuk klasik tahun 1970-an. Mesin empat silinder menghasilkan 125 tenaga kuda dan, jika sasisnya sedikit mendasar, itu juga lebih dari mampu menangani tenaga. Bahasa desain akan dicerminkan oleh banyak Kawasaki berikutnya dan sangat modern dan rapi dan knalpot empat-ke-dua-ke-empat membuat catatan baru. Z1000 ‘baru’ berlanjut hingga 2016, dengan beberapa peningkatan dan tetap menjadi motor sport telanjang yang sederhana, kokoh, cepat, dan efektif.

Kawasaki Z1000 (2004), Seri Z

3. Kawasaki Z650 (1976)

Kawasaki tidak terburu-buru membangun kesuksesan Z1, dan butuh waktu hingga tahun 1976 untuk model baru berikutnya tiba. Ketika itu terjadi, dalam bentuk Z650, revolusinya sama besarnya dengan Z1. Mesinnya semuanya baru dan bukan sekadar mesin Z1 dengan lubang yang lebih sempit dan langkah yang lebih pendek. Itu masih berpendingin udara dan dengan camshaft kembar di atas kepala, tetapi yang terpenting, itu tidak mencoba menjadi motor sport, yang membuatnya menarik bagi audiens yang jauh lebih luas dan lebih umum. Itu berarti itu terjual dengan baik dan menempatkan Kawasaki pada pijakan keuangan yang lebih kuat dan memberi perusahaan kepercayaan diri untuk maju dengan model yang lebih berani.

Kawasaki Z650 (1976), Seri Z

2. Kawasaki Z1300 (1979)

Salah satu model tersebut adalah Z1300 yang luar biasa, lengkap dengan mesin enam silinder segaris berpendingin air. Pengembangan sebenarnya dimulai pada tahun 1974, dan itu dimaksudkan untuk menjadi model andalan baru, mengambil alih dari tiga kali lipat 750cc dua langkah. Pemindahan mesin diperlukan untuk mengalahkan Gold Wing 1000cc Honda, enam silinder dipilih untuk membedakannya dari semua sepeda empat silinder yang kemudian muncul, dan penggerak poros digunakan karena tidak ada rantai penggerak yang mampu menangani output daya yang diproyeksikan. Memang sensasional, tetapi juga besar dan berat dan teknologi sasis pada masa itu berarti selalu ada lebih banyak tenaga daripada yang dapat ditangani dengan aman. Jika tidak terjual dengan baik, setidaknya itu menarik perhatian, persis seperti yang diinginkan Kawasaki.

Kawasaki Z1300 (1979), Seri Z

1. Kawasaki Z1 (1972)

Sepeda yang memulai semuanya. Kawasaki mulai mengembangkan Z1 bersamaan dengan Honda memulai CB750 tetapi, ketika CB750 tiba lebih dulu, Kawasaki menunda proyek mereka sementara mesin 900cc baru dikembangkan, yang merupakan penantian tiga tahun untuk kemunculannya. Ketika itu terjadi, itu jelas selangkah lebih maju dari Honda, mesin 903cc menghasilkan 82 tenaga kuda dibandingkan dengan 67 tenaga kuda Honda dan Kawasaki tiba-tiba menjadi hal besar baru dalam sepeda motor. Itu tetap menjadi sepeda motor produksi tercepat selama lima tahun dan terpilih sebagai Motor of the Year selama empat tahun berturut-turut. Tidak heran jika Kawasaki memilih model ini karena masuk ke dalam gerakan ‘klasik modern’ atau retro dengan Z900RS.

Kawasaki Z1 (1972), Seri Z

Jika Anda sedang mencari sepeda motor bekas yang sporty, silakan periksa MoFE untuk memeriksa harga dan jika Anda ingin menyimak kisah sepeda motor lainnya, silakan lihat artikel-artikel ini!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait