MoFE Logo

Seri Yamaha MT – Ringan Gesit dan Bertenaga

Seri Yamaha MT Sepeda Motor Hyper Naked Sports

MoFE – Sejak memulai debutnya, seri Yamaha MT tidak pernah kehilangan popularitasnya. Setelah MT-09 muncul pada tahun 2014, jajaran MT series diperkuat, dimulai dari seri MT-10 4-silinder 1000cc, MT-09 3-silinder 900cc, dan MT-07 2-silinder 700cc. Dan di bawah 400cc juga diluncurkan MT-03 dan MT-25. Pada Desember 2018, MT-15 debut di Indonesia dan Thailand. Semua seri MT sangat dihargai di seluruh dunia dan menduduki penjualan teratas di kelas mereka.

Konsep Seri MT

MT-10 tipe roadster, dijuluki “The King of MT” memiliki performa yang sangat kuat dengan tetap mempertahankan gaya yang menekankan desain kompak dan berbobot ringan. Pada rentang kecepatan penggunaan harian, MT-09 memberikan sensasi kebebasan. Dan telah membuktikan dirinya sebagai model yang memungkinkan pengendara untuk “bersatu dengan motor.” Lalu, Yamaha MT-07 mengedepankan sensasi kesenangan berkendara, cocok sekali untuk Anda yang lebih senang melakukan mobilitas menggunakan sepeda motor. Pada kelas dibawah 400cc, MT-03 dan MT-25 adalah sepeda motor sehari-hari yang didasarkan pada konsep “big city cheetah.”

Ada atmosfir seri MT yang tidak pernah berhenti mengagumkan para pengendara. Tidak hanya kesan modis yang ditonjolkan, tetapi juga memiliki torsi tenaga dan handling yang dapat disesuaikan. Membuat berkendara menjadi menyenangkan dan seru, terlepas dari gaya berkendara si pengendara. Itu adalah kunci keberhasilannya. Berikut kami rangkum impressi uji coba Yamaha seri MT.

MT-10: The King of MT

Yamaha MT-10, dirilis pada tahun 2017, dirancang sebagai puncak dari seri Yamaha MT, yang telah diperluas untuk mencakup model seperti MT-09, 07, dan 25. Mesin dan rangka didasarkan pada YZF-R1 2015, tetapi pengaturan dan spesifikasi telah diubah untuk memberikan sensasi tarikan torsi secara langsung dan karakteristik handling dari seri MT. Untuk MT-10, 60% dari bagian body telah dimodifikasi. Sebagai versi naked R1, fungsi elektronik seperti kontrol traksi dan asisten pergeseran juga disertakan.

MT-10

MT-09: Asal Mula Seri MT

Yamaha MT-09 adalah sepeda motor sport tanpa fairing dengan mesin tiga silinder yang dirilis pada tahun 2014. Yamaha dikenal dengan istilah “Yamaha for handling” dan keberadaan generasi pertama R1 (1998), yang diklaim sebagai motor tercepat di jalan berkelok-kelok. Sama seperti R1, konsep pengembangan MT09 adalah “Synchronized performance bike” yang memungkinkan pengendara mengendalikan dan menyinkronkan diri dengan sepeda motor mereka. Untuk mencapai tujuan ini, Yamaha mengembangkan mesin tiga silinder berkekuatan tinggi (845cc) dan mendominasi pasar sepeda motor Naked.

Seri Yamaha MT - Yamaha MT09

MT-07: Membuat Seri MT sebagai Penjualan Terbaik Global

Yamaha MT-07, yang dirilis pada bulan Agustus 2014, juga mewujudkan “Handling as you wish” yaitu berkendara sesuai dengan gaya kita. MT-07 telah menjadi model yang sangat populer di Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang. Mesin DOHC silinder paralel berpendingin air dengan kruk as 270° dan kapasitas 688cc, seperti MT-09, didasarkan pada prinsip cross-plane dan menawarkan karakteristik torsi yang mudah dipahami. Kombinasi mesin tersebut dengan tubuh yang ringkas dan ringan menghasilkan pengalaman berkendara yang menyenangkan baik di kawasan perkotaan maupun jalan berkelok-kelok.

Seri Yamaha MT - Yamaha MT07

MT-25: Model strategis untuk Jepang dan Indonesia

Yamaha MT-25 dirilis pada tahun 2015 berdasarkan model sport full cowl R25. Mesin MT-25 adalah unit 2 silinder sejajar DOHC 4 katup 249cc liquid cooling 4 tak, dan pegangan bar yang lebih lebar 39mm lebih tinggi dan 19mm lebih maju daripada R25, sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lincah. Konsep pengembangan seri MT ini adalah “big city cheetah”. Yamaha mengejar respons yang lincah dan cepat seperti cheetah yang berburu mangsanya dengan bergerak cepat dalam jarak pendek daripada mengejar mereka dalam jarak yang panjang. MT-25 merupakan model yang strategis bagi pasar Jepang dan Indonesia.

Seri Yamaha MT - Yamaha MT25

MT-15: model pintu masuk untuk berbagi DNA MT

Yamaha MT-15 diungkapkan sebagai model baru untuk tahun 2019 pada musim gugur 2018. MT-15 didasarkan pada R15, sama seperti MT-25 didasarkan pada R25. MT-15 memiliki mesin satu silinder 155cc berpendingin air dengan sistem katup variabel (VVA) dan garpu depan terbalik seperti R15. Di bagian kepala, termasuk lampu depan, diwarisi dari MT-09. MT-15 dilengkapi dengan transmisi manual enam kecepatan, lampu depan LED, dan kopling bantu & slipper.

Seri Yamaha MT - Yamaha MT15

Meskipun populer di seluruh dunia, seri MT belum mampu menarik perhatian yang cukup dari pelanggan Indonesia meskipun juga tetap ada penggemar serius dari seri MT. Jika Anda mencari sepeda motor sport Yamaha, R15, R25, Vixion, dan XSR155, akan lebih mudah ditemukan di pasar sepeda motor bekas.

Dan jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli sepeda motor sport, silakan lihat artikel-artikel ini sebelum mencari dan membeli sepeda motor bekas:

Dan jika Anda tertarik dengan sejarah dan fakta menarik dari sepeda motor lainnya, silakan lihat di artikel berikut :

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait