MoFE Logo

Sejarah Seri Honda CB: 1970-an ~ Sekarang (bagian 2)

Honda CB1100 - Sejarh Seri Honda CB

MoFE – Seri Honda CB telah menjadi ikon legendaris dalam dunia otomotif sejak pertama kali diperkenalkan. Dari era klasik tahun 70an hingga era modern saat ini, seri ini terus mengalami evolusi dan mempertahankan statusnya sebagai motor yang sangat dihormati di seluruh dunia. Setiap model Honda CB memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri yang membuatnya populer di kalangan penggemar sepeda motor. Dalam artikel ini, kita akan membahas sejarah dan perkembangan seri Honda CB dari tahun 70an hingga saat ini.  Pada artikel sebelumnya kita sudah mengupas Seri Honda CB generasi awal hingga seri CB750 Four.

Artikel 1: Sejarah Seri CB: Awal Mula CB ~ CB750 Four Tahun 1969

Sejarah Honda CB berlanjut pada tahun 1970-an

Seri CB keluar dengan berbagai macam versi model dari tahun ke tahun. Mulai dari sepeda motor moped hingga yang menggunakan mesin 750cc. Pada tahun 1979, CBX dilengkapi dengan mesin 6 silinder DOHC juga muncul. Kita telah membahas semua kelas mulai dari sepeda motor moped hingga sepeda motor berkapasitas mesin besar. Hampir semua versi, menunjukkan performanya dan keunggulan diantara rival – rivalnya di kelas masing – masing.

Honda CBX - Sejarah Seri Honda CB

Honda CB menjadi lebih kuat di tahun 1980-an

Di paruh pertama tahun 1980-an, dimana mulai bermunculan sepeda motor dengan kecepatan dan performa yang semakin tangguh, CB750F menjadi yang pemicu popularitas big bike. Dilengkapi dengan mesin DOHC yang diwariskan dari balap ketahanan RCB, model ini, merupakan motor yang diabdikan untuk ‘berlari’, mencatat penjualan yang menakjubkan untuk kelas 750.

Honda CB750F - Sejarah Seri Honda CB

Simbol CB, CB400SF dilepas

CB400SF, yang muncul pada tahun 1992, menjadi motor hits pada saat itu. Performa dan keandalannya, bersama dengan ukuran dan daya yang sesuai dengan kondisi jalan di Jepang, membuatnya populer di kalangan banyak orang. Setelah itu, pasokan bahan bakar diubah menjadi injeksi, dan menjadi populer dalam jangka panjang sambil menggabungkan banyak teknologi canggih termasuk mengadopsi teknologi  VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control System) yaitu sistem variabel pengatur katup mesin.

Big One! CB1000SF, CB1300 and CB1100

Yang lainnya adalah CB1000SF. Konsep pengembangan mesin ini, yang dinamai Project Big One, adalah untuk memiliki performa yang mengesankan pada kapasitas mesin besar. Setelah itu, model generasi ketiga saat ini dengan kapasitas 1300cc terlahir kembali sebagai big bike yang mudah dikendarai dan menyenangkan untuk dikendarai di kondisi jalan di Jepang, dan menjadi standar bagi big bike.

Sejarah seri CB penuh dengan banyak model legendaris. CB750 Four, yang mencapai puncak dunia pada tahun 1960-an, dan CB1300SF terbaru adalah “King of CB”. CB1100 menawarkan pilihan dengan gaya modern klasik untuk para penggemar CB.

Meskipun ukuran mesin berbeda, CB150 Verza, CB150R, dan CB150X mewarisi DNA seri CB dan memberikan kesan “Fun” saat berkendara. Jika Anda tertarik dengan seri Honda CB, tidak ada salahnya membeli Honda CB bekas untuk memulai merasakan kenyamanan dan performanya. Anda dapat memeriksa harganya dari MoFE sebelum menanyakan atau mengunjungi dealer sepeda motor bekas.

Silakan periksa artikel lain yang terkait dengan big bike dan sport bike di sini.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait