MoFE Logo

Sejarah Honda CB: Seri Awal Hingga CB750 Four 1969

Honda CB750 Four - Sejarah Honda CB

MoFE – CB150 Verza, CB150R, dan CB150X adalah salah satu model terlaris dari Astra Honda Motor. Tidak hanya itu, kita juga patut menempatkan Honda CB650R dari jajaran Big Bike Astra Honda Motor. Kita semua menyadari bahwa dari semua model tersebut menggunakan singkatan “CB”, tetapi mungkin hampir sebagian besar dari kita tidak tahu apa arti atau kepanjangan dari CB. Dan mengapa CB disebut “Spirit of Honda”. Pada artikel ini dan artikel selanjutnya, MoFE akan berbagi sejarah CB dan mengapa CB penting bagi Honda Motor dan Astra Honda Motor.

Singkat Cerita Awal Mula Honda

Honda Motor didirikan di Kota Hamamatsu pada tahun 1946 oleh Soichiro Honda, setahun setelah berakhirnya perang dunia. Pada awal pengembangannya, Soichiro  Honda menggunakan mesin generator radio dua tak 50cc sisa perang, hingga pada tahun 1947, Honda Model A dirilis, dengan menggunakan mesin hasil produksi sendiri. Dan pada tahun 1952 Honda merilis Honda Cub F, yang dapat dikatakan sebagai model yang canggih pada zamannya. Model tersebut menjadi model hits dan menjadi dasar bagi Honda saat ini.

Honda Model A - Sejarah Honda CB

Awal Seri Honda CB

Selama 50 tahun, nama CB telah digunakan untuk sepeda motor sport 4-tak Honda. Ada berbagai teori tentang asal-usulnya, seperti bahwa itu merupakan singkatan dari clubman race, atau bahwa itu merupakan kombinasi dari C untuk cycle dan B untuk best. Namun, satu hal yang pasti, sejak CB muncul, sepeda motor Honda mulai bergerak menuju puncak dunia.

Model produksi pertama yang diberi nama CB adalah CB92, yang diluncurkan pada tahun 1959, tepat setengah abad yang lalu. Tahun itu, Honda untuk pertama kalinya berkiprah di ajang balapan Isle of Man TT yang sangat terkenal. Dan Honda mulai mengejar performance motornya hingga maksimal. CB95, seri penerus dari C92, juga digunakan sebagai mesin untuk latihan untuk balapan Isle of Man TT.

Honda CB92 - Sejarah Honda CB

Honda CB menjadi simbol dari motor besar tanpa fairing (Naked Big Bike)

Menjadi topik yang tidak kalah untuk dibahas adalah seri CB72 yang muncul selanjutnya. Dilengkapi dengan mesin 4-tak 2-silinder 250cc, model ini memiliki performa tinggi yang mendekati pesaingnya, yang memiliki bobot yang ringan dan bertenaga tinggi, 2-tak. Dan telah menerima pujian tinggi baik di dalam negeri maupun di luar negeri (di luar negeri, CB77 350cc). Selain itu, melawan motor besar 500cc dan 650cc dunia pada saat itu, CB450, yang mengeluarkan daya yang sebanding dengan motor Inggris dengan mekanisme tinggi yang disebut DOHC, Honda semakin mengudara pada saat itu.

Honda tidak berhenti dengan pengembangan seri Honda CB. Pada tahun 1969, mesin besar CB750 Four yang mengejutkan dunia diperkenalkan oleh Honda. Dengan kapasitas 750cc, mesin 4-silinder (hanya ada mesin 2-silinder dan 1-silinder pada saat itu), bodi besar dan performa tinggi yang tak tertandingi, semuanya jauh melampaui akal sehat. Dengan ini, nama Honda dan CB menjadi dikenal di seluruh dunia.

Honda CB750 Four - Sejarah Honda CB

Sayangnya, seri CB klasik ini tidak tersedia di Indonesia dan juga sulit untuk menemukan model dalam kondisi baik secara global. Namun, kita semua masih dapat merasakan semangat CB dari lineup Astra Honda Motor, CB150 Verza, CB150R, dan CB150X. Dan jika Anda ingin membeli motor bekas dari model-model ini, Anda dapat memeriksa harga dari MoFE sebelum mencarinya dari pasar.

Tetap terhubung untuk Artikel ke-2!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait