MoFE Logo

Segitiga Merah Mata Kucing Aksesoris Motor yang Sering Dicuri

Masing ingat gak dengan aksesoris motor segitiga merah mata kucing yang sering dicuri di tahun 2000an?

Segitiga merah yang biasa kamu lihat di belakang spakbor motor atau juga dikenal dengan mata kucing merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor.

Meskipun hanya terkesan hiasan yang mempercantik body motor, ternyata komponen ini berfungsi untuk penanda bagi motor yang sedang dikendarai di malam hari karena fungsinya yang menyala ketika mendapat pantulan cahaya.

Sekarang Anda tau dong betapa pentingnya aksesoris satu ini.

Fenomena Zaman Dulu Mata Kucing Segitiga Merah Dicuri

Sayangnya mata kucing segitiga merah motor itu banyak dicuri di zaman dulu sekitar tahun 2000-an yang kemungkinan terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Fenomena ini terjadi karena mata kucing dianggap memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Sehingga tak sedikit yang mencurinya dari motor yang sedang beristirahat di parkiran.

source : Youtube Melia Motor 07

Mata kucing terbuat dari kaca patri yang dilapisi dengan bahan fosfor. Bahan fosfor ini akan memantulkan cahaya lampu dari kendaraan lain pada malam hari.

Katanya sih aksesoris motor segitiga merah mata kucing yang sering dicuri tersebut biasanya dijual kembali kepada para bengkel atau pedagang onderdil sepeda motor. Tapi apakah benar segitiga merah tersebut harganya mahal? 

Apa Itu Mata Kucing?

Dari tadi kita sudah membahas fenomena yang sebelumnya sudah terjadi. Jadi penasaran, apa sih mata kucing itu? Kenapa benda tersebut bisa memantulkan cahaya dan seolah bersinar?

Mata kucing adalah salah satu komponen keselamatan pada sepeda motor. Komponen ini berfungsi untuk membantu pengendara sepeda motor melihat lubang atau rintangan di jalan raya pada malam hari. Atau kalau yang menempel pada bagian sepeda motor fungsinya yakni sebagai penanda motor pada malam hari agar tetap terlihat oleh pengendara lain.

Mata kucing terbuat dari kaca patri yang dilapisi dengan bahan fosfor. Bahan fosfor ini akan memantulkan cahaya lampu dari kendaraan lain pada malam hari. Cahaya yang dipantulkan oleh mata kucing akan terlihat seperti mata kucing, sehingga komponen ini disebut sebagai mata kucing.

Sejarah Mata Kucing

Mata kucing pertama kali ditemukan oleh seorang penemu asal Amerika Serikat bernama William H. Vanderbilt pada tahun 1936. Dirinya menemukan mata kucing saat sedang berkendara di malam hari. Vanderbilt melihat bahwa cahaya lampu dari kendaraan lain tidak cukup untuk menerangi lubang atau rintangan di jalan raya.

Vanderbilt kemudian menciptakan mata kucing untuk membantu pengendara sepeda motor melihat lubang atau rintangan di jalan raya pada malam hari.

Oh ya gak cuma di jalan atau sepeda motor ya, mata kucing juga banyak diaplikasikan di sepeda.

Fungsi Mata Kucing pada Sepeda Motor

Oh ya, untuk mata kucing yang diaplikasikan di motor itu gak melulu segitiga merah ya, ada juga kok yang bentuknya bulat dan bentuk lain dengan ragam warna tentunya. Salah satu bentuk yang paling umum adalah mata kucing persegi panjang dengan warna kuning.

Mata kucing memiliki beberapa fungsi penting pada sepeda motor, yaitu:

  • Membantu pengendara sepeda motor melihat lubang atau rintangan di jalan raya pada malam hari.
  • Meningkatkan visibilitas sepeda motor pada malam hari.
  • Mengurangi risiko kecelakaan pada malam hari.

Mata Kucing pada Jalan Raya

Selain pada sepeda motor, mata kucing juga sering digunakan pada jalan raya. Benda yang juga memantulkan cahaya pada jalan raya ini berfungsi untuk membantu pengendara kendaraan melihat pembatas jalan atau marka jalan pada malam hari.

Mata kucing pada jalan raya biasanya terbuat dari kaca patri atau plastik yang dilapisi dengan bahan fosfor. Mata kucing pada jalan raya biasanya dipasang pada tikungan, persimpangan jalan, atau jembatan.

Seberapa Penting Mata Kucing?

Mata kucing merupakan salah satu komponen keselamatan yang penting pada sepeda motor maupun mobil yang tengah melintasi jalan raya. Mata kucing dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan pada malam hari. Oleh karena itu, pengendara sepeda motor harus memastikan bahwa mata kucing pada sepeda motornya dalam kondisi baik dan berfungsi dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat mata kucing:

  • Bersihkan mata kucing secara rutin dengan sabun dan air.
  • Hindari menggores atau memecahkan mata kucing.
  • Jika mata kucing rusak, segera ganti dengan mata kucing yang baru.
  • Dengan merawat mata kucing dengan baik, pengendara sepeda motor dapat berkendara dengan lebih aman pada malam hari.

Baca juga artikel lainnya!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait