MoFE Logo

Segera Cuci Motor Setelah Terkena Air Hujan!

Kenapa kita harus segera cuci motor setelah terkena air hujan? Oke pertanyaan ini akan kita bahas!

Saat ini sudah memasuki musim hujan nih! Pastinya waktu hujan gak bisa tertebak ya guys, beruntung kalau kita sedang di rumah, tapi kalau lagi di jalan dan berkendara kita harus siap-siap basah kuyup.

Tapi hal yang menyebalkan bukan hanya sekadar kebasahan pada saat hujan. Pernah gak sih kalian mengalami kehujanan ketika berkendara, tapi sebelumnya baru habis cuci motor?

Meskipun habis kita cuci, tetaplah segera cuci motor setelah terkena air hujan. Karena ada beberapa alasan kamu wajib mencuci motor kalian ketika terkena air hujan.

Berikut alasannya!

1. Mencegah water spot

Air hujan mengandung asam karbonat, asam sulfat, dan asam nitrat. Asam-asam ini dapat menyebabkan water spot atau bercak-bercak putih pada bodi motor. Water spot tidak hanya merusak tampilan motor, tetapi juga dapat menyebabkan cat terkelupas.

Water spot terbentuk ketika air hujan yang mengandung asam menguap. Asam yang tertinggal di permukaan bodi motor akan bereaksi dengan cat dan membentuk lapisan yang keras. Lapisan ini akan menghalangi cahaya matahari dan menyebabkan bercak-bercak putih.

Untuk mencegah water spot, motor harus dicuci segera setelah terkena hujan. Dengan mencuci motor, Anda dapat menghilangkan air hujan yang mengandung asam sebelum air tersebut menguap.

2. Mencegah korosi

Air hujan juga mengandung zat besi yang dapat menyebabkan korosi pada komponen logam motor, seperti rangka, mesin, dan knalpot. Korosi dapat menyebabkan komponen motor menjadi rusak dan berumur pendek.

Korosi terjadi ketika logam mengalami reaksi kimia dengan oksigen di udara. Air hujan yang mengandung zat besi dapat mempercepat proses korosi.

Untuk mencegah korosi, motor harus dicuci secara rutin, termasuk setelah terkena hujan. Sehingga kotoran dan zat besi yang menempel pada komponen logam terbilas saat motor kesayangan kamu dibersihkan.

3. Menjaga performa mesin

Meski kemungkinan kecil, kotoran dan cipratan ketika berkendara saat hujan bisa mempengaruhi performa mesin motor kalian lho!

Kotoran yang menempel pada mesin motor dapat menghambat aliran udara dan pendinginan mesin. Hal ini dapat menyebabkan mesin menjadi overheat dan performa mesin menurun.

Mesin motor dirancang untuk bekerja dengan suhu tertentu. Ketika mesin menjadi overheat, kinerja mesin akan menurun dan dapat menyebabkan kerusakan.

Ketimbang hal tersebut terjadi mending kalian segera buru-buru cuci motornya, sehingga kotoran yang membawa risiko menghambat aliran udara bisa lenyap dan tidak menempel di motor kalian.

4. Meningkatkan nilai jual

Motor yang bersih dan terawat akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada motor yang kotor dan tidak terawat. Hal ini karena motor yang bersih dan terawat akan memberikan kesan yang lebih baik kepada calon pembeli.

Ketika calon pembeli melihat motor yang bersih dan terawat, mereka akan merasa bahwa motor tersebut dirawat dengan baik. Hal ini akan menimbulkan kesan positif bagi calon pembeli dan membuat mereka lebih tertarik untuk membeli motor tersebut.

Gak hanya meningkatkan nilai jual, tapi motor kamu akan lebih mudah dijual. Dengan catatan kamu ingin menjual motor kamu ya!

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Motor yang bersih dan terawat akan membuat pengendara merasa lebih percaya diri saat berkendara. Masa sih mau ketemu teman-teman atau gebetan dengan motor yang dekil, malu dong!

Selain itu motor yang kamu kendarai akan terasa lebih nyaman tentunya kalau bersih. Oh ya jangan lupa biar makin kinclong kalian bisa tambahkan spray pengkilap, biar motor kalian terlihat kece.

Tips Mencuci Motor Setelah Hujan

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mencuci motor setelah hujan:

  • Cuci motor segera setelah terkena hujan. Semakin lama motor dibiarkan kotor, semakin sulit untuk membersihkannya.
  • Anda bisa mencucinya setelah mesin motor dingin.
  • Gunakan air bersih dan sabun khusus motor.
  • Cuci bagian-bagian motor secara menyeluruh, termasuk bagian-bagian yang sulit dijangkau.
  • Bilas motor dengan air bersih hingga bersih.
  • Keringkan motor dengan kain microfiber.

Kalau motor-motor bekas yang dijual di MoFE sih kualitas bersihnya jangan diragukan, apalagi belinya di dealer-dealer yang sudah verified.

Jaminan puas dan dapat harga terbaik guys!

Baca juga artikel lainnya!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait