MoFE Logo

Rekomendasi Motor yang Aman untuk Hadapi Banjir

Apa ya motor yang aman untuk hadapi banjir? Kayanya itu jadi pertanyaan yang selalu muncul ketika sudah memasuki musim hujan seperti saat ini.

Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah tropis dengan curah hujan yang tinggi. Hal ini menyebabkan terjadinya banjir di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di perkotaan. Bagi pemilik kendaraan bermotor, banjir tentu menjadi momok yang menakutkan. Pasalnya, banjir dapat merusak kendaraan, bahkan sampai membuatnya tidak bisa digunakan lagi.

Bagi kalian yang tinggal di daerah yang rawan banjir, sebaiknya memilih motor yang tangguh untuk menerjang banjir. Berikut ini adalah 5 rekomendasi motor di Indonesia yang cukup tangguh terjang banjir:

1. Honda ADV 160

motor yang aman untuk hadapi banjir Honda ADV 160

Honda ADV 160 merupakan salah satu motor matik adventure yang cukup populer di Indonesia. Motor ini memiliki desain yang gagah dan tangguh, serta dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung performanya di berbagai medan, termasuk medan banjir.

Honda ADV 160 memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 165 mm. Hal ini membuat motor ini mampu melewati genangan air dengan kedalaman hingga 50 cm. Selain itu, Honda ADV 160 juga memiliki desain bodi yang aerodinamis, sehingga dapat melaju dengan stabil di medan banjir.

Motor ini dibanderol seharga di kisaran 36 jutaan.
Untuk harga bekas motor ini ada di kisaran 34 jutaan.

2. Yamaha XMax

motor yang aman untuk hadapi banjir Yamaha XMax

Yamaha XMax merupakan motor matik premium yang memiliki desain yang mewah dan elegan. Motor ini juga memiliki performa yang tangguh, serta dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung kenyamanan berkendara.

Yamaha XMax memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 145 mm. Hal ini membuat motor ini mampu melewati genangan air dengan kedalaman hingga 45 cm. Selain itu, Yamaha XMax juga memiliki desain bodi yang kokoh, sehingga dapat menahan benturan saat melewati genangan air.

Motor mewah ini punya harga yang cukup tinggi, yakni sekitar Rp 66 jutaan.
Untuk XMax keluaran tahun 2022 dijual bekas dengan harga mulai dari Rp 54 jutaan.

3. Kawasaki KLX 150

motor yang aman untuk hadapi banjir Kawasaki KLX 150

Kawasaki KLX 150 merupakan motor trail yang cukup populer di Indonesia yang digadang-gadang motor yang aman untuk hadapi banjir. Motor ini memiliki desain yang gagah dan tangguh, serta dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung performanya di medan off-road.

Kawasaki KLX 150 memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 275 mm. Hal ini membuat motor ini mampu melewati genangan air dengan kedalaman hingga 80 cm. Selain itu, Kawasaki KLX 150 juga memiliki desain bodi yang kokoh, sehingga dapat menahan benturan saat melewati genangan air.

Motor trail satu ini memiliki harga sekitar Rp 32-39 jutaan.

4. Honda CRF150L

motor yang aman untuk hadapi banjir Honda CRF150L

Honda CRF150L merupakan motor trail yang juga cukup populer di Indonesia. Motor ini memiliki desain yang gagah dan tangguh, serta dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung performanya di medan off-road.

Honda CRF150L memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 270 mm. Hal ini membuat motor ini mampu melewati genangan air dengan kedalaman hingga 75 cm. Selain itu, Honda CRF150L juga memiliki desain bodi yang kokoh, sehingga dapat menahan benturan saat melewati genangan air.

Harga OTR motor Honda CRF150L adalah sekitar Rp 37 jutaan.
Untuk harga bekasnya mulai dari Rp 27 jutaan.

5. Yamaha WR155R

motor yang aman untuk hadapi banjir Yamaha WR155R

Yamaha WR155R merupakan motor trail yang memiliki desain yang modern dan sporty. Motor ini juga memiliki performa yang tangguh, serta dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung kenyamanan berkendara.

Yamaha WR155R memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 270 mm. Hal ini membuat motor ini mampu melewati genangan air dengan kedalaman hingga 75 cm. Selain itu, Yamaha WR155R juga memiliki desain bodi yang kokoh, sehingga dapat menahan benturan saat melewati genangan air.

Siap-siap rogoh kocek sekitar Rp 38 jutaan untuk dapatkan motor satu ini.

Dari kelima motor tersebut, Honda ADV 150 dan Yamaha XMax merupakan pilihan yang tepat bagi kalian yang mencari motor matik yang tangguh untuk menerjang banjir.

Sementara itu, Kawasaki KLX 150, Honda CRF150L, dan Yamaha WR155R merupakan pilihan yang tepat bagi kalian yang mencari motor trail yang tangguh untuk menerjang banjir.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih motor yang tangguh untuk menerjang banjir:

  • Pilihlah motor dengan ground clearance yang tinggi. Ground clearance yang tinggi akan membuat motor kalian mampu melewati genangan air dengan kedalaman yang lebih besar.
  • Pilihlah motor dengan desain bodi yang kokoh. Desain bodi yang kokoh akan membuat motor kalian lebih tahan terhadap benturan saat melewati genangan air.
  • Pilihlah motor dengan tenaga yang cukup besar. Tenaga yang besar akan membuat motor kalian lebih mudah untuk melaju di medan banjir yang licin dan bergelombang.

Jadi kalian minat membeli salah satunya? Atau punya rekomendasi lain?

Jika minat untuk membeli motor bekas dengan harga terbaik, langsung cek MoFE ya!

Baca juga artikel lainnya!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait