MoFE Logo

Ingin menggunakan sparepart motor KW? pertimbangkan kembali

sparepart motor

MoFE – Perawatan sepeda motor pasti membutuhkan biaya, termasuk penggantian sparepart motor yang tidak jarang memakan biaya. Anda perlu mengganti oli mesin setiap 1500km ~ 2000km, belt setiap 8000km ~ 10.000km, dan perlu mempertimbangkan untuk mengganti ban setiap 10.000km. Cara termudah untuk meminimalkan biaya adalah dengan menggunakan suku cadang KW, tetapi saya menyarankan Anda untuk tidak menggunakan suku cadang KW dan inilah alasannya:

Kualitas: Sparepart motor KW berkualitas di bawah sparepart asli

Suku cadang asli dibuat dengan spesifikasi dan standar yang sama dengan suku cadang yang awalnya dipasang pada sepeda motor Anda. Mereka dirancang dan diuji untuk bekerja sama untuk menjamin kinerja dan keselamatan yang optimal. Tetapi dalam pada suku cadang KW, sebagian besar perusahaan suku cadang mengabaikan proses pengujian dan menggunakan bahan murah untuk memotong biaya.

Daya tahan: Sparepart motor KW berdaya tahan rendah

Suku cadang asli terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan dirancang untuk bertahan lebih lama daripada suku cadang KW. Meskipun Anda menggunakan suku cadang asli dalam masa penggunaan yang lebih jauh dari rekomendasi pabrikan Yamaha atau Honda, suku cadang jarang rusak berkat daya tahannya yang tinggi. Namun suku cadang KW mudah rusak dan dapat merusak mesin sepeda motor atau bagian penting lainnya. Dalam kasus terburuk, Anda dapat mengalami kecelakaan karena kerusakan tiba-tiba.

sparepart motor

Garansi: Anda akan kehilangan garansi

Sebagian besar produsen sepeda motor memberikan garansi pada suku cadang asli mereka dan melarang penggunaan suku cadang KW. Jika sepeda motor Anda rusak dengan suku cadang asli, Anda akan mendapatkan layanan gratis. Tetapi jika sepeda motor Anda rusak dengan suku cadang palsu, Anda akan kehilangan garansi,  berikut contoh garansi yang diberikani Astra Honda Motor,

  1. GARANSI KELISTRIKAN DAN RANGKA BODY (1 TAHUN / 10.000 KM*)
  2. GARANSI MESIN (3 TAHUN / 30.000 KM)
  3. GARANSI PGM-FI SISTEM (5 TAHUN / 50.000 KM)

Kompatibilitas: Sparepart motor KW mungkin tidak sesuai dengan bawaan motor

Setiap tahun, perusahaan sepeda motor seperti Honda dan Yamaha, sedikit memperbarui sepeda motor mereka, demi meningkatkan kinerja dan mengendalikan biaya. Suku cadang asli dirancang khusus untuk bekerja dengan merek dan model sepeda motor Anda dan mengikuti pembaruan tahunan tersebut. Tetapi suku cadang palsu dikembangkan untuk banyak jenis sepeda motor. Terkadang suku cadang palsu tidak cocok tetapi dipaksa dipasangkan oleh bengkel, dan ini menjadi penyebab kerusakan.

Nilai Jual Kembali: Harga sepeda motor Anda akan turun

Menggunakan suku cadang asli dapat membantu mempertahankan nilai jual kembali sepeda motor Anda. Pembeli cerdas iasanya akan menanyakan bagian motor mana saja yang sudah pernah di ganti sparepartnya dan memeriksa bagian bodi apakah penjual menggunakan suku cadang asli atau tidak. Jika Anda memutuskan untuk menjual sepeda motor Anda, memiliki suku cadang asli dapat meningkatkan nilainya dan menarik minat calon pembeli.

Secara keseluruhan, menggunakan suku cadang asli adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa sepeda motor Anda berkinerja terbaik, bertahan lebih lama, dan mempertahankan nilainya. Daftar harga di MoFE didasarkan pada sepeda motor yang menggunakan suku cadang asli.

Sekali lagi, jangan menggunakan suku cadang KW untuk sepeda motor Anda!

Untuk informasi tambahan tentang membeli dan menjual sepeda motor bekas serta menjaga nilai sepeda motor Anda, silakan periksa artikel-artikel berikut.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait