MoFE Logo

Permasalah Umum Motor Beat! Gasnya Brebet!

Di artikel kali ini kita akan membahas Permasalah Umum Motor Beat yang pastinya sering para pengguna motor ini temui.

Yup! Honda Beat bisa kita bilang adalah motor sejuta umat. Bagaimana tidak, motor ini salah satu yang sangat laris di Indonesia.

Selain harganya yang terjangkau, motor ini juga terkenal dengan penggunaan bahan bakarnya yang sangat irit.

Tapi di balik matic super irit ini, ada beberapa permasalahan yang sering dijumpai oleh para penggunanya.

Berikut ini adalah beberapa masalah umum yang sering terjadi pada motor Honda Beat:

1. Motor tidak bisa distarter

Masalah ini merupakan salah satu masalah yang paling sering dialami oleh pemilik motor Beat. Ada beberapa penyebab motor Beat tidak bisa distarter, yaitu:

  • Aki lemah atau habis
  • Starter rusak
  • Kabel starter putus atau kendor

Ini merupakan salah satu permasalahan umum motor Beat dan Anda dapat memeriksa aki terlebih dahulu. Jika aki lemah atau habis, Anda perlu mengisi ulang aki atau mengganti aki yang baru. Sebaiknya periksa dan ganti aki tiap sekitar 2-3 tahun, karena biasanya daya dan kualitas aki akan menurun setelahnya.

Apabila starternya yang rusak, Anda perlu mengganti starter yang baru. Dan bila kabel starter putus atau kendor, Anda perlu memperbaiki atau mengganti kabel starter. Jika dinamo starternya yang bermasalah, kamu bisa menggantinya dengan membeli di marketplace dengan harga sekitar 100 ribuan, tapi perhatikan kualitas dari komponen yang kalian beli ya.

Jika memungkinkan belilah sparepart yang original ya guys!

2. Motor brebet saat digeber

Masalah ini biasanya disebabkan oleh busi yang kotor atau rusak. Busi yang kotor atau rusak dapat menyebabkan percikan api yang lemah, sehingga mesin menjadi brebet saat digeber.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat membersihkan atau mengganti busi yang baru. Anda juga dapat memeriksa filter udara, karena filter udara yang kotor juga dapat menyebabkan masalah ini.

Kondisi brebet bisa karena bermacam faktor dan kalian jumpai kasusnya di beberapa video, seperti berikut ini!

3. Motor tiba-tiba mati

Lagi asyik jalan-jalan naik motor Beat tiba-tiba mati di jalan. Pernah ngalamin? Wah berarti gak sedikit yang alami hal ini. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa kemungkinan yang beberapa di antaranya, seperi:

  • Fuel pump rusak
  • Kabel putus
  • Sensor yang rusak

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memeriksa kondisi fuel pump, kabel, dan sensor. Jika salah satu komponen tersebut rusak, Anda perlu menggantinya yang baru.

4. Motor boros bahan bakar

Honda Beat terkenal karena penggunaan bensinnya yang super duper irit. Tapi kondisi boros bahan bakar bisa terjadi karena beberapa faktor, misal:

  • Oli mesin yang terlalu kental
  • Busi yang kotor atau rusak
  • Filter udara yang kotor
  • CVT yang aus

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memeriksa kondisi oli mesin, busi, filter udara, dan CVT. Jika salah satu komponen tersebut tidak sesuai standar, Anda perlu menggantinya yang baru. Dan ada baiknya kalian lakukan servis berkala sehingga kondisi Beat terpantau prima.

Hal yang kadang terlupakan oleh pengguna motor adalah mengecek bagian busi. Usahakan untuk mengganti busi setiap 5000 km, meskipun busi sendiri bisa digunakan hingga menempuh jarak sekitar 10.000 km.

5. Motor mengeluarkan suara kasar

Bunyi gredek atau berdecit juga jadi hal yang sering muncul dan menghantui para pengguna Honda Beat. Ini jadi permasalahan umum motor Beat. Selain terdengar tidak nyaman, tentunya suara tersebut menandai adanya kerusakkan pada motor. Banyak kemungkinan, namun beberapa di antaranya adalah:

  • Kampas kopling aus
  • Roller yang aus
  • CVT yang aus

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memeriksa kondisi kampas kopling, roller, dan CVT. Lebih baik gunakan komponen yang sesuai standar agar kondisi mesin awet dan lebih terjaga.

Gantilah CVT belt Honda Beat Anda ketika motor sudah menempuh sekitar 10.000-20.000 km. Selain menjaga kualit mesin, ini juga mencegah terjadi Anda dari tersendat ketika berkendara jauh.

6. Rem tidak pakem

Ini masalah yang cukup sering muncul, meskipun hal ini tak hanya menghantui pengguna Honda Beat. Rem yang performanya menurun bisa terjadi karena beberapa faktor:

  • Cairan rem yang habis atau kotor
  • Piringan rem yang aus
  • Kampas rem yang aus

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memeriksa kondisi cairan rem, piringan rem, dan kampas rem. Rem jadi salah satu hal penting untuk keselamatan berkendara, jadi pastikan rem Honda Beat kalian dalam keadaan dapat bekerja dengan baik.

Ketika motor sudah menempuh sekitar 5000-10.000 km, sebaiknya periksa dan ganti kanvas rem Honda Beat Anda. Namun, jika sebelum jarak tersebut tercapai dan rem Honda Beat mulai terdengar suara gesekan kasar, tidak ada salahnya untuk segera mengganti kanvas rem yang sudah terpasang.

Solusi Umum untuk Mengatasi Masalah Motor Beat

Selain solusi yang telah disebutkan di atas, berikut ini adalah beberapa solusi umum untuk mengatasi masalah motor Beat:

  • Lakukan perawatan rutin sesuai dengan buku pedoman pemilik.
  • Gunakan bahan bakar dan pelumas yang sesuai dengan standar pabrikan.
  • Bawa motor ke bengkel resmi untuk pemeriksaan dan perbaikan jika diperlukan.

Dengan melakukan perawatan rutin dan menggunakan bahan bakar dan pelumas yang sesuai, Anda dapat membantu mencegah terjadinya masalah pada motor Beat Anda.

Di luar dari kekurangannya Honda Beat tetap jadi motor favorit banyak orang, dan kalau mau beli Honda Beat bekas kalian bisa coba cek harga terkininya di MoFE ya!

Baca artikel lainnya!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait