MoFE Logo

Apa yang Membuat Harga Vespa Dijual Mahal

Apa yang Membuat Harga Vespa Dijual Mahal?

Apa yang Membuat Harga Vespa Dijual Mahal? Jadi pertanyaan yang tak sedikit muncul di kepala banyak orang-orang awam setelah mereka mendengar harga Vespa.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, kita coba tarik mundur dulu yuk! Seperti apa sih sejarahnya motor Vespa?

Vespa pertama kali diproduksi oleh Piaggio, sebuah perusahaan otomotif asal Italia, pada tahun 1946. Vespa dirancang oleh Corradino D’Ascanio, seorang insinyur aeronautika. D’Ascanio terinspirasi oleh pesawat terbang saat mendesain Vespa.

Vespa awalnya dirancang untuk menjadi kendaraan transportasi yang terjangkau dan praktis. Di mana skuter satu ini dirancang untuk dapat digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pekerja hingga keluarga.

Vespa langsung menjadi populer di Italia setelah diluncurkan. Vespa kemudian menyebar ke seluruh dunia dan menjadi salah satu merek skuter paling populer di dunia.

Apalagi di tahun 1950-an, Vespa jadi seolah barang yang hits berkat adegan ikonik pada film “Holiday in Rome” yang diperankan Audrey Hepburn (Princess Anne). Gara-gara ini Vespa sendiri jadi seolah barang fashion lah ibaratnya.

Motor ini merupakan salah satu merek skuter yang terpopuler di dunia. Motor ini dikenal dengan desainnya yang ikonik, performanya yang andal, dan gayanya yang klasik.

Namun, harga Vespa juga tergolong mahal, bahkan lebih mahal daripada beberapa merek skuter premium lainnya.

Lantas, apa yang membuat Vespa harganya mahal? Berikut adalah beberapa alasan yang dapat menjelaskan hal tersebut:

1. Sasis monokok

Vespa menggunakan sasis monokok, yang berarti bodi motornya juga merupakan sasis. Hal ini membuat Vespa lebih kokoh dan stabil, serta lebih mudah dikendalikan. Selain itu, sasis monokok juga lebih ringan daripada rangka konvensional, sehingga dapat meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar.

Pembuatan sasis monokok membutuhkan teknologi dan proses yang lebih kompleks, sehingga biaya produksinya juga lebih tinggi. Oleh karena itu, Vespa menggunakan sasis monokok membuat harganya menjadi lebih mahal.

2. Buatan Italia

Vespa merupakan merek Italia yang telah berdiri sejak tahun 1946. Selama bertahun-tahun, Vespa telah menjadi simbol dari gaya dan budaya Italia. Hal ini membuat Vespa memiliki nilai prestise yang tinggi, sehingga banyak orang yang rela membayar lebih mahal untuk memilikinya.

Meskipun saat ini Vespa sudah diproduksi di beberapa negara, termasuk Vietnam, tetapi Italia tetap menjadi basis produksi utama Vespa. Hal ini juga turut berkontribusi terhadap harga Vespa yang mahal.

3. Bahan baku berkualitas

Vespa menggunakan bahan baku berkualitas tinggi, seperti baja dan aluminium. Hal ini membuat Vespa lebih tahan lama dan dapat bertahan selama bertahun-tahun. Selain itu, bahan baku berkualitas juga dapat meningkatkan performa dan efisiensi Vespa.

Pemilihan bahan baku berkualitas tentu saja membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Oleh karena itu, Vespa menggunakan bahan baku berkualitas tinggi membuat harganya menjadi lebih mahal.

4. Desain ikonik

Secara tampak tampillannya, desainnya yang ikonik dan klasik telah menjadi daya tarik utama motor ini. Bentuk desain yang khas ini telah menjadi simbol dari gaya dan kebebasan. Hal ini membuat Vespa menjadi motor yang diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak muda hingga orang dewasa.

Desain ikonik Vespa membutuhkan biaya desain yang lebih tinggi. Oleh karena itu, Vespa memiliki desain ikonik membuat harganya menjadi lebih mahal.

5. Fitur premium

Vespa menawarkan berbagai fitur premium, seperti mesin yang bertenaga, suspensi yang nyaman, dan sistem pengereman yang canggih. Fitur-fitur premium ini tentu saja membutuhkan biaya produksi yang lebih tinggi. Oleh karena itu, Vespa yang dilengkapi dengan fitur premium membuat harganya menjadi lebih mahal.

6. Biaya produksi

Selain faktor-faktor di atas, harga Vespa juga dipengaruhi oleh biaya produksi. Biaya produksi Vespa tentu saja lebih tinggi daripada biaya produksi skuter lainnya. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penggunaan bahan baku berkualitas, teknologi yang kompleks, dan desain yang ikonik.

Nah, sekarang jadi tau dong gimana sejarah vespa dan beberapa faktor di baliknya yang membuat skuter satu ini dibanderol dengan harga yang tinggi.

Gimana? Jadi tertarik punya Vespa? Atau malah tertarik beli yang lain?
Gini aja deh! Kalau mau beli Vespa bekas atau motor bekas lainnya silakan cek di MoFE ya!

Baca juga artikel yang lainnya yuk!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait