MoFE Logo

7 Kebiasaan Buruk Penyebab Bensin Motor Boros

7 Kebiasaan Buruk Penyebab Bensin Motor Boros

Hari gini siapa sih yang gak naik motor, mau pergi kemana-mana sat-set dan juga bakalan lebih efisien. 

Gak cuma itu, motor jadi kendaraan favorit karena harganya yang terjangkau dan konsumsi bahan bakar yang relatif irit. Nah, ini kata kuncinya “irit”! Kalau dibandingkan sama mobil pastinya penggunaan bahan bakarnya bakalan jauh lebih sedikit bila kita menggunakan motor, bukan?

Namun, tidak jarang pemilik motor mengalami masalah boros bensin yang dapat mempengaruhi efisiensi penggunaan bahan bakar. Penyebabnya? Macam-macam, bisa dari kerusakan mesin hingga faktor pengendara motornya sendiri.

Pada artikel kali ini kita akan membahas

7 Kebiasaan Buruk Penyebab Bensin Motor Boros:

Filter Udara Kotor

Yang menjadi penyebab utama motor menjadi boros bensin adalah filter udara yang kotor. Dimana kondisi ini  dapat menghambat aliran udara ke ruang bakar. Alhasil ini dapat mengakibatkan pembakaran yang tidak sempurna.

Oleh sebab itu sebaiknya rutinlah untuk mengecek filter udara motor Anda. Jika perlu melakukan penggantian pada filter udara, pastikan filter udara yang akan dipasang sesuai dengan rekomendasi pabrik. Dengan melakukan perawatan ini, udara yang masuk ke ruang bakar akan tetap bersih dan proses pembakaran menjadi lebih efisien.

Tekanan Angin Ban Kurang

Mungkin Anda bertanya-tanya “apa hubungannya ban sama bahan bakar?”

@mofe_indonesia

Ternyata ban kurang angin bikin penggunaan bahan bakar jadi boros lho! Oh ya, sekadar mengingatkan nih beil motor bekas dengan harga dan kualitas terbaik cuma di www.mofe.co.id #motorbekas #motorbekasmurah #tipsmotor #banmotor #motoriritbensin #motorboros

♬ Storytelling – Adriel

Sekilas mungkin tidak ada kaitannya, tapi kalau diteliti lebih lanjut tentu hal ini sangatlah berkaitan.

Tekanan angin yang kurang pada ban dapat meningkatkan gesekan antara ban dan jalan. Sehingga, mesin harus bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar. Solusinya adalah selalu menjaga tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi pabrik. Periksa secara rutin dan tambahkan angin jika diperlukan.

Busi Lemah

Penyebab motor menjadi boros bahan bakar lainnya adalah busi yang lemah. Di mana kondisi seperti ini dapat menghasilkan percikan api yang lemah pula, akibatnya pembakaran yang tidak optimal.

Oleh karena itu pastikan kalian mengganti busi secara berkala sekitar tiap 8000 kilometer atau sesuai dengan rekomendasi pabrik untuk memastikan pembakaran yang sempurna dan efisien. Oh ya, pastikan juga Anda menggantinya dengan produk yang original.

Oli Mesin Tidak Sesuai Spesifikasi

Hal yang luput dari para pengguna sepeda motor dan dapat menjadi penyebab motor menjadi boros adalah penggunaan oli motor yang tidak sesuai spesifikasi.

Oli mesin yang tidak sesuai spesifikasi dapat menyebabkan mesin bekerja lebih berat dan cepat panas, sehingga meningkatkan konsumsi bahan bakar. Untuk hal ini Anda sebaiknya memastikan untuk selalu menggunakan oli mesin yang direkomendasikan oleh produsen motor Anda. Untuk mengetahui kapan harus ganti oli cek artikel berikut ya!

Karburator atau Injektor Kotor

Karburator atau injektor yang kotor dapat mengganggu campuran udara dan bahan bakar, menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna. Membersihkan karburator atau injektor secara berkala dapat membantu menjaga kinerja mesin dan mengurangi konsumsi bahan bakar.

Kerusakan Komponen Mesin

Kerusakan pada komponen mesin seperti piston, ring piston, atau katup dapat mengurangi efisiensi mesin. Penting untuk melakukan perawatan rutin dan mengganti komponen yang rusak agar mesin tetap bekerja dengan optimal.

Kebiasaan Berkendara yang Buruk

Kebiasaan berkendara yang buruk, seperti memutar gas terlalu kencang, mengerem mendadak, atau mematikan mesin di lampu merah, dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. Mengubah gaya berkendara dengan lebih hati-hati dan efisien dapat membantu mengurangi boros bensin.

Untuk mencegah motor menjadi boros bensin, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Rutin Mengganti Filter Udara: Ganti filter udara secara teratur sesuai dengan panduan pabrik.
  • Mengatur Tekanan Angin Ban: Selalu periksa dan sesuaikan tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi pabrik.
  • Penggantian Busi Berkala: Gantilah busi secara berkala sesuai dengan panduan pabrik.
  • Menggunakan Oli Mesin Sesuai Spesifikasi: Pastikan oli mesin yang digunakan sesuai dengan spesifikasi produsen.
  • Membersihkan Karburator atau Injektor: Lakukan pembersihan karburator atau injektor secara berkala untuk menjaga kinerjanya.
  • Melakukan Servis Rutin: Lakukan servis rutin sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh produsen.
  • Perubahan Gaya Berkendara: Mengubah kebiasaan berkendara menjadi lebih efisien dapat membantu mengurangi konsumsi bahan bakar.

Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda dapat memastikan motor tetap efisien dalam penggunaan bahan bakar dan menghindari boros bensin yang tidak diinginkan. Jaga perawatan motor Anda dengan baik untuk menikmati pengalaman berkendara yang lebih hemat dan ramah lingkungan.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait