MoFE Logo

Penipuan Jual Beli Motor Bekas Modus Manipulatif

Modus manipulatif jual beli motor bekas penipuan di internet

Pada era digital seperti sekarang ini, jual beli motor bekas melalui internet menjadi tren yang semakin populer. Berbagai platform online menyediakan fasilitas untuk para penjual dan pembeli menjalankan transaksi dengan mudah, namun dibalik kemudahan tersebut terdapat beragam risiko penipuan yang perlu diwaspadai.

Salah satu trik penipuan ini kami ambil dari pengakuan salah satu penipu yang menceritakan kisahnya di media di Indonesia bernama Mojok. Penipu dalam kasus ini memiliki strategi yang terorganisir dengan baik. Mereka mulai dengan mencari calon penjual dan pembeli melalui forum jual beli motor online. Setelah menemukan kedua belah pihak, penipu akan memainkan peran ganda: sebagai penjual kepada pembeli dan sebagai pembeli kepada penjual. Hal ini dilakukan agar keduanya semakin yakin akan keberadaan motor dan kehadiran lawan transaksi saat proses COD atau pengecekan barang.

Proses Penipu Melancarkan Aksi

Proses penipuan dimulai ketika penipu aktif mencari calon penjual dan pembeli melalui forum jual beli motor online. Di sini, mereka memantau diskusi dan postingan, mengidentifikasi potensi dari setiap pengguna. Setelah menemukan kedua belah pihak yang dianggap sebagai target potensial, penipu menghubungi mereka secara terpisah, memulai peran gandanya. 

Penipu menghubungi penjual dan pembeli motor bekas

Pertama, kepada calon pembeli, penipu berperan sebagai penjual yang menawarkan motor bekas yang menarik. Sementara itu, kepada calon penjual, penipu berpura-pura menjadi pembeli yang tertarik untuk membeli motor bekas yang diiklankan.

Setelah menetapkan kontak dengan kedua belah pihak, penipu melanjutkan dengan memainkan perannya dengan sangat meyakinkan. Tujuannya adalah agar keduanya semakin meyakini keberadaan motor dan kehadiran lawan transaksi saat proses COD atau pengecekan barang. Penipu membujuk kedua belah pihak untuk setuju melakukan pertemuan untuk melihat kondisi motor dan menegosiasikan harga.

Penipu mengatur waktu dan tempat COD

Ketika kedua pihak telah menyetujui untuk bertemu, penipu mengatur waktu dan tempat pertemuan yang sesuai dengan keinginan mereka. Namun, sebelum pertemuan itu terjadi, penipu memberikan instruksi yang berbeda kepada masing-masing korban.

Kepada penjual, penipu memberitahu bahwa yang akan datang adalah orang suruhan yang hanya akan melakukan cek dan membayar jika cocok. Agar penipuan tidak terbongkar, penjual diminta untuk tidak membocorkan harga ke orang yang datang dengan mengatakan akan menjual kembali motornya dengan harga yang lebih tinggi, yang mana tidak diketahui oleh si orang suruhannya tersebut.

Sementara kepada pembeli, orang yang akan ditemui adalah sepupunya yang mana tidak tau kalau motor yang dijual tersebut dijual dengan harga yang berbeda. Untuk meyakinkan ia meminta jika ada perlu untuk menanyakan harga silahkan langsung menghubungi si penipu.

Pertemuan penjual dan pembeli

Ketika pertemuan akhirnya terjadi, kedua korban bertemu sesuai dengan arahan yang telah diberikan oleh penipu. Setelah meyakini bahwa motor tersebut cocok, pembeli kemudian menelpon penipu untuk memberitahu bahwa mereka siap melakukan pembayaran. Penipu meminta transfer uang ke rekening yang disediakan.

Setelah proses pembayaran selesai dilakukan dan pembeli hendak mengambil motor yang sudah dibayar itu, barulah keduanya menyadari bahwa mereka telah ditipu. Penjual merasa belum menerima pembayaran apapun, sementara pembeli menyadari bahwa motor tersebut tidak benar-benar dimiliki oleh penjual. Dengan demikian, penipu berhasil menjalankan aksinya dengan sukses, meninggalkan korban-korban yang merasa tertipu dan kecewa.

Cara memperlancar aksi

Untuk memperlancar aksinya, si penipu memulai dengan melakukan riset tentang daerah calon penjual dan pembeli motor bekas. Mereka tidak hanya mencari informasi tentang lokasi, tetapi juga belajar bahasa yang umum digunakan di daerah tersebut. Hal ini dilakukan agar penipu dapat menyesuaikan dialeknya agar terlihat meyakinkan dan tidak mencurigakan ketika berinteraksi dengan korban. Setelah merasa siap, penipu kemudian menghubungi kedua belah pihak, berpura-pura menjadi pembeli kepada penjual dan menjadi penjual kepada pembeli.

Selanjutnya, penipu menggunakan berbagai trik untuk menghindari kecurigaan dan memastikan kelancaran proses penipuan. Salah satunya adalah dengan berpura-pura mengalami masalah sinyal saat melakukan komunikasi dengan korban. Penipu meminta korban untuk berpindah tempat dengan sinyal yang lebih baik agar obrolan tidak terdengar ketika keduanya sedang melakukan transaksi. Tindakan ini dilakukan untuk mengurangi risiko ketahuan oleh pihak lain yang mungkin mencurigai kegiatan penipuan tersebut.

Selain itu, penipu juga memiliki beberapa rekening ATM yang tersebar di timnya di beberapa provinsi. Ketika aksi penipuan dilakukan di suatu provinsi tertentu, mereka meminta transfer ke nomor rekening yang berlokasi jauh atau bahkan berbeda provinsi dengan tempat aksi penipuan dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menyulitkan pelacakan dan pelaporan atas tindakan penipuan yang mereka lakukan, karena uang yang ditransfer akan masuk ke rekening yang tidak terhubung langsung dengan lokasi penipuan. Dengan strategi-strategi ini, si penipu dapat melancarkan aksinya dengan lebih terstruktur dan minim risiko terbongkarnya modus operandinya.

Jangan takut beli motor bekas

Ketika kamu menjual sepeda motormu, jika kamu menggunakan layanan online, kamu bisa menghemat waktu dan memiliki kesempatan untuk menjual dengan harga tinggi. Dan ketika kamu membeli sepeda motor bekas, kamu bisa mengakses lebih banyak pilihan dan kadang-kadang bisa menemukan opsi yang lebih murah daripada secara offline.

Namun, memang kecurangan atau kejahatan dalam proses jual beli motor banyak bertebaran. Yang mana bikin kita mungkin akan merasa takut beli motor bekas terutama secara daring.

Pentingnya waspada membeli sepeda motor bekas secara online

Dalam melakukan jual beli motor bekas secara online, penting untuk selalu waspada terhadap modus manipulatif yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan agar terhindar dari penipuan. Pastikan untuk melakukan transaksi melalui platform yang terpercaya atau dengan bantuan pihak yang telah terverifikasi keamanannya, seperti MoFE. Jangan mudah terpancing dengan tawaran yang terlalu menggiurkan, dan selalu pastikan untuk memeriksa keaslian dan kondisi motor sebelum melakukan pembayaran. Dengan berhati-hati, kita dapat menghindari jatuh menjadi korban dari praktik penipuan di dunia jual beli motor bekas online.

Marketplace selalu punya “Harga Pasar”. Jika Anda menemukan sepeda motor yang lebih dari 10% lebih murah daripada sepeda motor lain dengan model dan kondisi yang sama, Anda perlu mencurigai apakah ini adalah penipuan atau tidak dan memeriksa kondisi sepeda motor dengan hati-hati. Untuk ini, Anda memerlukan pengetahuan tentang sepeda motor dan keterampilan negosiasi yang kuat. Masalahnya adalah tidak semua orang memiliki jenis pengetahuan dan keterampilan ini.

MoFE adalah solusi aman jual beli motor bekas

Untuk menghindari risiko penipuan dalam jual beli motor bekas, MoFE hadir sebagai solusi yang aman dan terpercaya. Kami bekerja sama dengan dealer-dealer yang telah kami verifikasi kualitasnya, baik dari segi motor maupun keberadaan showroomnya.

Hal ini memudahkan pembeli dengan banyak pilihan motor berkualitas dan memberikan kepercayaan bahwa transaksi dilakukan dengan aman. Kami juga membantu para penjual dengan mempromosikan motor mereka kepada dealer-dealer mitra kami, sehingga proses jual beli menjadi lebih mudah, cepat dan terjamin keamanannya.

Buat yang mau beli motor bisa ke sini

Dan yang mau jual motor silakan ke sini

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait