MoFE Logo

Pencegahan Rangka eSAF Honda yang Mudah Keropos

Pencegahan Rangka eSAF Honda yang Mudah Keropos menjadi perbincangan beberapa bulan lalu di internet dan jaga media sosial.

Sebelumnya kita tarik mundur ke belakang di mana pada tahun 2019, PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan rangka baru yang diberi nama eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame. Rangka ini diklaim lebih ringan, kuat, dan kokoh dibandingkan rangka konvensional. Namun, belakangan ini muncul keluhan dari konsumen yang mengatakan bahwa rangka eSAF mudah keropos dan patah.

Keluhan tersebut semakin menjadi sorotan publik setelah beberapa video dan foto yang menunjukkan rangka eSAF patah, keropos, dan berkarat viral di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat bahwa rangka eSAF patah sehingga seolah-olah terlipat patah.

Banyak komentar negatif perihal kejadian tersebut, namun yang jelas kondisi mudah keroposnya kerangka pada motor sangatlah membahayakan para pengendara. Selain itu kenyamanan saat berkendara juga akan sangat terganggu pastinya.

AHM sendiri telah mengakui adanya keluhan tersebut. Dalam beberapa sumber AHM menyatakan bahwa pihaknya sedang melakukan investigasi untuk mencari tahu penyebab rangka eSAF mudah keropos dan patah.

Apa penyebab rangka eSAF mudah keropos?

Hingga saat ini, belum ada hasil investigasi resmi dari AHM terkait penyebab rangka eSAF mudah keropos. Namun, berdasarkan pengamatan dan analisis dari berbagai pihak, ada beberapa kemungkinan penyebabnya, antara lain:

  • Kemungkinan kualitas bahan baku yang kurang sesuai standar. Kemungkinan ada masalah dengan kualitas baja yang digunakan, sehingga rentan terhadap korosi.
  • Proses pengelasan yang kurang sempurna jadi kemungkinan lainnya. Sehingga ada masalah dengan proses pengelasan tersebut yang menyebabkan titik-titik korosi hingga dapat berkembang menjadi lubang.

Dampak dari rangka eSAF yang mudah keropos

Rangka eSAF yang mudah keropos dapat menimbulkan beberapa dampak negatif, antara lain:

  • Keamanan berkendara. Rangka yang patah dapat menyebabkan kecelakaan karena pengendara kehilangan kendali atas kendaraan.
  • Kerugian finansial. Pemilik sepeda motor yang rangkanya patah harus mengeluarkan biaya untuk perbaikan atau penggantian rangka.
  • Dampak negatif terhadap citra Honda. Keluhan terhadap rangka eSAF dapat menurunkan citra Honda sebagai produsen sepeda motor ternama.

Tips Mencegah Keropos pada Rangka eSAF Honda

Tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan sebelum kerusakan terjadi pada kerangka motor kalian. Karena jika kerangka sudah keropos dan rusak tentu biaya yang perlu dikeluarkan akan lebih banyak dan lebih rumit.

Pencegahan Rangka eSAF Honda yang Mudah Keropos tentu bukan hal yang sesederhana itu, namun tak ada salahya melakukan langkah terbaik yang bisa kita lakukan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah rangka eSAF mudah keropos:

  • Bersihkan rangka secara berkala. Kotoran, debu, dan kerak yang menempel pada rangka dapat menjadi tempat berkembangnya korosi. Meski akan ada banyak bagian dari rangka motor yang sulit dijangkau, pastikan untuk membersihkan bagian-bagian  tersebut secara menyeluruh.
  • Meringankan rangka. Semakin banyak beban yang diterima rangka, semakin besar kemungkinannya untuk mengalami korosi. Hindari mengangkut beban berlebihan dengan sepeda motor Anda..
  • Hindari kontak dengan zat kimia. Zat kimia seperti asam, basa, dan garam dapat mempercepat proses korosi. Hindari kontak rangka dengan zat-zat tersebut. Melihat poin ini Anda harus segera membersihkan/mencuci motor anda setelah terkena air hujan, alasannya bisa baca artikel ini.
  • Gunakan cairan anti-korosi. Cairan anti-korosi dapat membentuk lapisan pelindung pada rangka, sehingga melindunginya dari kontak langsung dengan lingkungan sekitar.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan rangka eSAF:

  • Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti air, sabun, lap halus, dan sikat gigi.
  • Bersihkan rangka dengan air sabun. Anda wajib memastikan agar bagian yang sangat sulit dijangkau bisa terbilas dengan baik
  • Bilas rangka dengan air bersih.
  • Keringkan rangka dengan lap halus.
  • Lakukan perawatan secara berkala, setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Dengan melakukan tips-tips di atas, Anda dapat membantu mencegah rangka eSAF sepeda motor Anda mudah keropos dan patah.

Oh ya, kalau Anda sedang cari motor bekas boleh cek di MoFE ya!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait